Seperti yang kita tahu, kanker merupakan monster jahat yang menggerogoti jaringan normal pada tubuh manusia. Pada umumnya sel kanker memiliki banyak perbedaan dengan sel normal pada tubuh. Kanker adalah sel – sel abnormal yang tumbuh dengan agresif lalu menyebar pada bagian tubuh. Sel -sel tersebut akan terus tumbuh dan menjalar hingga tak terkendalikan lagi. Sel kanker pun bisa tumbuh pada semua organ tubuh, sebab ia memang tumbuh dari sel – sel yang memang terdapat pada seluruh bagian tubuh manusia. Itulah mengapa banyak sekali jenis – jenis kanker.

Mengingat tanggal 2 februari adalah hari kanker anak sedunia, dengan begitu GreatEdu mengadakan sebuah kegiatan bersama Yayasan Kanker Anak Indonesia. Acara tersebut bertempat di salah satu rumah sakit di Jakarta, yaitu Rumah Sakit Harapan kita.  

Yayasan Kanker Anak Indonesia (YKAI) adalah sebuah organisasi non-profit independen yang fokus membantu anak dengan kanker dari keluarga pra- sejahtera di Indonesia. Didirikan oleh Ibu Sallyana Sorongan, yang merupakan seorang Ibu rumah tangga yang tergerak hatinya untuk membantu anak-anak dengan kanker. Yayasan Kanker Anak Indonesia juga memiliki satu tujuan dalam visi dan misi nya yaitu, memberikan yang terbaik untuk anak dengan kanker mulai dari pengobatan sampai dengan observasi penyembuhan. Kehadiran GreatEdu besama Yayasan Kanker Anak Indonesia bertujuan untuk menghibur serta memberikan dukungan moral dan semangat kepada anak-anak penderita kanker. Jangan lupa doakan semoga saudara-saudara kita ini lekas sembuh ya!

#GreatEduPeduliKanker mengajukan konsep berbagi kasih melalui beberapa rangkaian acara, yaitu mewarnai bersama, mendengarkan dongeng oleh salah satu storyteller dari kampung  dongeng indonesia, pembagian bingkisan serta pemberian hasil donasi yang telah terkumpul untuk membantu biaya pengobatan anak – anak penderita kanker.  Acara tersebut berlangsung dari pukul 10.00 hingga pukul 12.00. Dari kegiatan mewarnai bersama hingga mendengarkan dongeng yang disampaikan oleh teman – teman kampung dongeng indonesia rupanya mampu menggambarkan senyuman manis pada wajah anak – anak yang hadir pada kegiatan tersebut. Kehadiran kami disambut dengan indah.

Berikut adalah gambaran beberapa momen ketika acara berlangsung.

Ini adalah momen ketika anak – anak sedang mewarnai bersama, yang juga dibantu oleh para orangtua, dan teman – teman dari Yayasan Kanker Anak Indonesia.

                                                                                                                                                                                                                                                                                                                   

Walaupun telapak tangan tertusuk jarum infus, namun tidak mengurunkan niat mereka untuk tetap ikut mewarnai bersama anak-anak yang lain. Begitu pula ketika sesi mendongeng, anak – anak sangat terlihat antusias dan senang sekali. Terlihat dari bagaimana mereka memperhatikan dan berkomunikasi dengan storyteller ketika ia sedang mendongeng di hadapan anak – anak.

                                               

Senyum, tawa serta rasa bahagia ikut hadir bersama kami dalam kegiatan tersebut. Rupanya kegiatan dan dukungan seperti ini yang mampu menggambarkan senyuman pada wajah mereka. Karena memang beberapa anak yang hadir disana, mereka yang bersekolah harus berbesar hati untuk menunda sekolahnya demi bisa pulih kembali. Seperti yang disampaikan oleh seorang ibu yang ikut mendampingi anaknya pada kegiatan tersebut, “Anak saya memang kalau sedang kontrol kerumah sakit untuk kemoterapi, selalu minta ke ruangan ini untuk belajar. Dia selau bilang, mah sekolah mah, katanya. Tapi ya bagaimana, mau tidak mau untuk sementara harus berhenti sekolah dulu. Karena kesehatan dia yang paling penting, saya harus menjaga dia dari pola makan sampai keadaan fisiknya. Karena kalau keadaan fisiknya melemah dan tidak bisa ikut kemoterapi yang sudah dijadwalkan dokter, saya harus memulai proses penyembuhannya dari awal lagi” Ujarnya.

Kanker memang menyerang tidak mengenal usia. Anak – anak yang sedang dalam masa pertumbuhan, anak – anak yang sedang gemar bermain bersama teman – temannya, atau mereka yang harusnya berada disekolah untuk belajar bersama anak – anak seusia nya pun harus ikhlas menerima kehadiran monster jahat tersebut, yang mungkin sebagian besar dari mereka juga tidak tahu kanker itu penyakit apa. Oleh karena itu, semangat adik – adik ini sangat patut untuk di apresiasi.

Dan untuk adik – adik yang sedang berjuang melawan kanker, tetap semangat untuk menggapai kepulihan kalian dan membasmi monster jahat itu. Kalian tidak cacat, kalian hanya sedang sakit dan yakinlah setiap penyakit pasti ada obatnya. Terus berjuang, tetap positif, jangan menyerah dan selalu berdo’a kepada Tuhan. Selamat hari kanker anak Internasional, semoga kalian mampu menjemput kesembuhan itu! 


Sumber Gambar: Akarpadinews