Greaters, jika kamu anak matematika, pasti statistika bukan hal yang asing. Nah, pembahasan kali ini akan menjelaskan tentang Statistika. Pertama, mari kita bahas apa itu statistika? Statistika adalah cabang dari ilmu matematika yang mempelajari tentang pengumpulan, menyusun, menyajikan, mengolah dan menganalisis data. Statistika juga dapat ditarik kesimpulan sebagai parameter penampil kegiatan statistika.

Selanjutnya, kita bahas satu persatu. Pengumpulan data mengumpulkan data terbagi menjadi:

  1. Data kuantitatif adalah data yang berbentuk angka atau bilangan seperti; mengukur tinggi dan berat badan siswa.
  2. Data kualitatif adalah data yang tidak berbentuk angka atau bilangan seperti; data untuk mengetahui kualitas pelayanan produk dilakukan dengan wawancara atau observasi.

Menyusun dan Menyajikan Data

Setelah data yang dikumpulkan tadi disusun dengan beberapa pembahasan, data tersebut harus disajikan. Penyajian data merupakan salah satu kegiatan dalam pembuatan laporan hasil penelitian yang telah dilakukan agar dapat dipahami dan dianalisis sesuai dengan tujuan data dengan jelas dan mudah dibaca.

Mengolah dan Menganalisis Data

Proses mengolah dan menganalisis terbagi menjadi beberapa cara yang bisa diterapkan. Berikut penjelasannya:

  1. Edit
    Data yang tersedia harus diedit, tujuannya adalah untuk melihat lengkap tidaknya pengisian kuisioner, untuk mengetahui jawaban logis dengan pertanyaan atau konsisten pertanyaan dengan data yang akan disampaikan.
  2. Kode
    Penggunaan kode numerik atau simbol sehingga data lebih bersifat saling berhubungan dengan pertanyaan kuisioner.
  3. Klasifikasi
    Pembagian data berdasarkan numerik atau deskriptif yaitu penomoran atau penjelasan dalam kelas interval.
  4. Tabulasi
    Merangkum data mentah dan menampilkan dalam bentuk yang lebih ringkas.

Kesimpulan Data Statistik

Harus mempertimbangkan pengambilan sampel karena pada umumnya penelitian yang diadakan adalah penelitian sampel. Kesimpulan penelitian yang menggunakan teknik statistik, dapat digeneralisasikan pada populasi apabila dari sampel dapat diketahui bahwa populasinya berdistribusi normal.

Parameter Data Statistik

Parameter biasanya huruf Yunani (mis. σ) atau huruf kapital (mis. P). Statistik biasanya berupa huruf Romawi (mis. s). Dalam kebanyakan kasus, jika Anda melihat huruf kecil (mis. p), ini adalah statistik. Tabel ini menunjukkan berbagai simbol. Beberapa mungkin terlihat sama tetapi perhatikan baik huruf kecil dan besar.

Nah Greaters, itu tadi adalah pembahasan singkat mengenai tahapan statistika data. Kamu dapat membuat data dengan tabel atau diagram maupun analisa paragraf, yang terpenting adalah data yang disajikan sesuai dengan data di lapangan dan sesuai dengan tahapan statistika sendiri. Semoga bermanfaat!

Sumber gambar utama: Shutterstock

Baca juga Mengenal Rukun Iman Tentang Qadha dan Qadar, Pendidikan Agama Islam Kelas 12