Greaters, tahukah kamu jika perubahan sosial membawa dampak yang luas terhadap kehidupan masyarakat. Perubahan sosial terjadi karena ada banyak faktor yang melatarbelakanginya. Pada umumnya, masyarakat secara luas akan berharap bahwa perubahan sosial akan membawa dampak positif bagi lingkungan. Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa perubahan sosial juga membawa kesenjangan sosial dalam masyarakat.

Ketika mendengar kesenjangan sosial yang merupakan akibat dari perubahan sosial, di benak kita akan berfikir bahwa kesenjangan sosial selalu berorientasi pada ekonomi, kaya dan miskin. Memang benar kesenjangan sosial itu bisa terjadi antara si kaya dan si miskin. Namun, tidak hanya itu, kesenjangan sosial juga meliputi kesenjangan budaya, sosial, politik dan yang lainya.

Wiliam Ogburn berpendapat bawah kesenjangan sosial adalah perubahan sosial yang melibatkan segala unsur masyarakat dan saling berhubungan satu sama lainnya. Hubungan ini dapat bersifat cepat ataupun lambat. Jika masyarakat melakukan keterlambatan dalam sisi positif perubahan sosial, maka masyarakat akan tertinggal dan berdampak pada kesenjangan sosial yang semakin nampak pada struktur sosial masyarakat. Dari sini kita tahu bahwa kesenjangan sosial dipengaruhi oleh perubahan sosial yang besar, di mana perubahan ini tidak menyeluruh menyentuk semua unsur masyarakat sehingga terjadilah ketimpangan dalam masyarakat. 

Bentuk Kesenjangan Sosial di Masyarakat

Adapun bentuk-bentuk kesenjangan sosial dan dampaknya yang terjadi akibat dari perubahan sosial yang terjadi tidak secara menyeluruh dan tidak menyentuk semua lapisan masyarakat.

Ekonomi 

Kesenjangan sosial yang dominan dalam masyarakat sering kali didasari pada faktor ekonomi. Faktor ekonomi seolah menjadi penentu utama status sosial individu dalam masyarakat, Masyarakat yang memiliki pendapatan ekonomi tinggi akan diberikan status sosial yang tinggi di masyarakat begitu pula sebaliknya, masyarakat dengan pendapatan ekonomi rendah akan mendapatkan status sosial yang biasa saja bahkan cenderung tidak dianggap.

Kondisi kesenjangan ekonomi akan membawa masyarakat terdorong mengejar ketertinggalan, baik dengan cara positif seperti melakukan wirausaha atau menempuh pendidikan lebih tinggi. Namun, yang patut dikhawatirkan dari kesenjangan ekonomi adalah masyarakat yang mengejar ketertinggalan dengan cara-cara melanggar hukum seperti pencurian, penipuan, ataupun dengan cara korupsi baik itu dari pihak swasta mapun negeri.

Budaya

Jenis kesenjangan sosial lainnya adalah sektor budaya. Sektor ini terjadi karena eksistensi antara budaya-budaya di seluruh dunia yang tidak setara. Budaya yang memiliki eksistensi baik dalam masyarakat akan mendapatkan sambutan dan penggemar dari masyarakat dengan mudah, sedangkan budaya yang kurang memiliki eksistensi akan mendapatkan penolakan dan ditinggalkan dalam masyarakat.

Contoh kasus dalam kesenjangan sosial jenis ini misalnya saja budaya K-Pop dari negeri gingseng Korea Selatan yang secara global mendorong masyarakat untuk mengikuti kebudayaannya. Dari proses tersebut, membawa dampak yang cukup besar, bahkan K-Pop merambah ke dunia internasional dan digemari banyak kalangan di seluruh dunia.

Psikologis

Bentuk kesenjangan sosial lain adalah psikologis yang menjadi salah satu elemen penting dalam hal ini. Psikologis dalam kesenjangan sosial berhubungan erat dengan perasaan seperti perasaan untuk cepat kaya, cepat mendapat pasangan, cepat mendapat anak, dan perasaan-perasaan lainnya. Perasaan cepat-cepat tesebut dapat menghasilkan dampak kesenjangan sosial psikologis, baik munculnya rasa stress, cemas, atau perasaan putus asa. Oleh karena itu, banyak para ahli atau psikolog berpendapat bahwa kesenjangan sosial yang dapat merugikan diri sendiri salah satunya adalah kesenjangan sosial pskologis.

Greaters, dari uraian di atas kita mendapatkan pengetahuan baru bahwa kesenjangan sosial tidak hanya pada urusan ekonomi antara si kaya dan si miskin. Namun, jauh lebih kompleks dan luas. Kesenjangan sosial dan dampaknya bisa diatasi jika terjadi hubungan yang erat antara pemerintah yang bertanggung jawab dan masyarakat yang mulai peduli pada lingkunganya serta menjauhi sikap individu yang acuh tak acuh terhadap perubahan sosial di masyarakat.

Bagaimana Greaters, apakah kamu mulai memahami pembahasan kesenjangan sosial? Nah, untuk mengasah pengetahuanmu terkait pembahasan ini kamu bisa mengerjakan latihan soal melalui fitur Exercise dari aplikasi GreatEdu. Di sana, ada ratusan plihan soal tentang materi pelajaran dan pembahasan kesenjangan sosial yang bisa kamu kerjakan.

Sumber gambar utama: Shutterstock

Baca juga Teknologi Komunikasi Membawa Perubahan pada Hubungan Individu dan Kelompok, Sosiologi Kelas 12