Pendidikan adalah sebuah upaya untuk membimbing seorang peserta didik untuk mencapai kesadaran sosial yang lebih tinggi dari pada sebelum diri mereka mendapatkan pendidikan. Akan tetapi, justru kebanyakan pendidikan sekarang ini kerap membuat seorang peserta didik justru memiliki jarak dari kehidupan sosial mereka. Hal-hal demikian ini terjadi dikarenakan orientasi dari pendidikan yang diberikan kepada para peserta didik tidak lagi mengandung realitas sosial dalam kehidupan bermasyarakat.

Kasus semacam ini menyebabkan ketika seorang yang telah lepas dari dunia pendidikan formal bukannya menjadi peka terhadap lingkungan sosial mereka, namun justru menghilang daripada realitas sosial itu sendiri, oleh karena itulah diperlukan usaha untuk merubah dari arah orientasi pendidikan tersebut.

Pembahasan Mobilitas Sosial

Adapun pembahasannya:

Memahami Mobilitas Sosial dan Pendidikan

Pengertian dari pendidikan serta mobilitas sosial, pendidikan memiliki pengertian yang berasal dari pada bahasa Yunani yaitu pedagogi yang artinya menuntun kepada seorang anak, sedangkan mobilitas sosial adalah suatu gerakan dalam kehidupan sosial yang dapat berupa perpindahan golongan atau status dalam masyarakat yang dapat berupa peningkatan, penurunan, hanyar berpindah tanpa adanya peningkatan maupun penurunan.

Dalam hal ini mobilitas sosial dapat dilakukan melalui beberapa saluran, diantaranya melalui Angkatan bersenjata, Organisasi politik, lembaga keagamaan, organisasi ekonomi, dan lembaga pendidikan. Meski hanya lima saluran diatas yang dijelaskan namun sebenarnya masih banyak lagi saluran lain yang mempengaruhi mobilitas sosial. Pendidikan memainkan peran penting dalam proses mobilitas sosial untuk membentuk intelektual manusia, yang akan menjadi suatu pendorong terjadinya mobilitas sosial.

Hubungan Mobilitas Sosial dalam Pendidikan

Pendidikan dalam dunia terkadang dipandang sebagai sarana untuk mencapai kehidupan yang lebih baik dari pada sebelumnya. Pendidikan juga dipandang sebagai kesempatan untuk memperoleh status serta berpindah dari golongan satu kedalam golongan lainnya, karena orang yang berpendidikan cenderung lebih dipercayai oleh masyarakat. Pekerjaan akan sulit diperoleh jika seseorang tidak mampu membaca petunjuk ataupun menghitung, untuk menaiki tangga mobilitas sosial tanpa ijazah pendidikan yang tinggi jarang terjadi. Hal tersebut memunculkan prasangka bahwa tingginya pendidikan seseorang maka akan semakin besar mobilitas seseorang dari golongan rendah maupun menengah.

Baca juga Pengaruh Modernisasi dan Globalisasi terhadap Belajar Anak, Sosiologi Kelas 12

Usaha Pembaruan Pendidikan Menghadapi Mobilitas Sosial

Pendidikan formal dalam dunia kerja memiliki kemungkinan untuk lebih dipercayai sebagai dasar kenaikan status, pangkat, dan jabatan seseorang. Namun seiring perkembangan, kemampuan atau skill seseorang yang bersifat praktis lebih diutamakan dibandingkan dengan kepemilikan ijazah yang terkadang justru tidak sesuai dengan kemampuan individu. Hal semacam ini kemudian melahirkan lembaga pendidikan non formal yang mampu memberikan keterampilan praktis untuk kebutuhan dunia kerja yang berpengaruh untuk pencapaian status seorang individu.

Strategi untuk mengatasi perspektif baru mulai dirintis dengan tujuan untuk memecahkan masalah pendidikan yang belum tuntas. Dalam prosesnya ada dua peran yang harus diperhatikan dalam hal tersebut, di antaranya adalah:

  1. Pendidikan mampu mempengaruhi perubahan kondisi pada masyarakat.
  2. Pendidikan harus membawa pengaruh yang optimal untuk proses transformasi menuju masyarakat yang lebih baik.

Oleh karena itu, pendidikan benar – benar akan memiliki pengaruh terhadap perubahan kehidupan dan mampu memberikan sumbangan positif bagi kehidupan masyarakat secara masif, dengan tujuan untuk mencapai suatu transformasi ilmu pengetahuan serta keterampilan seseorang dalam dunia kerja atau bermasyarakat.

Jadi, mobilitas sosial adalah gerakan perpindahan struktur sosial atau perpindahan individu, kelompok maupun golongan dari kedudukan yang satu menjadi yang kedudukan yang lain. Untuk mencapai mobilitas sosial diperlukan pendidikan sebagai salah satu sarana yang penting, sebab itulah maka harus diupayakan untuk semua masyarakat memperoleh kesempatan mengenyam pendidikan yang merata.

Apakah penjelasan di atas sudah dapat kamu pahami Greaters? Jika belum, kamu bisa bertanya melalui fitur QnA Forum yang ada di GreatPedia. Temukan jawabanmu atas pembahasan yang belum kamu pahami di QnA Forum sekarang!

Sumber gambar utama: Shutterstock

Baca juga Peran Pendidikan Tinggi pada Mobilitas Sosial, Sosiologi Kelas 12