Suatu transaksi tidak akan berlangsung tanpa adanya barang atau jasa dan penawaran maupun permintaan. Berikut akan dibahas mengenai penawaran.

Penawaran datang dari pihak produsen.Barang-barang yang dihasilkan oleh produsen ditawarkan kepada para konsumen. Dalam arti ekonomi, penawaran (supply) adalah jumlah keseluruhan barang atau jasa yang akan dijual atau ditawarkan oleh produsen pada berbagai macam tingkat harga.

Hukum penawaran mengatakan bahwa jumlah barang yang ditawarkan akan selalu berbanding lurus dengan harganya artinya jika harga barang naik, maka jumlah barang yang ditawarkan bertambah, sebaliknya jika harga turun, maka jumlah barang yang ditawarkan berkurang. Dalam hukum penawaran juga berlaku

kondisi ceteris paribus.


Baca Juga : Usaha dalam Bidang Ekonomi


Kurva penawaran (supply curve) adalah kurva yang menggambarkan hubungan antara harga dengan jumlah barang yang dijual atau ditawarkan pada masing-masing tingkat harga. Sudah menjadi sifat produsen/penjual bahwa bila harga naik, mereka akan menambah jumlah barang yang dijual dan sebaliknya. Sehingga bentuk kurva penawaran melereng dari kiri bawah ke kanan atas atau dari kanan atas ke kiri bawah. Agar lebih jelas, perhatika tabel di bawah ini :


Dari tabel diatas dapat di buat kurva seperti dibawah ini:


Penawaran suatu barang dipengaruhi oleh banyak faktor, antara lain sebagai berikut.

  1. Biaya produksi artinya biaya yang dikeluarkan untuk membuat barang atau jasa.
  2. Kemajuan teknologi atau adanya teknologi baru.
  3. Harga bahan baku untuk membuat barang.
  4. Banyaknya produsen yang menawarkan barang.
  5. Laba yang diinginkan produsen atau penjual.

Bentuk kurva penawaran tersebut akan dapat bergeser ke kanan jika jumlah barang yang diproduksi melimpah karena kemajuan teknologi/karena laba yang diinginkan. Sebaliknya kurva penawaran bergeser ke kiri jika jumlah produksinya menurun. Apabila digambarkan dalam bentuk grafik akan tampak sebagai berikut:

Keterangan:

OP : harga barang di pasar

OQ : jumlah barang yang ditawarkan semula

OQ1 : jumlah penawaran setelah produksi menurun

OQ2 : jumlah penawaran setelah produksi bertambah

S1S1 : kurva penawaran setelah jumlah produksi melimpah

S2S2 : kurva penawaran setelah produksi merosot


Referensi :

Iswanto. 2009. Buku Ekonomi Untuk SMA dan MA Kelas X.


Penulis : Asri Nur Lestari