Hai Greaters, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai sebuah kampus politeknik di daerah Jakarta sebagai pilihan perguruan tinggi. Salah satu politeknik terbaik di Indonesia yaitu Politeknik Negeri Jakarta atau yang biasa disingkat PNJ. 

Apa itu Politeknik Negeri Jakarta?

Politeknik Negeri Jakarta, merupakan perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan vokasi untuk menghasilkan SDM yang siap kerja, karena PNJ menggunakan sitem yang menggabungkan ilmu dan teknologi dengan komposisi 40% teori dan 60% praktek.

Sejarah Singkat Politeknik Negeri Jakarta

Dahulu Politeknik Negeri Jakarta merupakan fakultas non gelar teknologi Universitas Indonesia (FNGT-UI), yang kemudian menjadi Politeknik Universitas Indonesia. Politeknik Universitas Indonesia didirikan 20 September 1982, hingga pada tanggal 25 Agustus 1998 melepaskan diri menjadi lembaga mandiri dengan nama Politeknik Negeri Jakarta berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor: 207/O/1998.

Saat pertama kali dibuka hanya terdapat 3 jurusan: Jurusan Teknik Mesin, Teknik Sipil dan Teknik Elektro. Menyusul tahun 1986 dibuka jurusan Tata Niaga, yang selanjutnya dikembangkan menjadi Jurusan Akuntansi dan Jurusan Administrasi Niaga. Pada tahun 1990 dibuka Jurusan Teknik Grafika dan Penerbitan, hasil kerjasama antara Politeknik Universitas Indonesia (Politeknik Negeri Jakarta) dengan Pusat Grafika Indonesia. Kemudian bekerjasama dengan PT Trakindo Utama, dibuka Program Studi Alat Berat dibawah Jurusan Teknik Mesin yang dimulai tahun ajaran 2001-2002. Pada tahun 2003 bekerjasama dengan PT Jasa Marga, dibuka Program Diploma IV Jalan Tol.

Pada saat ini Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) yang merupakan pendidikan tinggi vokasi mempunyai tujuh jurusan dan 34 program studi dengan jenjang Diploma (A.Md.) dan Sarjana Terapan (S.Tr.). Pada tahun 2016, Jurusan Teknik Elektro telah membuka Program Magister Terapan Teknik Elektro (MTTE) dengan gelar M.Tr.

Baca juga 6 Tips Menghindari Ngantuk di Pagi Hari

Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) bertujuan untuk memenuhi kebutuhan SDM profesional di industri, baik industri jasa maupun industri manufaktur. Pembelajaran di PNJ mengaplikasikan Kurikulum Nasional (Kurnas) pendidikan profesional secara bertanggung jawab dengan didukung oleh dosen-dosen profesional. Sistemnya adalah dengan mempertemukan ilmu dan teknologi sesuai komposisi teori 60% dan praktek 40% yang diaplikasikan secara harmonis untuk menghasilkan lulusan yang profesional dan memenuhi kualifikasi industri.

Keunggulan Politeknik Negeri Jakarta

Keunggulan yang dimiliki tiap jurusan di Politeknik Negeri Jakarta adalah sebagai berikut :

  1. Teknik Sipil memiliki PUTI (Pusat Unggulan Teknologi Infrastruktur) yang dilengkapi dengan alat untuk melakukan pengujian contohnya seperti untuk mengukur kekuatan jembatan teknik sipil PNJ memiliki elektrolit tertentu untuk mengukurnya, kemudian untuk perencanaan awal sebelum konstruksi di bangun teknik sipil PNJ memiliki PATIK.
  2. Teknik Mesin bekerja sama dengan PT Trackindo, PT Holcim untuk teknik Industri pengolahan semen, PT Badak Natural Gas teknik kilang dan pengolahan gas, PT Garuda Maintenance Facility untuk teknik perawatan dan perbaikan pesawat udara.
  3. Teknik ELektro memliki teknologi PUTOI TIK (Pusat Teknologi Otomasi Industri berbasis Teknologi Informasi dan Komputer) yang merupakan integrasi dari 4 bidang keahlian yaitu Teknik Elektronika, Teknik telekomunikasi, Teknik instrumentasi dan kontrol, IT Enterprise.
  4. Akutansi dilengkapi dengan Bank mini yang dijadikan lab untuk program studi keuangan dan perbankang konvensional maupun syariah.
  5. Teknik Komputer jaringan mahasiswa akan dibekali dengan sertifikasi cisco, untuk programing dan data base mahasiswa akan dibekali dengan sertifikasi Oracle, untuk multimedia mahasiswa akan dibekali dengan sertifikasi autodesk.
  6. Teknik Grafika dan Penerbitan dilengkapi dengan mesin Heildberg yang berbasis pada ISO 126472, yang dapat membuat mahasiswanya dapat bersaing di dunia Internasional karena berbasis ISO 126472.
  7. Program studi unggulan Politeknik Negeri Jakarta adalah MICE (Meeting Incentive Travel Conventing and Exhibition) yang merupakan program studi pertama di Indonesia, yang menangani Event.

Fasilitas yang terdapat di Polteknik Negeri Jakarta

Adapun fasilitas yang disediakan Politeknik Negeri Jakarta untuk mahasiswanya yaitu seperti Gedung Serba Guna (GSG), Perpustakaan Pusat, Internet dan Wireless Hotspot, Masjid Darul 'Ilmi, Koperasi Mahasiswa, Kantin, Automatic Teller Machine (ATM), Bus Poltek, Fasilitas Olahraga, Papan Tebing Astadeca, Kolam Renang, Pusat Kegiatan Mahasiswa (Pusgiwa). Kemudian ada juga organisasi mahasiswa seperti Majelis Permusyawaratan Mahasiswa (MPM), Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Badan Otonom (BO), Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ), Kelompok Studi Mahasiswa (KSM). 

Kegiatan Mahasiswa

Dan yang terakhir adalah kegiatan mahasiswa, kegiatan kemahasiswaan di PNJ terbentuk di dalam organisasi-organisasi kemahasiswaan. Secara struktural, bentuk organisasi kemahasiswaan di PNJ adalah student governmeent, dimana Majelis Permusyawaratan Mahasiswa (MPM) berfungsi sebagai lembaga legislatif dan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) sebagai lembaga eksekutif. Sedangkan di tiap-tiap jurusan terdapat Himpunan Mahasiswa Jurusan. Selain itu juga terdapat Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang berfungsi untuk menampung aspirasi mahasiswa berdasarkan penalaran, keilmuan, minat, bakat dan kegemarannya masing-masing. Secara umum, ada beberapa bidang peminatan kegiatan kemahasiswaan, yaitu :

  1. Pengembangan Skill Manajerial seperti Latihan Dasar Kepemimpinan (LK), Pelatihan Manajemen ISO 14000, Pelatihan Manajemen Diri yang diselenggarakan oleh BEM-PNJ dan HMJ secara berkala
  2. Pengembangan Kewirausahaan seperti Koperasi Mahasiswa Adil
  3. Pengembangan Pola Pikir Ilmiah seperti kegiatan yang dilakukan oleh UKM Logika, UKM Fikri dan sebagainya.
  4. Pengembangan Kewiraan seperti UKM Wiramakara PNJ dan UKM Astadeça.
  5. Pengembangan Hobi, Seni Olah Raga seperti UKM Pencinta Seni dan Kreativitas (Pankreas), UKM Astadeça, UKM Forum Ilmiah dan Kreativitas Islam (Fikri), UKM Polytechnic English Club (PEC), UKM Sepak Bola (Pesoet), UKM Bola Basket (Pocket), dan UKM Taekwondo.
  6. Pengembangan Keprofesia seperti kegiatan-kegiatan di Himpunan Mahasiswa Jurusan.
  7. Pengembangan Jurnalistik seperti UKM Gerakan Mahasiswa (Gema) dan kegiatan Pelatihan Jurnalistik (Plastik) yang diadakan rutin setiap tahun melalui kerjasama BEM dan Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknik Grafika dan Penerbitan (HMGP).
  8. Pengembangan Kegiatan Keagamaan seperti UKM Forum Ilmiah dan Kreativitas Islam (Fikri), Musholla Putri (MP), UKM Persekutuan Oikumene Sivitas Akademika (POSA) dan UKM Keluarga Mahasiswa Katholik (KMK).

Nah Greaters, kurang lebih seperti itu informasi tentang Politeknik Negeri Jakarta. Semoga artikel ini bisa membantu kalian untuk menambah pilihan perguruan tinggi kalian nantinya.

Sumber :
1. https://www.youtube.com/watch?v=d9aywppnjl0
2. https://pnj.ac.id/
3. Sumber Gambar : https://pnj.ac.id/mahasiswa