Halo Greaters! Ketika kita membaca suatu hal pasti kita pernah menemukan suatu grafik, tabel, atau diagram. Misalnya ketika kita membaca koran mengenai berita kenaikan harga bahan pangan, nah disitu pasti terdapat suatu grafik atau tabel yang akan menunjukkan bagaimana kenaikan harga dari bahan pangan tersebut. Lalu, seperti apa sih definisi lebih lanjut dari pemahaman dan simpulan isi grafik, diagram, dan tabel itu?

Grafik

1. Pengertian grafik 

Grafik adalah gambar pasang atau surut suatu kondisi dengan garis atau gambaran. Isi dari grafik dapat dilihat dari judul grafik.

2. Macam-macam grafik

Sumber : Lynda.com

Grafik mempunyai jenis yang bermacam - macam, diantaranya:

1. Grafik batang

Gambar naik turunnya data berwujud batang atau balok dan digunakan untuk menekan adanya perbedaan tingkatan atau nilai berupa aspek.

2.. Grafik garis

Gambar naik turunnya data berwujud garis yang dikaitkan dari titik-titik data dengan berurutan. Grafik ini dipakai untuk menggambarkan perkembangan atau perubahan dari waktu ke waktu.

3. Grafik lingkaran

Lukisan naik turunnya data berwujud lingkaran untuk menggambarkan persentase dari nilai total atau semuanya.

3. Manfaat Grafik

Grafik memiliki beberapa manfaat, antara lain:

  • Menunjukkan fakta secara jelas dan mudah dipahami.
  • Membuat proses komunikasi lebih cepat dan menarik.

4. Langkah-langkah dalam membaca grafik

Untuk membaca grafik, ada beberapa langkah yang harus dilakukan, yaitu:

  • Meneliti judul grafik.
  • Meneliti lajur kanan, kiri serta bawah.
  • Temukan benda yang paling menonjol dalam data tersebut.
  • Ambil kesimpulan dari data yang dijelaskan.

Ketika mempelajari pemahaman dan simpulan isi grafik, diagram atau tabel, pastikan benar-benar paham. Materi ini sering diterapkan di kehidupan sehari-hari, mulai dari bidang pendidikan hingga kesehatan semuanya membutuhkan grafik, diagram dan tabel. Materi grafik sudah dijelaskan sebelumnya, selanjutnya siswa dapat mempelajari diagram dan tabel di bawah ini.

Diagram 

1. Pengertian diagram 

Diagram adalah gambaran untuk memperlihatkan atau menjelaskan sesuatu. Diagram bisa berbentuk lingkaran atau batang.

2. Contoh-contoh diagram

Sumber : Inloox.com

Beberapa contoh diagram, ialah seperti di bawah ini :

  • Diagram garis
    Penyajian data statistik dengan menggunakan diagram berbentuk garis lurus dikenal dengan diagram garis lurus ataupun diagram garis. Diagram garis umumnya digunakan untuk menyajikan data statistik yang diperoleh menurut pengamatan dari masa ke masa secara berurutan. Sumbu X menyatakan waktu pengamatan, Sedangkan sumbu Y menyatakan nilai-nilai data pengamatan untuk masa tertentu. Himpunan masa dan pengamatan membuat titik-titik pada bidang XY, setelah itu kolom dari tiap dua titik yang jaraknya berdekatan itu dihubungkan dengan garis lurus sehingga nantinya akan dihasilkan diagram garis atau yang sering dikenal sebagai grafik garis.
  • Diagram lingkaran
    Penyajian data statistik dengan menggunakan gambar berbentuk lingkaran. Kemudian bagian-bagian dari daerah lingkaran, menyatakan persen data. Untuk menciptakan diagram lingkaran, pertama-tama terlebih dahulu ditentukannya besar persentase setiap objek pada keseluruhan data dan berapa besarnya sudut pusat sektor lingkaran.
  • Diagram batang
    Biasanya, dipakai untuk melukiskan perkembangan nilai-nilai suatu objek penelitian dalam masa tertentu. Diagram batang menyatakan berbagai keterangan dengan batang-batang vertikal maupun horizontal dan sama lebarnya dengan batang-batang terpisah.
  • Diagram batang daun
    Dalam diagram batang daun, data yang sudah terkumpul diurutkan terlebih dahulu dari data ukuran terkecil hingga data dengan ukuran paling besar. Diagram ini terdiri atas dua bagian, diantaranya yakni, batang dan daun. Pada bagian batang berisi angka puluhan serta bagian daun berisi angka satuan.
  • Diagram kotak garis
    Data statistik yang digunakan untuk melukiskan diagram kotak garis yakni statistik Lima Serangkai, yang terdiri atas data ekstrim atau data paling kecil dan data paling besar, Q1, Q2 dan Q3.

Tabel

1. Pengertian tabel 

Sumber : Petanikode.com

Tabel ialah sekumpulan data atau informasi yang disusun dengan klasifikasi menurut baris dan kolom.

2. Tujuan tabel

Tabel memiliki beberapa tujuan dalam penciptaannya, yaitu:

  • Bisa memberikan banyak informasi dengan ringkas.
  • Memudahkan pembaca untuk memahami bacaan.

3. Hal-Hal yang harus diperhatikan untuk menafsirkan tabel

Dalam menafsirkan tabel, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, antara lain:

  • Meneliti bagian-bagian tabel.
  • Membaca informasi yang ada di sekitar tabel.
  • Menyampaikan pertanyaan mengenai isi tabel.
  • Menafsirkan suatu angka-angka atau data.
  • Menghubungkan antar data dengan tabel.
  • Menarik kesimpulan.

Grafik, diagram, dan tabel merupakan suatu komponen penunjang berisi angka yang dapat membuat kita lebih memahami suatu hal karena dapat menjadi bukti penguat hasil perhitungan mengenai suatu hal. Penggunaan dari grafik, diagram, dan tabel ini sendiri juga tergolong sering untuk digunakan.

Sumber gambar utama : Didimax.co.id
Penulis : Prokonten

Baca juga Belajar Membaca Cepat yang Efektif