logo

Memelihara dan Mengoperasikan Sistem Komputer bagi Seorang Administrator Sistem (Bauran)

Operating System (OS) atau Sistem Operasi merupakan komponen penting yang harus ada dalam setiap perangkat komputer, sebab OS berguna untuk menjembatani fungsi perangkat keras dengan perangkat lunak. Sistem operasi merupakan otak dari perangkat yang kita gunakan yang bertugas juga untuk menjaga keamanan perangkat. Terdapat berbagai macam OS yang biasa kita kenal seperti windows, linux, android, ios, dan lain-lain.

4.9(256 ulasan)
ITLinux System Administrator
Transaksi 274
Total 5 jam
beginner
image
Kamu akan Belajar
  • Penjabaran dasar terkait Sistem Operasi atau Operating System (OS),
  • Linux OS
  • VMware workstation 10 dan CentOS 7
  • Cara Mengakses Sistem Linux
  • Perintah Dasar Pada Sistem Linux
  • Filesystem Hierarchy Standard dan Editor Teks Vi
  • Perbedaan OS Linux dengan OS Lain
Materi
38 Sesi9 PDFTotal durasi 5j 24m 21d
Yang Harus Kamu Siapkan
  • Peserta harus memiliki komputer atau laptop sendiri untuk mendukung pelatihan
  • Peserta sudah menginstall virtual box
  • Peserta mendownload dan Install OS Linux CentOS 7
Deskripsi

Operating System (OS) atau Sistem Operasi merupakan komponen penting yang harus ada dalam setiap perangkat komputer, sebab OS berguna untuk menjembatani fungsi perangkat keras dengan perangkat lunak. Sistem operasi merupakan otak dari perangkat yang kita gunakan yang bertugas juga untuk menjaga keamanan perangkat. Terdapat berbagai macam OS yang biasa kita kenal seperti windows, linux, android, ios, dan lain-lain.

Masing-masing memiliki kekurangan dan kelebihan sendiri tentunya. Seperti linux memiliki kelebihan open source, yang berarti kamu bisa menggunakan, mendistribusikan, bahkan melakukan perubahan demi meningkatkan kinerja OS yang diunduh. Namun untuk kekurangannya tidak user friendly seperti windows, sehingga biasa digunakan hanya untuk developer atau programmer. 

Jika kamu seorang programmer atau developer pemula, maka kamu harus mampu menggunakan sistem operasi linux karena lebih aman dari virus sehingga akan memudahkan pekerjaan kamu yang berkutik dengan server maupun database system. Adapun pekerjaan yang khusus mengelola dan mengoperasikan OS yaitu administrator sistem.

Pekerjaan ini membutuhkan kemampuan critical thinking and analysis dan problem solving yang tinggi, mengacu pada The Future Jobs WEF 2020 bahwa kebutuhan akan kemampuan tersebut meningkat hingga tahun 2025 di semua industri khususnya industri teknologi digital.  Selain itu, menurut Outlook Lapangan Pekerjaan Indonesia 2020, Administrator Sistem memiliki prospek pekerjaan yang cukup stabil. Bahkan, USNews.com menobatkan Administrator Sistem sebagai karir IT terbaik. Sebagaimana yang disampaikan oleh Menteri Kominfo Johnny mengatakan data Bank Dunia menunjukkan Indonesia sedang mengalami digital talent gap atau kesenjangan talenta digital.

Indonesia membutuhkan sembilan juta talenta digital dalam 15 tahun atau rata-rata 600.000 talenta digital setiap tahunnya. Salah satu talenta digital yang dibutuhkan beberapa tahun ke depan adalah Administrator Sistem. Pelatihan ini merujuk juga pada Klasifikasi Baku Jabatan Indonesia (KBJI) 2014 tentang okupasi Administrator Sistem dengan nomor 2522.01.

Oleh sebab itu, bagi kamu yang berprofesi sebagai administrator sistem atau yang baru akan memasuki karir sebagai administrator sistem, kamu membutuhkan pelatihan ini untuk meningkatkan kemampuanmu di bidang ini. Melalui program pelatihan ini, kita akan belajar mengenai sistem informasi, teknologi di perusahaan era digital untuk mengelola dan mengoperasikan sistem komputer, khususnya Linux dengan distro linux CentOS.

Selama pelatihan, kamu akan diajarkan Dasar-dasar linux mulai dari definisi hingga perbedaan linux dengan OS lain, VMware workstation 10 dan CentOS 7, Bagaimana mengakses sistem linux, Cara menggunakan desktop linux, Filesystem Hierarchy Standard, Perintah dasar linux, dan Editor Teks Vi.

Lembaga
image
4.9 Rating Lembaga
6024 Ulasan
213 Instruktur
174 Kelas
Instruktur
image
Arief Rama Syarif
IT Specialist

Arief Rama Syarif, S.T, M.Kom saat ini berkarir sebagai Head Of ICT & Data Insight di PT. Prima Armada Raya (PAR), pernah berkarir juga sebagai Senior Data Management Consultant di Multimatics dan IYKRA. Berpengalaman selama 13 tahun sebagai IT Infrastructure Corporate Manager di Martha Tilaar Group dan 6 tahun sebagai dosen IT di kampus STMIK Nusa Mandiri dan Universitas BSI di Jakarta. Mas Arief, begitu ia kerap disapa, juga seorang ahli IT. Tersertifikasi di bidang Open Source, Network Security, Google Cloud Platform dan Data.

Loading...
Loading...
Rp 350.000
Kelas Ini Sudah Termasuk:
  • Video kursus berdurasi 5 jam
  • 9 PDF
  • 1 Pra-tugas
  • Akses selamanya
  • 1 Tugas
  • Sertifikat resmi dari GreatEdu
GreatEdu - Top Global Online Academy EdTech Platform
  • Jl. Duren Tiga Raya No.09, RT.2/RW.1, Duren Tiga, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12760
  • 021-2178 94 66
    Fax: (+096) 468 235
    Whatsapp (Chat only) : +62 816-244-364
  • cs@greatedu.co.id
2022 PT. GREATEDU GLOBAL MAHARDIKA
Tetap terhubung: