Greaters, meyakinkan orang tua untuk percaya dan memperbolehkan menjalankan apa yang menjadi pilihan kita, memang gampang-gampang susah. Tidak jarang, pertengkaran-pertengkaran kecil akibat sesuatu yang tidak sejalan akan muncul silih berganti. Salah satunya adalah pilihan kuliah di jurusan yang kamu favoritkan, namun belum tentu menjadi pilihan orangtua.

Pada dasarnya, pilihan orang tua itu baik untuk diri kita ataupun untuk orang tua. Namun, kalau kamu merasa tidak menyukai hal tersebut, berbeda pendapat wajar-wajar saja. Dengan catatan, memberikan alasan yang logis kepada orang tua karena mungkin kurangnya keterbukaan kamu terhadap orang tua adalah hal yang membuat orang tua tidak paham tentang keinginanmu..

Meskipun terkadang sulit untuk diubah. Namun bukan berati hati mereka tidak akan luluh, Greaters. Percayalah bagaimanapun orangtua pasti menginginkan kebahagiaan yang terbaik untuk anaknya. Jika kamu sekarang merasa keinginan orang tuamu tidak sejalan, coba yakinkan mereka dengan hal-hal berikut :

Tenang dan mengalah sejenak


Sumber: Shutterstock

Saat beradu keinginan, kerap kali selisih pendapat antara orang tua dan anak tak bisa terhindarkan. Situasi tersebut seolah menjadi ajang pembuktian siapa yang paling benar. Padahal dalam hal apapun, pembuktian yang paling tepat adalah dengan aksi, bukan dengan kata-kata. (baca tunjukkan bakatmu). Oleh karena itu, sebagai anak tidak ada salahnya jika kamu tenang dan mengalah dulu untuk sementara waktu, sambal memikirkan strategi tepat agar orang tua mau menerima.

Ceritakan detail jurusan


Sumber: Shutterstock

Ceritakanlah hal-hal tentang jurusan yang kamu mau mulai dari hal-hal yang dipelajari dalam jurusan, prospek kariernya, dan kegiatan di jurusan tersebut. Tunjukkan bahwa pilihan kamu itu adalah yang terbaik untuk dirimu dan bisa menjadi penunjang untuk membahagiakan kedua orang tuamu kelak.

Tunjukkan bakat kamu


Sumber: Shutterstock

Ketika kamu sudah menjelaskan jurusan yang kamu inginkan, maka penunjukkan bakat juga bisa menjadi dukungan. Perlihatkan bakatmu di jurusan itu misalnya dalam hal kamu sudah mampu membuat karya ataupun lainya. Buktikan kamu masuk jurusan itu bukan sekedar gaya-gayaan melainkan memang berbakat dalam bidang tersebut.

Menjanjikan hal-hal yang membanggakan


Sumber: Shutterstock

Buatlah harapan untuk menjadi terbaik dari jurusan yang kamu pilih. Misalnya, bisa berprestasi di bidang akademik maupun non-akademik, rajin kuliah atau bahkan akan membiayai kuliah dengan uang sendiri.

Komunikasikan dengan baik


Sumber: Shutterstock

Berbicara sopan dengan nada rendah adalah yang terpenting. Meski pilihan itu sering bertolak belakang, tetaplah lemah lembut, sopan dan santai jika berbicara di hadapan orang tua.

Berargumenlah dengan bijak


Sumber: Shutterstock

Bicarakanlah dengan baik kepada orang tua dengan memilih situasi-situasi yang pas. Misalnya di saat sedang santai bersama kedua orang tua.

Nah Greaters, mengenal keinginan dan passion diri merupakan hal wajib yang kamu gali dari sekarang. Tapi, mendengar masukan dari orang tua juga tidak ada salahnya. Tetap lakukan yang terbaik dan semangat untuk meraih cita-citamu!

Sumber gambar utama: Shutterstock

Baca juga Mengenal dan Memahami Istilah Multimedia Interaktif