Hai Greaters, Makhluk hidup yang tumbuh di alam akan melalui dua proses dalam kehidupannya yaitu pertumbuhan dan perkembangan. Masing-masing istilah tersebut memiliki pengertian yang berbeda, namun tak khayal banyak orang yang belum memahami perbedaan dua kata tersebut memberikan deskripsi yang sama. Oleh sebab itu dalam tulisan ini GreatEdu ingin menyampaikan kepada pembaca mengenai perbedaan antara pertumbuhan dan perkembangan.

Pertumbuhan

Pertumbuhan merupakan suatu proses bertambahnya ukuran yang meliputi ukuran, volume dan bertambahnya sel tubuh yang terjadi pada makhluk hidup dan bersifat Irreversible (tidak dapat terulang). Irreversible adalah sifat dari proses pertumbuhan makhluk hidup yang tidak dapat kembali dapat kondisi awal. Hasil dari proses pertumbuhan dapat diukur karena bersifat kuantitatif. Ciri-ciri yang menggambarkan pertumbuhan yaitu:

  • Bertambahnya ukuran, volume dan jumlah sel dari makhluk hidup
  • Bersifat irreversible
  • Bersifat kuantitatif (dapat diukur)

Contoh dari pertumbuhan yaitu seorang bayi yang lahir memiliki ukuran tubuh yang kecil namun semakin bertambahnya umur, maka bayi tersebut akan bertambah tinggi dan berat. Pada tumbuhan proses pertumbuhan terjadi dalam dua proses yaitu pertumbuhan primer dan pertumbuhan sekunder. Pertumbuhan primer terjadi pada ujung akar dan ujung batang, sedangkan pertumbuhan sekunder terjadi pada meristem sekunder yang menyebabkan pelebaran batang dan terbentuknya lingkaran tahun pada batang.

Baca juga Klasifikasi Makhluk Hidup dengan Pohon Filogeni, Biologi Kelas 12

Perkembangan

Perkembangan adalah suatu proses perubahan yang terjadi pada makhluk hidup baik secara struktural atau melibatkan fungsi organ. Perkembangan melibatkan diferensiasi sel, histogenesis, organogenesis dan gametogenesis. Perkembangan juga melibatkan proses pertumbuhan karena terjadi proses penambahan jumlah sel pada makhluk hidup.

Ciri-ciri proses pertumbuhan yaitu :

  • Tidak mengalami proses penambahan jumlah sel, ukuran dan volume
  • Terjadi pada proses pematangan organ reproduksi
  • Terjadi pada proses fisiologis makhluk hidup
  • Bersifat reversible atau dapat berulang

Contoh dari perkembangan yaitu ketika seorang bayi dilahirkan ia masih belum bisa melakukan komunikasi, seiring bertambahnya usia disertai pertumbuhan ukuran tubuh. Bayi tersebut akhirnya tumbuh dan belajar berbicara, mengasah daya ingat hingga akhirnya setelah usianya menua daya ingat tersebut kian menurun disertai dengan kemampuan organ yang semakin menurun. Pada tumbuhan perkembangan terjadi saat proses pematangan organ reproduksi hingga menghasilkan buah.

Pertumbuhan dan perkembangan memiliki keterkaitan yaitu ketika makhluk hidup mengalami pertumbuhan maka secara bersamaan ia akan mengalami perkembangan pada organnya. Namun ketika proses perkembangan berjalan tidak selalu disertai dengan proses pertumbuhan. Sifat dari proses pertumbuhan yaitu kuantitatif, sedangkan proses pertumbuhan bersifat kualitatif.

Beberapa faktor yang mempengaruhi proses pertumbuhan dan perkembangan yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor internal yang terjadi pada proses pertumbuhan dan perkembangan dipengaruhi oleh genetik yaitu adanya hormon. Hormon merupakan senyawa kimia yang dihasilkan oleh makhluk hidup dalam jumlah tertentu dan menimbulkan reaksi fisiologis. Hormon pertumbuhan pada makhluk hidup misalnya fitohormon.

Faktor eksternal adalah faktor yang mempengaruhi proses pertumbuhan dan perkembangan berasal dari luar makhluk hidup. Beberapa faktor eksternal yang mempengaruhi proses pertumbuhan dan perkembangan yaitu nutrisi, suhu, cahaya, kelembaban dan air.

Nah Greaters, itu tadi penjelasan mengenai perbedaan antara pertumbuhan dan perkembangan.

Sumber gambar utama Unsplash.com

Baca juga Mempelajari Klasifikasi Makhluk Hidup, Biologi Kelas 12