Greaters, bagaimana liburannya, apakah seru dan menyenangkan? Kegiatan selama liburan kemarin tentunya membuat susah move on. Kita jadi kurang bersemangat untuk kembali masuk sekolah. Akan tetapi, jangan sampai hal tersebut terjadi ya. Meskipun masih terbawa suasana liburan, kita harus kembali semangat untuk masuk sekolah. Memasuki tahun Baru dan semester genap, tentunya kamu harus mempersiapkan diri dalam mencapai resolusi yang telah dibuat. Tidak lupa juga di semester genap ini Greaters harus bersiap-siap dengan ujian kenaikan kelas. Nah agar resolusi di semester genap bisa tercapai, berikut ini beberapa tips sederhana yang dapat dicoba

Evaluasi Pencapaian dari Semester Sebelumnya

Langkah pertama ini penting untuk dilakukan Greaters. Di mana, kamu harus mengetahui dan menghindari hal-hal selama proses belajar di semester genap berlangsung. Hal ini dilakukan dengan tujuan tidak mengulangi kesalahan yang membuat kegagalan seperti sebelum-sebelumnya. 

Membuat Resolusi yang Lebih Spesifik

Jika semester sebelumnya pencapaian yang kamu inginkan belum tercapai, mungkin karena kamu belum menargetkan secara spesifik apa saja resolusi yang harus dicapai. Kamu bisa membuat beberapa resolusi secara terinci dan jelas. Selain itu, kamu akan mengetahui cara apa yang harus digunakan untuk mewujudkan itu semua sesuai harapan.

Tulis Resolusi pada Catatan atau Buku Jurnal

Untuk mendapatkan pencapaian yang sesuai dengan harapan, kamu bisa menuliskan semua resolusi yang dipilih pada sebuah catatan atau buku harian, kertas, poster dan lainnya sebagai pengingat. Ketika kamu merasa lelah dan bosan dengan pelajaran atau proses belajar, kamu bisa melihat catatan resolusimu agar semangat untuk mencapai impian tumbuh kembali.

Berdiskusi dengan Orang tua, Guru, dan Teman

Jika kamu merasa kesulitan untuk mencapai resolusi yang telah ditentukan sebelumnya, diskusi dengan orang-orang terdekat dapat memecahkan kesulitan tersebut. Mulai dari orang tua, guru, atau teman, bisa menjadi pilihan dalam berbagi keresahanmu. Ketika kamu ingin mencapai resolusi tersebut, orang tua akan memberikan dukungan. Jika kamu merasa kesulitan dalam proses belajar, ada teman-teman yang bisa membantu. Sama halnya dengan bertanya kepada seorang guru ketika kamu merasa tidak paham dengan penjelasan materi pelajaran. Dengan membagikan cerita dan keresahanmu terkait resolusi merupakan cara yang tepat.

Komitmen

Setelah melaksanakan langkah-langkah sebelumnya, saatnya kamu berkomitmen untuk menjalankan semua resolusi yang diinginkan agar tercapai. Beberapa langkah saat kamu memulai mungkin ada kegagalan. Namun jangan menyerah dan tetap berkomitmen dengan resolusi yang akan diwujudkan.

Beri Hadiah untuk Diri Sendiri

Jika kamu berhasil melaksanakan resolusi yang telah dibuat, tidak ada salahnya untuk memberikan hadiah kepada diri sendiri. Hal ini sebagai penghargaan atas tercapainya resolusi yang telah kamu buat.

Nah Greaters, semoga beberapa tips di atas bisa membantu kamu mencapai resolusi yang telah dibuat. Jangan lupa untuk mengiringi setiap usaha yang kamu lakukan dengan doa. Selain itu, kamu bisa menggunakan bantuan aplikasi belajar dalam memahami materi-materi yang masih kurang dimengerti. Salah satu aplikasi belajar tersebut yaitu GreatEdu. GreatEdu merupakan aplikasi belajar yang memiliki banyak fitur seperti artikel materi pelajaran dan latihan soal untuk bantu kamu belajar. Yuk kunjungi aplikasi GreatEdu sekarang.

Sumber gambar utama: Pexels

Baca juga Penting! Catat Jadwal Lengkap SNMPTN, UTBK, dan SBMPTN 2020