Halo Greaters, tidak terasa sudah berada di pertengahan bulan. Apakah uang bulanan kalian masih ada dancukup? Atau sudah mulai kembang kempis nih? Bagi yang cukup atau aman maka selamat dan pertahankan sampai akhir bulan ya. Namun, bagi yang sudah mau habis padahal belum sampai pada penghujung bulan, yuk baca pembahasan yang satu ini sampai tuntas agar kamu bisa mengatur keuangan secara baik. Berikut pembahasan Do dan Don'ts yang bisa kamu terapkan.

Do

´╗┐´╗┐Demi mendapatkan pengelolaan keuangan yang baik, kamu dituntut untuk bisa mewujudkannya dengan melakukan hal-hal pendukungnya. Nah, berikut hal-hal yang bisa dan harus kamu lakukan untuk mengelola keuangan secara baik:

1. Buat catatan pengeluaran bulanan

Catatan pengeluaran ini dibuat berdasarkan kebutuhan kalian setiap bulan ya Greaters. Percaya atau tidak ketika kita sudah membuat catatan pengeluaran seperti ini, kita akan tahu berapa rata-rata jumlah pengeluaran tiap bulannya. Jadi, ini juga akan meminimalisir uang melayang tanpa tujuan. Contoh siapkan post pengeluaran wajib seperti berapa uang transportasi perbulan, uang bayar kuota, tagihan listrik, uang makan, post menabung, dana darurat dan lain sebagainya.

2. Taruh catatan tabungan di urut pertama

Banyak yang mengeluh susah menabung karena berbagai macam alasan. Namun, alasan yang sering ditemui adalah pemasukan sedikit, padahal banyak atau sedikit pemasukan tergantung dari kita bisa mengelolanya dengan baik atau sebaliknya. Menaruh post tabungan di nomer urut pertama akan membantu kita agar tidak lupa untuk selalu menyisihkan beberapa persen dari pemasukan yang kita miliki. Sehingga hal tersebut akan menjadi suatu kebiasaan dan tidak ada alasan lagi untuk tidak bisa menabung karena tidak punya uang. Sebab, uang pemasukan yang kita peroleh belum kita gunakan untuk pengeluaran yang lain.

3. Tentukan tujuan ketika menabung

Menentukan tujuan saat kita dalam proses menabung ini sangat efisien. Ingatlah bahwa tujuan itu adalah suatu mimpi yang hendak kalian capai di masa yang akan datang. Dengan begitu, kita akan lebih semangat dan konsisten dalam prosesnya. Percaya atau tidak proses tidak akan mengkhianati hasil. Ingat bahwa semua butuh pengorbanan dan kesabaran.

4. Belajar untuk berinvestasi

Ketika Greaters sudah punya tabungan dan dana darurat maka tidak ada salahnya mulai belajar investasi. Zaman era digital seperti ini alternatif investasi banyak sekali seperti investasi properti semacam rumah dan tanah. Selain investasi properti, ada emas, saham dan reksadana. Tetapi Greaters harus teliti dan hati-hati dalam berinvestasi. Pilihlah investasi yang lembaganya sudah dijamin oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan) jadi sudah jelas keamanannya.

Ingat bahwa tiap investasi memiliki resikonya masing-masing maka kenali dulu sebelumnya. Jangan tergiur oleh investasi bodong yang memberikan pengembalian tinggi tanpa ada jaminan dari OJK. Sekarang investasi juga banyak yang berbasis online dan aplikasi. Hal ini tentu akan memudahkan Greaters sebagai user. Mungkin banyak di antara kalian masih berpikir investasi itu butuh dana yang mahal maka tidak perlu khawatir, sekarang kalian bisa berinvestasi dengan modal sepuluh ribuan. 

Don'ts

Di samping harus melalukan hal-hal yang bisa menjaga keungan dengan baik, pastinya kamu juga harus menghindari hal-hal yang dapat mengganggu keuangan. Berikut beberapa contoh yang bisa kamu hindari saat mengelola keuangan:

1. Terjebak life style

Ingat Greaters, kita hidup di era life style yang menjunjung tinggi gaya hidup hedonisme. Media sosial penuh dengan foto liburan, hangout di restaurant dan cafe, barang-barang bermerek, mulai dari ujung kaki sampai kepala, dan masih banyak lainnya. Sesekali mungkin boleh mengikuti life style zaman ini tapi di sesuaikan budget greaters juga. Jangan sampai memaksakan karena itu tidak baik bagi kehidupan finansial kita.

2. Hindari Kebiasaan Mencicil Barang

Fenomena mencicil barang saat ini memang sudah tidak asing lagi. Kelihatannya memang terasa ringan dan membantu sekali ketika kamu ingin membeli barang mahal, namun tidak memiliki uang yang cukup. Akan tetapi, jika dihitung kembali, membeli barang dengan cara mencicil akan lebih mahal karena adanya bunga. Akan tetapi, hal ini berbeda jika Greaters ingin mencicil rumah, kenapa demikian? Karena rumah adalah aset sehingga jika dijual kembali maka harga jual naik dari harga beli.

3. Terjebak harga diskon

Terkadang kita hanya tertarik dengan harga diskon dibanding barangnya. Mantra yang ampuh melumpuhkan otak kita dengan kata "mumpung diskon kapan lagi?" Awalnya kita tidak niat membeli barang itu namun karena diskon besar, kamu jadi tertarik untuk membelinya. Awalnya kita tidak butuh dengan barang itu dan lagi-lagi karena diskon kita tidak bisa menolaknya.

Nah Greaters, itulah Do's and Don'ts yang bisa kamu terapkan untuk mengelola keuangan secara baik dan benar. Bukan tidak mungkin kamu akan memiliki tabungan banyak untuk membeli barang, jalan-jalan, dan lain sebagainya. Semoga bermanfaat!

Sumber gambar utama: Shutterstock

Baca juga Tips Melancarkan Penulisan dalam Bahasa Inggris