Hai, Greaters. Sebagai seorang guru kita dituntut untuk kreatif dalam menyampaikan pembelajaran, agar apa yang kita sampaikan dapat dimengerti oleh siswa. Untuk itu, ada berbagai cara bagi kita menyampaikan pembelajaran dengan baik, salah satunya dengan pemanfaatan media pembelajaran. Media pembelajaran adalah penyalur atau penghubung pesan ajar yang diadakan atau diciptakan terencana oleh para guru maupun pendidik.

Dalam proses pembelajaran, khususnya di sekolah, komunikasi pastinya tidak akan pernah terlepas untuk digunakan. Hal ini dilakukan agar antara guru dan murid memiliki pemahaman yang sama tentang pembahasan materi. Pada proses komunikasi juga terdapat komponen komunikasi yang menjadi unsur penting terjadinya proses belajar mengajar. Berikut komponen komunikasi yang melengkapi terjadinya proses belajar:

  • Guru
    Pada proses pembelajaran yang menjadi komunikator adalah guru. Guru mempunyai peran sebagai pengirim pesan atau materi pembelajaran kepada para siswa.
  • Siswa
    Dalam proses pembelajaran yang bertindak sebagai komunikan adalah siswa, karena siswa yang menerima pesan atau materi pembelajaran dari guru.
  • Pesan
    Dalam suatu komunikasi pasti ada hal yang disampaikan atau yang biasa disebut dengan pesan. Dalam proses belajar, materi pembelajaran yang diberikan oleh guru menjadi pesan untuk para siswa.
  • Media
    Media dijadikan alat bantu yang digunakan guru untuk menyampaikan materi agar apa yang diharapkan oleh guru dan siswa dapat tercapai.

Dalam hal ini, suatu pembaruan yang bisa dilakukan oleh guru untuk menghadirkan suasana berbeda dalam belajar adalah Media. Media pembelajaran juga mempunyai berbagai jenis yang dapat digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran. Guru harus menyesuaikan materi yang sedang dibahas dengan media pembelajaran yang digunakan. Jenis-jenis media pembelajaran yang dapat digunakan oleh guru antara lain:

  1. Media Audio
    Media ini berhubungan dengan pendengaran. Misalnya guru dapat menggunakan radio untuk materi menyimak atau listening.
  2. Media Visual
    Visual berkaitan dengan indra penglihatan. Media visual antara lain gambar, buku, poster, peta, papan visual, dan masih banyak lagi. Media ini adalah media yang sering digunakan oleh guru dalam pembelajaran, karena sifatnya yang lebih mudah dan praktis.
  3. Media Audiovisual
    Media ini meliputi penglihatan dan pendengaran. Media audiovisual saat ini sudah sangat mudah dijumpai, yang termasuk ke dalam media audiovisual adalah film dan video. Media ini merupakan media yang sangat disukai siswa dan biasanya siswa lebih mudah menangkap materi dari media film atau video yang dilihat dan didengarnya.

Begitu pentingnya media pembelajaran, maka dari itu kita sebagai guru harus lebih kreatif dalam menyampaikan materi, jangan sampai salah dalam memilih media pembelajaran untuk siswa. Hal ini tentu akan berdampak pada materi yang kita sampaikan tidak dimengerti oleh siswa. Di zaman yang serba canggih ini menggunakan media pembelajaran dalam menyampaikan materi merupakan suatu keharusan.

Apalagi dengan kurikulum yang ada saat ini, yang mengharuskan siswa lebih aktif dan berpikir kritis. Dengan bantuan media pembelajaran yang tepat diharapkan siswa dapat menangkap materi pembelajaran dengan baik dan menghasilkan nilai yang memuaskan pula. Adanya media pembelajaran juga merupakan pengalaman tersendiri bagi siswa, misalnya pada materi pelajaran IPA, media yang digunakan guru adalah Laboratorium dengan alat-alatnya. Dalam praktek IPA siswa mendapat pengalaman untuk mencoba berbagai alat yang dapat dijadikan pengalaman bahkan pembelajaran untuk mereka ingat. 

Maka dari itu Greaters, bagi kalian yang bercita-cita atau calon guru, mari mulai saat ini kita berpikir untuk menjadi guru yang kreatif dan selalu memanfaatkan media pembelajaran, agar pembelajaran menjadi asyik dan tidak monoton.

Sumber gambar utama: Shutterstock

Baca juga Menjalin Kebersamaan Melalui Toleransi Antar Umat Beragama