Greaters, globalisasi membawa perubahan sosial yang signifikan baik dari segi ekonomi, politik, sosial, maupun budaya. Perubahan sosial yang positif pastinya akan membawa kemajuan bagi masyarakat. Namun, dilain perubahan sosial yang dibarengi hal positif pastinya juga akan membawa dampak negatif. Jika, diibaratkan seperti sebuah aplikasi yang telah mengalami upgrade pasti di dalamnya ada celah yang belum sempurna atau bug. Hal ini yang menjadi alasan mengapa globalisasi membawa perubahan sosial akan membawa dampak negatif ketimpangan sosial bagi masyarakat.

Bukan berarti ketimpangan sosial sebagai akibat dari perubahan sosial tidak bisa dituntaskan. Sebuah masalah jika dikerjakan akan ditemukan solusinya, begitu pula dengan ketimpangan sosial. Ketimpangan sosial bukan sebuah permasalahan yang simpel seperti membalikkan telapak tangan. Penanganannya perlu kerjasama yang solid antara pemangku kekuasaan dengan masyarakat. Adapun langkah yang bisa diambil untuk mencari solusi dalam menuntaskan ketimpangan sosial dalam masyarakat:

  1. Identifikasi masalah apa saja yang menjadi ketimpangan sosial
  2. Identifikasi faktor apa saja yang menjadi penyebab masalah tersebut.
  3. Buat rencana atau plan penyelesaianya lebih dari satu sebagai cadangan apabila rencana pertema gagal atau tidak sesuai dengan kondisi masyarakat.
  4. Selesaikan masalah yang paling krusial dan penting sampai masalah yang sederhana. 

Seperti yang telah dibahas di atas, ketimpangan sosial bisa diatasi apabila pemerintah sebagai pemangku kekuasaan benar-benar membuat kebijakan untuk mengentaskannya. Pemerintah dalam hal ini telah banyak membuat dan mengatur kebijakan untuk menyelesaikan permasalahan sosial. Berikut beberapa undang-undang dan program yang telah dibuat pemerintah:

Baca juga Teknologi Komunikasi Membawa Perubahan pada Hubungan Individu dan Kelompok, Sosiologi Kelas 12

Kebijakan Pemerintah

Pemerintah melalui UUD 1945 pasal 33 ayat 1 menyatakan bahwa dalam perekonomian disusun sebagai usaha bersama berdasarkan asas kekeluargaan. Sedangkan ayat 3 berbunyi: bumi, air, dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasi oleh negara serta dipergunakan untuk kepentingan rakyat bersama. Ini hanya salah satu contoh kebijakan pemerintah dalam upaya memakmurkan dan mengentaskan ketimpangan di Indonesia

BPPPD atau Buku Penanganan Perencananan Pembangunan Daerah pada Tahun 2014

Dalam hal ini menyatakan upaya yang dapat diambil untuk mengentaskan ketimpangan sosial adalah dengan cara melakukan pemerataan yang berkeadilan dengan memberikan kesempatan secara sama kepada seluruh masyarakat. Salah satu programnya adalah menciptakan dan mengelola Usaha Mikro Kecil atau UMK. Dengan demikian, masyarakat akan menjadi mandiri dan mampu memenuhi kebutuhannya dengan perlindungan dari pihak yang berwenang dalam hal ini pemerintah daerah sebagai pemilik program.

Meningkatkan dan Memeratakan Kualitas Pendidikan serta Kesehatan

Meningkatkan pertumbuhan ekonomi tanpa dibarengi dengan pendidikan adalah sebuah kesia-siaan. Ekonomi akan tumbuh dan berkembang mengikuti kualitas sumber daya manusia. Sumber daya manusia bisa optimal apabila masyarakat dapat mengakses pendidikan yang mumpuni. Selain pendidikan yang tidak kalah penting adalah kesehatan. Untuk menempuh pendidikan yang tinggi, dibutuhkan tubuh yang sehat jasmani dan rohani. Jaminan kesehatan bagi seluruh anak akan meningkatkan angka harapan hidup. Maka dapat disimpulkan pendidikan dan kesehatan yang merata di seluruh lapisan masyarakat akan mengurangi dengan sekala besar ketimpangan yang ada di masyarakat.

Globalisasi selalu membawa dampak bagi komunitas lokal di berbagai belahan dunia. Peran globalisasi sangat vital bagi masyarakat modern, dalam perkembangannya globalisasi membawa perubahan sosial di setiap lini masyarakat. Perubahan bukan sesuatu yang perlu dijauhi dan anti terhadapnya. Perubahan adalah suatu yang pasti dalam hidup manusia, namun permasalahanya adalah bagaimana manusia sebagai makhluk sosial menyikapinya dan menemukan solusi dari globalisasi.

Bagaimana penjelasan tentang pembahasan ini Greaters? Jika kamu sudah paham, silakan untuk mencoba latihan soal terkait pembahasan ini melalui fitur Exercise yang ada di GreatPedia. Yuk, buka aplikasi GreatEdu di smartphone-mu sekarang.


Sumber gambar utama: Shutterstock

Baca juga Pahami Kesenjangan Sosial dalam Masyarakat, Sosiologi Kelas 12