Hai Greaters, pasti kalian sudah tidak asing lagi dengan peristiwa reformasi bukan? Reformasi menjadi suatu peristiwa penting dalam sejarah bangsa Indonesia karena menjadi tanda berjalannya negara ini ke arah yang lebih baik. Di balik peristiwa reformasi yang sangat monumental tersebut, kita tidak bisa melupakan peran dari banyak pihak seperti peran pelajar, mahasiswa, dan juga tokoh-tokoh masyarakat pada masa awal reformasi saat itu.

Era Reformasi

Sumber : Voa-islam.com

Saat ini di Indonesia sedang berada pada era reformasi. Era reformasi di Indonesia mulai dari tahun 1998 hingga saat ini. Munculnya reformasi ini setelah melengserkan Presiden soeharto dan mengakhiri masa orde baru sejak 32 tahun. Lengsernya Soeharto akibat dari tuntutan para mahasiswa yang ingin melengserkannya. Kemudian setelah Soeharto lengser digantikan oleh B.J. Habibie. B.J Habibie yang menggantikan Soeharto menandakan telah berakhirnya masa orde baru dan digantikan dengan reformasi. Pada reformasi terjadi banyak perubahan terutama pada bidang politik, pemerintahan, sosial, ekonomi hingga teknologi.

Pengertian Reformasi

Secara etimologis reformasi berasal dari kata “reformation” dari turunan kata “reform” yang berarti perubahan atau pembaharuan. Secara umum, reformasi adalah terjadinya perubahan pada suatu sistem yang telah ada pada masa itu. Di Indonesia, reformasi ini merujuk pada gerakan yang dilakukan oleh para mahasiswa pada tahun 1998 untuk melengserkan kekuasaan Soeharto dan mengakhiri masa orde baru. Dalam era reformasi ini akan tercipta suatu kebebasan dan keterbukaan, yang pada saat masa orde baru tidak pernah terjadi

Masa Awal Reformasi

Sumber : CNNindonesia.com

Wakil presiden Habibie kemudian ditunjuk untuk menggantikan posisi presiden menggantikan Soeharto. Tetapi pemerintahan pada saat itu juga didukung oleh tokoh-tokoh reformasi yang dimandatkan oleh mahasiswa. Tokoh-tokoh reformasi tersebut adalah Gus Dur, Amien Rais, Megawati Soekarnoputri, dan Sri Sultan Hamengku Buwono X. Gerakan untuk menciptakan perubahan menjadi reformasi memang sudah berhasil tetapi masih ada rumah untuk menciptakan cita-cita reformasi. Selain tokoh-tokoh politisi, peran pelajar, mahasiswa, dan tokoh masyarakat pada masa awal reformasi juga berperan sangat penting.

Tokoh Reformasi

Pasca munculnya reformasi, tokoh-tokoh reformasi kemudian bersaing lewat dunia politik untuk menjadi pemimpin di negeri ini. Faktanya setelah Habibie lengser dari jabatannya sebagai presiden selanjutnya diganti oleh Gus Dur dan wakilnya Megawati. Pasca Gus Dur, Megawati kemudian menjabat sebagai presiden. Sedangkan Amien Rais menjabat sebagai ketua MPR pada tahun 1999. Tokoh-tokoh mahasiswa dan juga gerakan-gerakan mahasiswa berupaya terus menerus untuk mewujudkan reformasi di Indonesia. Keberhasilan awal reformasi adalah ditandai dengan suksesnya penyelenggaraan pemilu pada tahun 1999. Pada saat pemilu tersebut diikuti oleh banyak partai. Selain itu pada masa awal reformasi juga terwujud kebebasan media maupun pers, kebebasan beragama (Konghucu menjadi salah satu agama yang diakui di Indonesia), pemisahan POLRI dan TNI, penumpasan KKN dan juga merevisi banyak UU agar pro terhadap rakyat.

Peran Pelajar, Mahasiswa dan Tokoh Masyarakat

Sumber : Dhiandharti.com

Sejak awal pelajar, mahasiswa dan tokoh masyarakat memiliki peranan penting yaitu mewujudkan perubahan, dan terus mengawal reformasi hingga saat ini. Gerakan-gerakan tersebut masih harus tetap berpikir kritis dan memberikan pernyataan sikap mengenai kinerja pemerintah dan juga kebijakannya. Sehingga hingga saat ini pelajar, mahasiswa dan tokoh masyarakat terus mengawal jalannya reformasi. Mahasiswa yang merupakan tokoh intelektual dalam negeri ini yang pro terhadap rakyat. Sebagai tokoh yang sangat berperan dalam mewujudkan perubahan, mahasiswa dalam setiap pergerakannya tidak boleh melepaskan karakternya yang kritis dan ilmiah. Tidak hanya mahasiswa, semua lapisan bisa bersama-sama mewujudkan cita-cita dari reformasi tersebut dan bersama-sama mengawasi kinerja pemerintah.

Reformasi membawa Indonesia kearah pintu gerbang negara yang jauh lebih baik dari sebelumnya dengan membawa cita-cita dan harapan besar untuk masa depan bangsa ini. Hingga saat ini proses reformasi sebenarnya belum selesai sepenuhnya, dan sudah sewajarnya bahwa kita harus mengingat kembali bagaimana cita-cita reformasi dan berusaha mewujudkannya. Nah Greaters, semoga informasi ini bisa menambah pengetahuan dan wawasan kalian ya!

Sumber gambar utama : Agustusan.id
Penulis : Prokonten

Baca juga Ragam Peristiwa di Eropa yang Berpengaruh Terhadap Kehidupan Umat Manusia