Hai Greaters, kali ini materi pelajara Fisika yang akan kita bahas adalah Fluida Statis. Nah, untuk kalian yang merasa bosan dengan materi pelajaran fisika karena rumit dan susah dipahami, yuk sama-sama kita bahas dijamin singkat dan cepat. Pengertian dari Fluida Statis adalah fenomena-fenomena seperti kenaikan besar tekanan air terhadap kedalamannya dan perubahan besar tekanan atmosfer terhadap ketinggian pengukuran dari permukaan laut.

Massa Jenis

Pengertian massa jenis adalah ukuran kerapatan suatu benda dan didefinisikan sebagai berat suatu benda dibagi dengan dengan volumenya. Semakin besar massa jenisnya, maka benda tersebut memiliki kerapatan yang besar. Contohnya, minyak akan selalu mengapung di atas permukaan air karena massa jenis minyak lebih kecil dari massa jenis air.


Rumusnya: 

Di mana:

ρ (dibaca rho) merupakan massa jenis suatu benda (kg/m3)

m merupakan massa benda (kg)

V merupakan volume benda (m^3)

Tekanan Hidrostatis

Ketika fluida dalam keadaan diam pada titik ke dalaman berapapun tidak dipengaruhi oleh berat air, luasan permukaan air, ataupun bentuk bejana air, berdasarkan luasan objek yang menerimanya atau kedalaman ukur. 

Rumusnya: 

Dimana:

ρ adalah berat jenis air (untuk air tawar, ρ = 1.000 kg/m3)

g adalah besar percepatan gravitasi (percepatan gravitasi di permukaan bumi sebesar g=9,8 m/s2)

h adalah titik kedalaman yang diukur dari permukaan air.

Tekanan mutlak merupakan tekanan total yang di alami benda atau objek yang berada didalam air. Tekanan mutlak merupakan tekanan sebenarnya, sehingga jika kita melakukan eksperimen dan mendapat data mengenai tekanan, maka perlu ditambah dengan tekanan atmosfer. Dinyatakan dengan rumus:

Dimana:

Patm merupakan tekanan atmosfer. 

Hukum Pascal

Tekanan didefinisikan sebagai gaya yang diberikan dibagi luasan yang menerima gaya tersebut. Menyatakan bahwa tekanan yang diberikan kepada fluida dalam ruang yang tertutup akan diteruskan sama besar ke segala arah.

Rumusnya: 

Dimana:

F merupakan besarnya gaya (Newton)

A merupakan luasan penampang (m2)

Formula hukum Pascal dalam sistem tertutup dapat disimpulkan dengan rumus:


Seperti yang sudah kita tahu bahwa tekanan adalah gaya dibagi besar luasan penampangnya, maka persamaan di atas dapat ditulis kembali sebagai berikut:

Sehingga: 

Dimana:

d1 merupakan diameter permukaan 1 dan d2 merupakan diameter permukaan 2.

Nah Greaters, itu tadi pembahasan dan beberapa rumus mengenai Fluida Statis. Bagaimana pembahasan kali ini? Pasti lebih singkat dan mudah dipahami, rumusnya pun mudah diingat. Jadi, gak ada alasan untuk malas belajar fisika ya apalagi materi Fluida Statis yang sudah di kita bahas bersama disini. Semoga bermanfaat!

Baca juga Mengenal Manfaat Medan Magnet dalam Kehidupan Sehari-hari, Fisika Kelas 12