Greaters, sebelum kita membahas perubahan hubungan antar individu dan antar kelompok, hal yang harus diketahui lebih dulu adalah definisi dari pembahasan tersebut. Mulai dari pengertian individu, kelompok sosial dan hubungan sosial. Ketiga komponen itu memiliki keterkaitan yang erat karena komponen tersebut merupakan satu kesatuan dalam interaksi sosial. Berikut ini akan dijelaskan definisi dari ketiga komponen tersebut.

Pengertian Individu

Individu berasal dari bahasa Yunani yaitu “individium” yang artinya “tidak terbagi”. Individu menurut konsep Sosiologis adalah sebagai manusia perseorangan bukan sebagai manusia keseluruhan yang berarti mereka hidup berdiri sendiri. Menurut Dr. A. Lysen, kata individu sebagai kesatuan yang terbatas yaitu sebagai manusia perseorangan bukan berarti manusia sebagai keseluruhan yang tidak dapat dibagi. Kesimpulanya Individu merupakan seorang pribadi yang terpisah dari orang lain yang hidupnya untuk dirinya sendiri, Individu memiliki sifat bebas serta tidak mempunyai hubungan yang terikat dengan sesamanya, kelompok, maupun organisasi.

Pengertian Kelompok Sosial

Kelompok sosial merupakan kumpulan manusia yang memiliki kesadaran akan keanggotaannya dan saling berinteraksi Menurut pendapat Paul B. Horton dan Chester L. Hunt. Sedangkan menurut Soerjono Soekanto, kelompok sosial adalah himpunan atau kesatuan manusia yang hidup bersama karena adanya hubungan antar mereka secara timbal balik dan saling mempengaruhi. Dapat disimpulkan bahwa kelompok sosial merupakan individu-individu yang berkumpul membentuk suatu lembaga yang utuh dimana setiap individu peran yang dapat menguntungkan kepentingan kelompok tersebut. 

Pengertian Hubungan Sosial

Hubungan sosial merupakan interaksi dua individu atau lebih dalam suatu masyarakat. Interaksi bisa bermacam bentuknya bisa secara verbal maupun lisan. Semakin intim hubungan sosial yang di jalin oleh individu akan membawa ke arah yang lebih erat dalam berinteraksi. Dewasa ini hubungan sosial bisa dilakukan dengan jarak yang jauh bahkan tanpa tatap muka sekalipun.

Perubahan sosial dalam hubungan antara individu dan kelompok menurut Robert MacIver: perubahan sosial adalah perubahan hubungan sosial atau sebagai perubahan keseimbangan hubungan sosial yang terjadi dalam masyarakat. Sedangkan menurut George Ritzer, perubahan sosial mengacu pada variasi-variasi hubungan antar Individu, kelompok, organisasi, kultur, serta masyarakat pada umumnya.

Kemajuan sains membawa perkembangan yang pesat dalam bidang teknologi. Smartphone dan Internet telah membawa perubahan besar dalam hubungan sosial baik antara individu maupun antar keompok dalam masyarakat. Teknologi komunikasi memang dapat mendekatkan individu atau kelompok yang terpisah jarak puluhan bahkan ratusan kilometer dapat berinteraksi dengan adanya internet. Interaksi sosial antara individu dan kelompok yang terpisah jarak tidak perlu bertemu untuk bisa berkomunikasi, dengan adanya internet mereka cukup menggunakan jejaring sosial untuk bisa berinteraksi dan melihat dari jauh melalui fitur panggilan video.

Ketika mebicarakan dampak positif dari internet memanglah banyak jumlahnya, bahkan hampir tidak terhitung berapa banyak manfaat yang telah diberikan kepada masyarakat dalam menjalin hubungan sosial dalam masyarakat. Namun dengan adanya internet telah membawa masyarakat kehilangan perasaaan dalam berinteraksi antar individu maupun kelompok. Hubungan sosial yang awalnya erat dilakukan dengan tatap muka kian semakin pudar seiring berkembangnya teknologi.

Perubahan hubungan antar individu dan kelompok sedikit banyak dipengaruhi oleh perkembangan sains dan teknologi, baik itu teknologi komunikasi mapun teknologi transportasi. Namun, yang paling banyak mempengaruhi adalah teknologi komunikasi, karena perkembangan dan perkembanganya telah banyak merubah sendi-sendi interaksi dalam kehidupan bermasyarakat.

Nah Greaters, pembahasan ini bisa jadi materi kamu dalam ujian nanti. Jika kamu ingin mengasah kemampuanmu dengan tema pada perubahan sosial antara hubungan individu dengan kelompok, kamu bisa mengunjungi fitur Exercise yang ada di aplikasi GreatEdu. Kamu bisa mengerjakan latihan soal sebagai simulasi ujian nanti pastinya. Semoga bermanfaat!

Sumber gambar utama: Pexels

Baca juga K-Pop sebagai Salah Satu Contoh Perubahan Sosial di Era Modern, Sosiologi Kelas 12