Greaters, hadirnya GreatPedia sebagai fitur yang menyediakan bahan bacaan berupa artikel, bisa menjadi solusi bagi kamu yang butuh bahan bacaan atau sekedar ingin membaca artikel-artikel pendidikan. Selain itu, kamu juga bisa berkontribusi membuat tulisan-tulisan berkualitas, baik artikel mata pelajaran atau umum.

Nah, bagi kamu yang tertarik menulis atau sudah menulis di GreatPedia, namun belum juga dipublish di GreatPedia, jangan khawatir. Artikel ini akan membahas langkah-langkah yang akan membuat tulisan kamu bisa langsung publish tanpa harus direject dan mendapatkan notifikasi. Dengan begini, tulisan kamu dapat dibaca banyak orang dan dijadikan bahan belajar.

Menentukan Topik atau Tema Pembahasa Artikel yang Sesuai

Pemilihan topik dan tema tulisan adalah hal paling penting ketika menulis di GreatPedia. Mengingat GreatPedia hanya akan mempublish tulisan atau artikel yang memiliki tema tentang pendidikan, ilmu pengetahuan, atau hal-hal yang masih berkaitan dengan pendidikan. Jika tulisan kamu tidak kunjung dipublish, hal ini berarti tema yang kamu pilih tidak sesuai dengan ketentuan tersebut.

Kamu bisa memilih tema tulisan seperti mata pelajaran, ilmu pengetahuan, teknologi, pendidikan, informasi beasiswa, informasi sekolah, dan masih banyak lainnya. Bukan tidak mungkin jika kamu memperhatikan tips ini tulisan yang dibuat bisa langsung publish. Pilihlah tema tulisan yang dapat membuat orang termotivasi dan menjadikan tulisanmu sebagai bahan belajar. Hal ini berarti tulisan yang kamu buat harus berkualitas.

Perhatikan Struktur Tulisan yang Dibuat

Artikel yang ada di GreatPedia terdiri dari 450-1500 kata. Di mana, tulisan yang dibuat harus berkualitas dan mudah dipahami saat dibaca. Hal ini yang menjadikan struktur tulisan berperan penting dalam menyampaikan isi tulisan yang kamu buat di GreatPedia. Struktur tulisan harus tersusun dan terdiri dari kalimat pembuka, isi pembahasan, lalu penutup.

Kalimat pembuka bisa dituliskan dengan menggunakan kata sapaan atau pertanyaan dan dilanjutkan kepada latar belakang pembahasan apa yang ingin disampaikan. Seperti contoh:

“Hai Greaters! Ketika membicarakan matematika, maka kita tidak akan bisa lepas dari salah satu materinya yang penting untuk dipelajari yaitu adalah matriks. Matriks sendiri berhubungan erat dengan bilangan dan juga baris dan kolom. Berikut ini merupakan informasi mengenai matriks beserta bagaimana perkalian dari sebuah matriks berjalan.”

Kalimat pembuka ini bisa terdiri dari 2 paragraf atau kurang yang tetap fokus pada pembahasan awal dan tidak melenceng ke pembahasan lain. Dari sini pembaca dapat menafsirkan pembahasan apa dan dimulai dari mana.

Setelah pembuka, kamu bisa mulai menjelaskan isi dari pembahasan yang akan dibuat. Mulai dari pengertian, contoh, dan masih banyak lainnya. Kamu bisa menggunakan subjudul atau point-point yang ingin dibahas.

Lalu, pada kalimat penutup berisi kesimpulan dari pembahasan yang kamu buat. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan kalimat saran, semangat, dan ucapan terima kasih karena telah membaca tulisan yang telah dibuat. Seperti contoh:

“Nah Greaters, terjawab sudah kan rasa penasaran kamu tentang buaya yang mampu hidup di dua alam dengan sistem pernapasan paru-paru. Faktanya, buaya hanya menahan napas ketika menyelam ke dalam air dengan rentang waktu yang cukup lama. Hal ini menjadikan buaya merupakan salah satu hewan yang unik walau ganas.”

Hindari Plagiarisme pada Setiap Kalimat yang Dibuat

Poin yang satu ini tidak kalah penting Greaters. Mengingat kemudahan mencari sumber tulisan yang akan kamu buat, copy-paste adalah jalan pintas untuk menyelesaikan artikel yang kamu buat. Hal ini yang akan menjadikan tulisanmu tidak akan dipublish karena mengandung plagiarisme secara berlebihan dan tidak sesuai dengan ketentuan menulis di GreatPedia.

Tim editor GreatPedia menggunakan tools untuk memeriksa setiap detail tulisan yang kamu buat. Jadi, buatlah tulisan yang sesuai dengan ide, kreativitas, gaya bahasamu, dan menarik untuk dibaca. Hal ini dilakukan untuk menghindari ditolaknya tulisan yang kamu buat Greaters.

Sertakan Gambar dan Sumber dari mana Gambar Diambil

Penggunaan gambar untuk setiap artikel yang kamu buat memiliki peran penting dalam memberikan visual bagi para pembaca. Hal selanjutnya yang harus kamu perhatikan adalah penggunaan gambar pada artikel yang dibuat. Artikel kamu harus dilengkapi gambar utama yang melengkapi artikel, lalu 1 gambar atau lebih yang dapat mendukung pembahasan artikel.

Jangan lupa juga untuk menyertakan sumber website dari gambar yang kamu ambil. Sumber ini bisa kamu tulis menggunakan nama website atau link website tersebut pada bagian bawah artikel untuk gambar utama dan di bawah gambar pada gambar-gambar pendukungnya.

Nah Greaters, dengan mengikuti tips-tips tersebut tulisan yang kamu buat sudah dipastikan akan publish di GreatPedia. Hal ini pasti akan membuat kamu bersemangat untuk terus menulis di GreatPedia karena tulisan yang kamu buat berkualitas dan dibaca banyak orang.

Selain itu, GreatPedia juga sedang ada program menulis materi pelajaran di GreatPedia yang berhadiahkan Giveaway Saldo OVO senilai Rp. 500.000,- untuk 5 orang pemenang. Yuk, ikut menulis materi pelajaran di GreatPedia sekarang, sebelum berakhir. Cari tahu lebih banyak tentang program ini di sini Menulis Artikel Mata Pelajaran Matematika dan Fisika