Perubahan sosial memiliki makna yang luas dan mencakup berbagai segi kehidupan, seperti ekonomi, sosial, dan politik. Karena itu, perubahan sosial budaya yang terjadi ddalam suatu masyarakat menyangkut perubahan nilai, pola perilaku, organisasi sosial, pelapisan sosial, kekuasaan, serta segi kemasyarakatan lainnya. Berikut beberapa pandangan para tokoh tentang perubahan sosial.

  1. Selo Soemardjan, perubahan sosial adalah perubahan pada lembaga-lembaga kemasyarakatan di dalam suatu masyarakat yang mempengaruhi system sosialnya, termasuk nilai-nilai, sikap dan perilaku di antara kelompok-kelompok dalam masyarakat.
  2. Kingsley Davis, perubahan sosial adalah perubahan-perubahan yang terjadi dalam struktur dan fungsi masyarakat.
  3. George Ritzer, perubahan sosial mengacu pada variasi-variasi hubungan antarindividu, kelompok organisasi, kultur, dan masyarakat pada waktu tertentu.
  4. John Lewis Gillin dan John Philip Gillin, perubahan sosial sebagai suatu variasi dari cara-cara hidup yang telah diterima, baik karena perubahan kondisi geografis, kebuayaan material, komposisi penduduk, ideology, maupun karena adanya difusi atau penemuan-penemuan baru dalam masyarakat.
  5. Samuel Koenig, perubahan sosial menunjuk pada modifikasi-modifikasi yang terjadi dalam pola-pola kehidupan manusia.
  6. Robert Mac Iver, perubahan sosial sebagai perubahan dalam hubungan sosial (social relationship) atau sebagai perubahan terhadap keseimbangan (equilibrium) hubungan sosial.
  7. William F. Ogburn, perubahan sosial menekankan pada kondisi teknologis yang menyebabkan terjadinya perubahan pada aspek-aspek kehidupan sosial, seperti kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat berpengaruh terhadap pola berpikir masyarakat.
  8. Hawley, perubahan sosial merupakan setiap perubahan yang tidak terulang dari system sosial sebagai satu kesatuan.
  9. Munandar, perubahan sosial sebagai perubahan yang terjadi dalam struktur dan fungsi dari bentuk-bentuk masyarakat.
  10. Moore, perubahan sosial sebagai perubahan oenting dari struktur sosial, yaitu pola-pola perilaku dan interaksi sosial yang terjadi dalam masyarakat.
  11. Macionis, perubahan sosial merupakan transformasi dari organisasi masyarakat dalam pola piker dan perilaku dalam waktu tertentu.
  12. Lauer, perubahan sosial dimaknai sebagai perubahan perubahan fenomena sosial di berbagai tingkat kehidupan manusia, mulai dari tingkat individu sampai tingkat dunia.
  13. Harper, perubahan sosial diartikan sebagai perubahan yang dignifikan mengenai struktur sosial dalam kurun waktu tertentu. Menurut Harper, perubahan tersebut mengandung beberapa perubahan struktur sosial sebagai berikut.

Baca Juga : Sosiolog Meneliti Ilmu Tentang Kehidupan Sehari-hari

Perubahan dalam personal yang berhubungan dengan perubahan-perubahan peran dan individu-individu baru dalam sejarah kehidupan manusia. Misal, yang biasanya perempuan hanya menjadi ibu rumah tangga, namun sekarang banyak dijumpai perempuan yang juga bekerja di luar. Hal ini terjadi karena adanya perubahan peran dan fungsi perempuan dalam masyarakat. Perubahan dalam cara berhubungan antar bagian struktur sosial. Missal, pada masa lalu dalam kantor pemerintah menggunakan tenaga manusia, tetapi saat ini sudah dikenal layanan yang lebih modern dengan system online.

Perubahan dalam fungsi-fungsi  struktur yang berkaitan dengan apa yang dilakukan masyarakat dan bagaimana melakukannya. Missal, pada zaman dulu keluarga menjadi sarana pendidikan tingkah laku atau sikap dan ilmu pengetahuan lainnya bagi anak. Namun, saat ini sudah dikenal sekolah sebagai media memperoleh pendidikan.


Referensi :

Rufikasari, Lia, dkk. 2016. SOSIOLOGI Peminatan Ilmu-Ilmu Sosial edisi revisi. Surakarta : MEDIATAMA.

Maryati, Kun, dkk. 2017. SOSIOLOGI Kelompok Peminatan Ilmu Pengetahuan Sosial. Jakarta : Erlangga.


Penulis : Avia Rahmania