Greaters, belajar bahasa Inggris pada dasarnya tidaklah sulit. Kamu bisa belajar melalui berbagai platform untuk bisa menguasainya. Akan tetapi, masih banyak orang yang mengalami kesulitan khususnya pada menulis atau writing. Menulis kalimat dalam bahasa Inggris tidak semudah berbicara atau speaking. Hal ini disebabkan oleh beberapa alasan seperti saat seseorang berbicara dalam bahasa Inggris, mereka akan menggunakan bantuan gesture baik bahasa tubuh, kode mata, gerakan tangan, bahkan mungkin kaki.

Tidak heran, saat seseorang menggunakan hal-hal tersebut saat berbicara, lawan bicara dapat mengerti apa yang dimaksud. kita bicarakan walaupun kalimat yang kita ucapkan masih salah secara gramatikal. Akan tetapi, tidak semua lawan bicara akan mengerti maksud kamu saat menggunakan gestur dalam berbicara bahasa Inggris. Oleh karena itu, materi writing juga harus kamu kuasai untuk menghindari kesalahpahaman dalam menyampaikan maksud saat menggunakan bahasa Inggris, baik berbicara atau menulis.

Lalu, cara apa yang dilakukan untuk kamu bisa menulis bahasa Inggris secara baik dan benar? Berikut penjelasannya:

Menyederhanakan Kalimat

Dalam proses menguasai keahlian menulis bahasa Inggris, kamu perlu untuk menyederhanakan kalimat. Jangan membuat kalimat yang rumit, membingungkan dan akhirnya membuat kamu sulit menyampaikannya ke dalam tulisan. Kamu dapat menggunakan bahasa yang efisien saat menulis bahasa Inggris. Seperti contoh:

"Saya mau mengundang kalian teman-teman, karena ada acara ulang tahun saya."

Dari sini saja kamu sudah dapat mengartikan jika pemilihan kata kalimat tersebut sedikit rumit dan berbelit-beli. kamu bisa menyederhanakannya dengan

"Saya mengundang teman-teman ke acara ulang tahun saya"

Dari sini, kamu sudah bisa menterjemahkannya secara mudah ke bahasa Inggris dengan penjelasan berikut:

Saya --> I

Mengundang --> invite

Kamu --> you

Ke --> to

Ulang tahun saya --> my birthday

Jika digabungkan menjadi "I invite you to my birthday"

Menggunakan Bahasa Baku

Masih banyak orang yang berpikir jika kamu berbicara menggunakan bahasa Inggris dalam satu hal, pasti tidak cinta bahasa sendiri, sombong, tidak cinta negara sendiri, dan masih banyak lainnya. Jika kamu mengalami hal ini, coba balikkan dengan bertanya kepada orang tersebut, apakah sudah benar-benar mencintai bahasa sendiri? Apakah mereka sudah paham semua kosakata atau kosakata baku? jawabannya pasti tidak.

Padahal, jika seseorang menguasai banyak kosakata bahasa Indonesia khususnya kosakata baku, belajar menulis bahasa Inggris akan semakin mudah. Simak penjelasan di bawah ini:

"Ada acara ulang tahun saya, kamu saya undang"

Contoh kalimat ini tidaak baku sama sekali. Lalu, jika terjemahkan menggunakan tools atau manual, sudah bisa dipastikan jika hasilnya pasti salah atau maksudnya tidaklah sesuai dengan tujuanmu. Lalu, bagaimana jika kamu menggunakan bahasa baku yang lebih singkat dan sederhana seperti:

"Saya mengundang kamu ke ulang tahun saya"

Pastinya akan terasa berbeda hasil dari terjemahan dengan menggunakan bahasa baku tersebut. Hal ini mengapa menguasai bahasa baku itu sangat penting Greaters. Pada dasarnya, struktur bahasa Inggris yang baik dan benar itu bisa kamu dapatkan jika penguasaan bahasa baku  dan kosakata yang efisien, juga baik.

Nah, itu tadi penjelasan sedikit mengenai tips mudah menulis dalam bahasa Inggris. Semoga bermanfaat!

Sumber gambar utama: Shutterstock

Baca juga Memahami Fenomena Kemagnetan, Fisika Kelas 12