Setiap makhluk hidup pasti memerlukan makanan untuk keberlangsungan hidupnya. Begitu juga manusia, membutuhkan makanan untuk memperoleh zat-zat makanan yang dibutuhkan oleh tubuh. Lalu bagaimana proses pencernaan makanan yang dilakukan oleh tubuh manusia? Maka prosesnya akan dibahas dibawah ini dalam Sistem Pencernaan Manusia. Sistem pencernaan manusia terdiri dari saluran pencernaan dan kelenjar pencernaan. Saluran pencernaan merupakan alat-alat yang dilului makanan sedangan kelenjar pencernaan adalah bagian yang menghasilkan enzim untuk mencerna makanan.


1. Mulut

Makanan yang pertama kali masuk akan masuk ke bagian mulut dan di mulutlah proses pencernaan pertama kali dimulai. Di dalam mulut  terdapat lidah, gigi, dan kelenjar ludah. Gigi berfungsi sebagai pencernaan mekanik, yang artinya mengubah ukuran makanan dari besar menjadi kecil, atau dari kasar menjadi halus.


Gambar 1. Mulut.


Baca Juga : Mengenal Organ Pencernaan Manusia


Gigi manusia terdiri dari gigi seri untuk memotong makanan, gigi taring untuk merobek makanan, dan gigi geraham untuk megunyah makanan. Sementara itu setiap gigi manusia tersusun atas bagain-bagian seperti puncak gigi atau mahkota gigi yang nampak dari luar, leher gigi yang dilindungi oleh gusi, dan akar gigi yang tertanam di rahang. Adapun lapisan-lapisan gigi meliputi email yang berfungsi melindungi tulang gigi, dimana lapisan ini merupakan lapisan paling keras. Kemudian  tulang gigi yang terbuat dari dentin yang berwarna kekuningan, semen gigi yang terdapat di lapisan luar akar gigi, dan rongga gigi atau pulpa yang berisi saraf juga pembuluh darah.


2. Kerongkongan

Gambar 2. Tenggorokan.


Dari mulut, makanan akan masuk ke dalam kerongkongan, dimana di sana akan terjadi gerakan peristaltik, yaitu gerakan meremas dan mendorong makanan untuk masuk lambung.


3. Lambung


Gambar 3. Lambung.


Nama lain dari lambung adalah vertikulus merupakan suatu kantong yang terletak di sebelah kiri dalam rongga perut. Bagian-bagian lambung adalah kardia, fundus, dan pilorus. Di dalam lambung terjadi pencernaan secara kimiawi yang dibantu oleh enzim yang dihasilkan oleh lambung seperti :

- HCL atau asam klorida yang berfungsi membunuh kuman yang masuk bersama makanan serta mengaktifkan enzim pepsinogen 

  menjadi  pepsin.

- Pepsin berfungsi mengubah protein menjadi pepton

- Renin berfungsi mengubah protein yang terdapat pada susu menjadi kasein


4. Usus Halus


Gambar 4. Usus Halus.


Usus halus memiliki tiga bagian, bagian-bagian tersebut adalah :

- Usus Dua Belas Jari

Usus ini merupakan muara dari dua saluran yaitu kantong empedu dan pankreas. Kantong empedu menghasilkan empedu dari hati, yang berfungsi mengemulsikan lemak. Sedangkan pangreas menghasilkan getah pankreas untuk menghasilkan enzim.

1. Amilase berfungsi mengubah amilum menjadi gula

2. Tripsin berfungsi mengubah protein menjadi amino

3. Lipase berfungsi mengubah asam lemak menjadi gliserol

    -  Usus Kosong

 Di usus ini makanan mengalami pencernaan terakhir sebelum sari-sari makanan di serap.

    -  Usus Penyerapan

       Di sini sari-sari makanan diserap oleh dinding usus halus. Dinding usus halus memiliki jonjot usus atau vili. Jonjot membuat permukaan usus halus bertambah luas sehingga mempercepat proses penyerapan sari-sari makanan. Di dalam jonjot terdapat pembuluh kapiler dan pembuluh kil.  Pembuluh kapiler akan mengangkut sari-sari makanan yang berupa glukosa, asam amino, vitamin dan mineral ke seluruh tubuh. Sedangkan pembuluh kil akan mengangkut lemak dan gliserol ke pembuluh balik besar di bawah tulang selangka.


5. Usus Besar


Gambar 5. Usus Besar.


Ampas sisa penyerapan makanan dari usus halus akan masuk ke dalam usus besar. Pada bagian batas antara usus halus dan usus besar disebut umbai cacing atau apendik. Peradangan pada umbai cacing disebut dengan apendiksitis. Fungsi utama usus besar adalah mengatur kadar air pada sisa makanan. Selain itu dalam usus besar terdapat bakteri yang berfungsi membantu pembusukan sisa makanan yang disebut dengan Escherichia coli. Selanjutnya sisa makanan yang telah busuk akan masuk dalam rektum yang panjangnya kurang lebih 15 cm. Terakhir, sisa makanan siap dikeluarkan melalui anus.

 

Cara mengingat urutan sistem pencernaan : MuKeLuHBesarAn (Mulut, Kerongkongan, usus Halus, usus Besar, Anus)

 

Referensi :

Setiawan, R. Fikri. Buku IPA Terpadu Kelas VIII Kurikulum 2013

www.google.co.id