Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo akan berlangsung di 27 sekolah yang tersebar di 11 kecamatan.

"Total 46 SMP di daerah ini, namun pelaksanaan UNBK akan berlangsung di 27 sekolah atau meningkat dari pelaksanaan UNBK tahun ajaran sebelumnya, yang hanya berlangsung di 20 sekolah," ujar Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Nasional Gorontalo Utara, Irwan A.Usman, di Gorontalo, Senin.

Dia menjelaskan dari segi kesiapan, baik infrastruktur perangkat, administrasi, dan personel, seluruhnya sudah dilaksanakan secara optimal.

Baca juga: USBN Tingkat SD-SMP di Kapuas Hulu diikuti Ribuan Pelajar

Pihaknya menjamin pelaksanaan UNBK kali ini berjalan optimal dengan kesiapan 100 persen, serta pelaksaan simulasi dan uji coba yang sudah digelar berulang kali.

Untuk UNBK Tahun Ajaran 2018/2019, kata dia, masih ada beberapa sekolah yang bergabung untuk efektivitas pemanfaatan perangkat.

Namun, kata dia, kondisi itu tidak memengaruhi kesiapan pelaksanaan yang diharapkan berlangsung lancar dan sukses.

Siswa yang menjadi peserta UNBK, kata dia, sudah dikenalkan dengan baik terkait dengan penggunaan perangkat ujian.

Ia mengatakan sekolah sebagai penyelenggara UNBK telah menyiapkan jaringan internet bekerja sama dengan pihak provider yang ada di daerah itu.

"Sebelumnya, kami mendeteksi perangkat yang tepat akan digunakan di seluruh sekolah penyelenggara, agar pelaksanaan UNBK berjalan baik dan maksimal tanpa gangguan jaringan internet, termasuk kesiapan para personel, baik tenaga teknis dan proktor untuk suksesnya UNBK tahun ini," kata dia.

Sumber: Antaranews.com

Gambar: Tribunnews.com