Halo Greaters! Salah satu mata pelajaran yang penting untuk dikuasai adalah bahasa Inggris. Dalam mempelajari bahasa Inggris sendiri kita dituntut untuk menguasai tiga teknik dasarnya yaitu, speaking, writing, dan juga reading. Writing atau menulis menjadi teknik dasar yang penting dalam bahasa Inggris karena adanya kebutuhan untuk menulis dan merangkai kalimat dan kata dalam bahasa Inggris ini.

Sayangnya, bagi sebagian orang belajar bahasa Inggris bukanlah sesuatu yang menarik bahkan dianggap sebagai mata pelajaran yang sulit untuk dipelajari. Banyak orang yang menganggap bahwa mempelajari writing merupakan hal yang ribet dan sulit karena terdapat banyak hal yang harus mereka kuasai. Nah, berikut ini adalah beberapa tips belajar asyik materi writing, yang bisa Greaters jadikan referensi. Yuk, disimak!

Sumber : Thoughtco.com

Ada beberapa hambatan yang membuat banyak orang kesulitan menguasai materi writing. Ada yang memang tidak memiliki kemampuan dalam hal vocabulary dan grammar yang cukup bagus. Namun ada juga yang sulit mempelajari karena memang pengaruh dari faktor luar. Misalnya, tutor yang kurang asik. Namun di GreatEdu tentunya semua tutornya sangat asik dan akan lebih membuat kamu semangat belajar. Berikut tips belajar asik materi writing bahasa Inggris yang bisa kamu praktikkan secara mudah. Apa saja itu tipsnya?

1. Serius mempelajari materi writing selama di dalam kelas

Sumber : Celebritybabylon.com

Meskipun kamu kesulitan dalam mempelajari materi writing, tidak boleh sedikitpun kamu bosan dan menyerah. Kamu harus terus mempelajari materi tersebut. Kamu harus serius mempelajarinya dan ketika berada di dalam kelas kamu masih belum paham, jangan pernah malu untuk bertanya kepada guru, tutor atau teman yang sudah paham. Dan untuk kamu yang sudah menguasai materi writing, kamu tidak boleh sombong dan harus tetap serius belajar.

2. Mengasah grammar dengan benar

Sumber : Inklyo.com

Agar kamu bisa dengan mudah menguasai materi writing, kamu diharuskan untuk menguasai banyak kosakata bahasa Inggris. Setelah kamu menguasai banyak kosa kata kemudian kamu harus mengolahnya menjadi sebuah kalimat dan teks. Menguasai kosakata menjadi poin utama dalam belajar bahasa Inggris terutama writing. Selain itu, kamu harus belajar bahasa Inggris sesuai dengan kaidah yang benar, kaidah tersebut adalah grammar. Kemampuan grammar ini perlu terus diasah dan ditingkatkan secara berkala. 

3. Mengikuti kursus bahasa Inggris

Sumber : Woke.id

Apabila kamu merasa kurang cukup hanya belajar writing di sekolah, kamu bisa mempelajarinya dengan cara kursus. Dalam memilih tempat kursus bahasa Inggris, kamu harus melihat kredibilitas tinggi dari tempat kursus tersebut. Waktu yang tepat untuk melakukan kursus bahasa Inggris adalah ketika liburan sekolah. Selain mengisi liburan kamu juga mendapat tambahan ilmu pengetahuan.

Apabila kamu menguasai materi tentang writing maka kamu akan mendapatkan banyak manfaat. Berikut adalah manfaat yang kamu peroleh.

1. Terbiasa berpikir dalam bahasa Inggris

Apabila kamu sudah terbiasa menulis berbahasa Inggris, maka secara otomatis kamu akan terlatih berpikir dalam Bahasa Inggris. Ini sangatlah penting karena akan sangat membantu meningkatkan kemampuan berbicara menggunakan Bahasa Inggris.

2. Memiliki kemampuan untuk menjelaskan

Semakin banyak kamu berlatih menulis berbahasa Inggris akan menambah banyak kosakata Bahasa Inggris. Selain itu juga akan menambah kemampuan dalam menjelaskan sesuatu menggunakan Bahasa Inggris. Sehingga kamu akan memiliki kemampuan komunikasi yang sangat baik.

3. Memperluas pengetahuan

Sebelum kamu menulis, pasti kamu akan melakukan riset dan juga membaca banyak literatur. Kegiatan ini akan membuat kamu memperoleh banyak informasi dan juga pengetahuan. 

Kebutuhan menulis akan selalu ada dalam bahasa Inggris, maka dari itu tidak bisa dipungkiri bahwa writing menjadi hal penting yang harus dikuasai ketika mempelajari bahasa Inggris. Ada beberapa tips asyik dalam mempelajari materi writing seperti mengikuti kursus atau lainnya. Semoga informasi di atas bisa membantu Greaters dalam mempelajari materi ini, ya!

Sumber gambar utama : Wikihow.com
Penulis : Prokonten

Baca juga Mendalami Materi Fakta dan Tanggapan