Hello Greaters, gimana UTBK kalian? Udah tahu belum minat dan bakat kamu untuk kuliah nanti? Udah tahu mau masuk kampus mana? Nah, pada kesempatan ini Greaters, saya akan membantu kalian untuk menambah pilihan tempat kuliah kalian nantinya. Kali ini saya akan menjelaskan memperkenalkan kepada kalian apa itu Politeknik, perbedaan antara Politeknik dan Universitas, dan apa keuntungan berkuliah di Politeknik. Nah dari pada bada basi lagi ayo kita bahas aja ya.

Pertama - tama kita perlu tahu nih apa yang disebut dengan politeknik dan universitas terlebih dahulu. Politeknik merupakan institusi pendidikan tinggi dan teknik lanjutan serta penelitian ilmiah ternama dunia atau pendidikan vokasi profesional yang memiliki spesialiasi dalam bidang ilmu pengetahuan, teknik, dan teknologi atau jurusan-jurusan teknis yang berbeda jenis.

Universitas adalah suatu institusi pendidikan tinggi dan penelitian, yang memberikan gelar akademik dalam berbagai bidang. Sebuah universitas menyediakan pendidikan sarjana dan pascasarjana. Kata universitas berasal dari bahasa Latin universitas magistrorum et scholarium, yang berarti "komunitas guru dan akademisi".

Nah dari definisi di atas sudah terlihat jelas ya mengenai perbedaan antara politeknik dan universitas. Tapi untuk memperjelasnya lagi saya akan menjabarkan perbedaannya menjadi 5 poin penting berikut ini:

1. Jalur masuk

Untuk jalur masuk universitas bisa dilalui dengan jalur SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi), SBNMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi).

Sedangkan Politeknik punya jalur pendaftaran sendiri, yaitu melalui PMDK-PN (Penulusuran Minat dan Kemampuan-Politeknik Negeri), UMPN (Ujian Masuk Politeknik Negeri) dan UM (Ujian mandiri).

2. Pendidikan

Politeknik adalah sekolah tinggi yang hanya menyelenggarakan pendidikan vokasi atau pelatihan vokasional. Bingung apa itu pendidikan vokasi? Nah, pendidikan vokasi itu pendidikan kejuruan yang ilmunya lebih menjurus. Intinya kalian akan dijadikan ahli di bidang itu sesuai dengan lapangan kerja yang dibutuhkan sekarang.

Sementara universitas menyelenggarakan pendidikan akademis. Yang mana lulusan universitas mempunyai cakupan yang lebih luas di bidang teori.

3. Materi kuliah

Untuk perbandingan materi kuliah yang akan kalian dapat di Politeknik yaitu 60% : 40%. 60% untuk praktik dan 40% untuk pendidikan materi. Jadi kalian bisa praktik hampir setiap hari lho. Untuk pendidikan vokasi ini adalah hal wajar, karena prakteknya lebih banyak dibandingkan teori. Ini bertujuan agar nantiny politeknik dapat menghasilkan tenaga kerja profesional di bidang itu.

Sedangkan di universitas perbandingan materi kuliah yang akan kalian dapat berbanding terbalik, yaitu 40% : 60%. 40% untuk praktikum dan 60% untuk teori, karena pada universitas lebih menekankan ke pemahaman materi. Lulusan politeknik biasanya lebih diunggulkan bandingkan universitas dikarenakan kesiapan kerja mereka yang ditempa selama masa pendidikan. Tapi ini bukan berarti lulusan universitas kalah unggul ya!

4. Sistem SKS

Di universitas, mahasiswa diberi kesempatan untuk mengatur SKS (Satuan Kredit Semester) pada tiap semester, yang penting target SKS untuk mencapai kelulusan tercapai. Tapi tidak berlakuk untuk mahasiswa Politeknik. Pasalnya kalau di Politeknik mahasiswa tidak bisa memilih SKS. Sistem SKS politeknik sudah dibuat dalam bentuk paket per semester, ini mirip dengan kurikulum SMA. Kemudian di politeknik tidak ada yang namanya sistem mengulang SKS apabila mengalami kegagalan di semester, untuk semester 1&2 perlakuan sama seperti di universitas mahasiswa yang tidak mampu mengimbangi pelajaran akan menerima sanksi berupa drop out. Dan untuk semester 3 ke atas mahasiswa akan dicutikan selama setahun, hal inilah yang membuat mahasiswa politeknik tidak bisa main - main dalam belajar. Hal ini bertujuan untuk melatih karakter dan mental mahasiswa nya agar bisa terbiasa dengan dunia pekerjaan nantinya.

5. Gelar yang akan didapat

Jika kuliah di Politeknik, kalian akan mendengar jenjang pendidikan D3 dan D4 atau biasa disebut dengan Diploma, yang pada saat lulus nanti kalian akan mendapat gelar A.md (Ahli Madya) untuk kalian yang mengambil jenjang D3, dan gelar S.ST (Sarjana Sains Terapan) untuk kalian yang mengambil jenjang D4. Sedangkan di Universitas kalian akan mendengar Jenjang S1 (Strata 1). S1 setara dengan D4 untuk Politeknik, hanya bedanya ada pada keahliannya mungkin ya. Sedangkan lama kuliah yang harus ditempuh untuk D3 yaitu 3 tahun dan 4 tahun untuk D4 dan S1.

Berikut ini saya lampirkan daftar 25 politeknik negeri terbaik di Indonesia:

  1. Politeknik Elektronika Negeri Surabaya
  2. Politeknik Negeri Sriwijaya
  3. Politeknik Negeri Semarang
  4. Politeknik Negeri Malang
  5. Politeknik Negeri Jakarta
  6. Politeknik Negeri Jember
  7. Politeknik Negeri Bandung
  8. Politeknik Negeri Lampung
  9. Politeknik Negeri Medan
  10. Politeknik Negeri Pontianak
  11. Politeknik Negeri Padang
  12. Politeknik Negeri Ujung Pandang
  13. Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya
  14. Politeknik Pertanian Negeri Kupang
  15. Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan
  16. Politeknik Negeri Bali
  17. Politeknik Negeri Samarinda
  18. Politeknik Negeri Manado
  19. Politeknik Negeri Banjarmasin
  20. Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh
  21. Politeknik Negeri Lhokseumawe
  22. Politeknik Caltex
  23. Politeknik Negeri Kupang
  24. Politeknik Manufaktur Bandung
  25. Politeknik Ubaya

Nah sekian dulu ya Greaters bahasan tentang politeknik nya, semoga artikel ini bisa membantu kalian dalam menentukan pilihan kampus nantinya.

Sumber :
1. https://id.m.wikipedia.org/wiki/Universitas
2. https://id.m.wikipedia.org/wiki/Politeknik
3. Sumber gambar : Wikipedia