Hai Greaters, bagi kalian yang tengah mengejar kesempatan belajar dengan program beasiswa kini bukan lagi sesuatu yang sulit didapat. Mengingat beragamnya program beasiswa yang tersedia dengan kuota cukup banyak. Salah satu program beasiswa populer yang ada di Indonesia adalah LPDP atau Lembaga Pengelolaan Dana Pendidikan yang didanai oleh Kementerian Keuangan Republik Indonesia. Menariknya program Beasiswa LPDP tidak berlaku kuota khusus sehingga ada lebih banyak peserta yang bisa dijaring.

Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) sendiri tengah membuka program beasiswa LPDP untuk program Magister (S2) dan Doktoral (S3), bagi para peserta yang tengah berburu beasiswa untuk melanjutkan pendidikan. Beasiswa yang diberikan bersifat full scholarship atau beasiswa penuh. Cakupan beasiswa ini sendiri meliputi beberapa hal.

Pertama adalah Biaya Pendidikan  yang terdiri dari :

  1. Dana Pendaftaran
  2. Dana SPP
  3. Dana Tunjangan Buku
  4. Dana Bantuan Penelitian Tesis atau Disertasi
  5. Dana Bantuan Seminar Internasional
  6. Dana Bantuan Publikasi Jurnal Internasional

Biaya Non Pendidikan yang diakomodir dan mencakup :

  1. Dana Transportasi
  2. Dana Aplikasi Visa/Residence Permit
  3. Dana Asuransi Kesehatan
  4. Dana Hidup Bulanan
  5. Dana Kedatangan
  6. Dana Tunjangan Keluarga (Khusus Doktoral)
  7. Dana Keadnaan Darurat

Dilansir dari Kompas.com jadwal pembukaan program beasiswa LPDP untuk tahap 1 telah ditutup pada 31 Mei 2019 lalu, tetapi masih ada penerimaan tahap 2 yang bisa diikuti oleh peserta calon penerima beasiswa. Pembukaan pendaftaran tahap 2 ini dibuka mulai 1 Juli 2019, dengan jadwal sebagai berikut :

  • Penutupan Pendaftaran tanggal 10 September 2019
  • Pelaksanaan Seleksi Administratif tanggal 11 hingga 23 September 2019
  • Pengumuman Hasil  Seleksi Administratif tanggal 24 September 2019
  • Seleksi Berbasis Komputer tanggal 2 hingga 18 Oktober 2019
  • Pengumuman Hasil Seleksi Berbasis Komputer tanggal 25 Oktober 2019
  • Seleksi Wawancara tanggal 4 hingga 6 November 2019
  • Pengumuman Hasil Seleksi Wawancara tanggal 18 Desember 2019

Untuk skema program beasiswa ini terbagi menjadi beberapa hal :

  1. Program Beasiswa Reguler diberikan untuk jenjang pendidikan meliputi Magister satu gelar (single degree) dengan waktu studi maksimum 24 bulan (2 tahun) dan Doktoral satu gelar (single degree) dengan waktu studi paling lama 48 bulan (3 tahun)
  2. Bagi pelamar Program Magister (S2), dapat memilih 3 perguruan tinggi tujuan yang berbeda sesuai dengan tujuan Dalam Negeri atau Luar Negeri dengan program studi yang sejenis.
  3. Bagi pelamar Program Doktoral (S3), hanya dapat memilih satu perguruan tinggi dan program studi serta tidak dapat mengajukan perpindahan.
  4. Pendaftar Beasiswa Reguler yang telah ditetapkan sebagai penerima beasiswa wajib menyerahkan 1 (satu) LoA Unconditional dari perguruan tinggi tujuan dan tidak bisa mengajukan perpindahan perguruan tinggi tujuan dan program studi tujuan.

Selain itu ada juga beberapa persyaratan wajib, persyaratan khusus, serta beberapa ketentuan  yang perlu diketahui dan dipenuhi oleh para pendaftar. Untuk informasi lebih lengkap mengenai persyaratan beasiswa dan pendaftaran calon penerima beasiswa, Greaters dapat mengunjungi situs https://beasiswalpdp.kemenkeu.go.id/ atau dapat mengunjungi  Gedung Danadyaksa Cikini, Jl. Cikini Raya No.91A-D, Menteng.

Penulis : Lajovi Pratama

Baca juga Baran Energy, Terobosan Baru Start Up Energi Rintisan Anak Indonesia