logo

Melakukan Riset Pasar Kuantitatif untuk Analis Penelitian Pasar (Bauran)

Bagaimana jadinya jika sebuah bisnis atau produk diluncurkan tanpa melakukan riset pasar terlebih dahulu? Mungkin, ada sebagian produk atau bisnis aji mumpung tetap bisa meraih sukses di pasaran. Namun, tidak jarang yang akhirnya malah berujung merugi dan tidak disambut baik oleh pasar. Hal ini lah yang membuat riset pasar itu penting bagi sebuah bisnis, industri, maupun produk.

4.9(44 ulasan)
BusinessResearch
Transaksi 51
Total 6 jam
beginner
image
Kamu akan Belajar
  • Metode riset pasar kuantitatif
  • Teknik sampling yang efektif
  • Cara melakukan observasi
  • Merancang kuesioner, data cleansing dan analisis data
  • Membuat laporan hasil penelitian dan cara mempresentasikannya
Materi
48 Sesi1 PDFTotal durasi 6j 2m 19d
Yang Harus Kamu Siapkan
  • Peserta harus memahami penggunaan Ms. Excel / Spreadsheet
  • Peserta harus memahami dasar-dasar penelitian
  • Peserta yang aktif menggunakan internet untuk komunikasi atau belajar
Deskripsi

Bagaimana jadinya jika sebuah bisnis atau produk diluncurkan tanpa melakukan riset pasar terlebih dahulu? Mungkin, ada sebagian produk atau bisnis aji mumpung tetap bisa meraih sukses di pasaran. Namun, tidak jarang yang akhirnya malah berujung merugi dan tidak disambut baik oleh pasar. Hal ini lah yang membuat riset pasar itu penting bagi sebuah bisnis, industri, maupun produk.

Riset pemasaran penting agar dapat mengidentifikasi peluang dan tantangan di pasar, menyusun strategi pasar yang matang, meningkatkan dan memperkirakan penjualan, revitalisasi brand, hingga memudahkan pengenalan produk baru.

Apabila riset pasar ini dapat dilakukan dengan baik maka hasilnya akan memberi dampak yang positif, terutama untuk pertumbuhan usaha dan profit bisnis yang dimiliki. Para pelaku bisnis harus memahami bagaimana cara melakukan riset pasar tersebut, jika ingin bisnisnya berjalan dengan lancar dan produknya disukai oleh masyarakat luas.

Salah satu metode riset pasar yang digunakan yaitu metode kuantitatif. Penggunaan metode kuantitatif dinilai lebih efektif dalam melakukan riset pasar oleh karena metode ini menghasilkan angka yang didapat dari hasil kuesioner yang ditanyakan kepada pasar. Seorang pebisnis, atau yang bertanggung jawab dalam menganalisis pasar sangat penting mampu melakukan riset pasar dengan metode kuantitatif ini.

Okupasi yang terkait dengan pekerjaan ini adalah analis penelitian pasar seperti yang juga tercantum pada KBJI 2014 nomor 2431.02 yang bertugas mengumpulkan informasi pasar yang digunakan untuk mengidentifikasi peluang dan masalah pemasaran, merumuskan, menyempurnakan dan mengevaluasi tindakan-tindakan pemasaran, memantau kinerja pemasaran, dan menyempurnakan pemahaman yang dapat membuat aktivitas pemasaran lebih efektif.

Hal ini membuat pelatihan ini sangat dibutuhkan bagi kamu yang berprofesi sebagai analis peneliti pasar maupun peneliti muda di sebuah perusahaan untuk meningkatkan kompetensi pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang kamu miliki. 

Dalam penelitian ini, peserta akan belajar agar mampu melakukan riset pasar kuantitatif dengan metode survey dengan benar. Program ini akan membantu peserta untuk mengetahui lebih dalam metode riset pasar kuantitatif, teknik sampling yang efektif, cara melakukan observasi, merancang kuesioner, data cleansing, dan analisis data agar mendapatkan hasil penelitian yang baik, hingga membuat laporan hasil penelitian dan mempresentasikannya. Program pelatihan ini menggunakan model pembelajaran hybrid (webinar dan self paced learning) dengan metode ajar berupa ceramah, demonstrasi, simulasi, diskusi interaktif, dan praktek langsung. Setelah menyelesaikan pelatihan ini, maka peserta mampu membangun karir menjadi Pelatihan riset pasar kuantitatif ini dibutuhkan oleh kalian yang bekerja sebagai Analis Penelitian Pasar, Research Analyst, Market Research Analyst, Data Analyst, Marketing.

Lembaga
image
4.9 Rating Lembaga
6023 Ulasan
213 Instruktur
174 Kelas
Instruktur
image
Jamilatuz Zahro
Researcher Analytics at Jabar Digital Services

Jamilatuz Zahro

Instruktur
image
Arum Prasasti
Market Research & Analytics Lead eFishery

Arum Prasasti merupakan seorang professional Market Researcher sejak tahun 2015. Saat ini bekerja sebagai Market Research & Analytics Lead di eFishery dan aktif mengajar sebagai dosen di Universitas Negeri Malang.

Loading...
Rp 350.000
Kelas Ini Sudah Termasuk:
  • Video kursus berdurasi 6 jam
  • 1 PDF
  • 1 Pra-tugas
  • Akses selamanya
  • 1 Tugas
  • Sertifikat resmi dari GreatEdu
GreatEdu - Top Global Online Academy EdTech Platform
  • Jl. Duren Tiga Raya No.09, RT.2/RW.1, Duren Tiga, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12760
  • 021-2178 94 66
    Fax: (+096) 468 235
    Whatsapp (Chat only) : +62 816-244-364
  • cs@greatedu.co.id
2022 PT. GREATEDU GLOBAL MAHARDIKA
Tetap terhubung: