Hai greaters, tahukah kalian apa itu ceramah? Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia ceramah adalah pidato oleh seseorang dihadapan banyak pendengar mengenai suatu hal, pengetahuan, dan sebagainya. Seseorang yang menyampaikan ceramah biasanya disebut sebagai penceramah. Untuk berceramah di depan umum terlebih dahulu kita harus menulis materi atau topik apa yang akan kita bahas untuk menyampaikan ceramah yang baik.

Nah kira-kira, bagaimana ya membuat sebuah teks ceramah atau jika kamu diberi kesempatan untuk berceramah. Hal apa yang harus kamu persiapkan untuk menciptakan suasana ceramah nantinya akan membuat para pendengarnya tertarik. Berikut adalah tata cara mengonstruksi atau membuat sebuah teks ceramah yang baik dan bisa disampaikan kepada khalayak pendengar.

1. Menentukan Topik yang akan Dibahas

Pemilihan topik sebelum ceramah sangatlah penting untuk dilakukan. Hal ini bertujuan agar kita dapat fokus dan menguasai suatu tema atau pembahasan pada saat berceramah. Topik yang dibahas pada ceramah haruslah jelas dan terperinci agar pembahasan tidak melebar kemana-mana dan jauh dari pembahasan utamanya. Topik-topik yang biasanya dibahas dalam ceramah meliputi pembicaraan yang sedang hangat dibicarakan, pengalaman pribadi, masalah keagamaan, pelajaran sekolah, biografi tokoh terkenal, dan masih banyak yang lainnya.

2. Merumuskan Tujuan Ceramah

Setelah menentukan topik yang akan dibahas, kita juga harus merumuskan tujuan ceramah. Tujuan ceramah dibagi menjadi tiga yaitu:

  • Ceramah informatif
    Ceramah yang bertujuan untuk memberikan informasi kepada pendengar
  • Ceramah persuasif
    Ceramah ini cenderung mengajak para pendengarnya untuk sepakat mempercayai, menyetujui, bahkan mengikuti apa yang disampaikan penceramah
  • Ceramah rekreatif
    Lain halnya dengan ceramah yang satu ini, di mana ceramah ditujukan bagi para pendenger untuk merasa terhibur dengan isi ceramah.

Dalam menentukan tujuan ceramah harus menyesuaikan dari topik yang dibahas, dan memilih salah satu dari tujuan ceramah yang sudah dijelaskan di atas.

3. Membuat Kerangka Ceramah

Tahap berikutnya adalah membuat sebuah kerangka ceramah. Pada tahap ini yang harus diperhatikan saat membuat kerangka ceramah adalah memperhatikan struktur ceramah. Struktur yang meliputi pembuka, isi, dan penutup. Hal ini harus dipikirkan sebelum melakukan ceramah, kira-kira apa saja yang harus dibahas dalam ceramah tersebut.

4. Mengonstruksi Ceramah

Setelah kita membuat kerangka ceramah tahap selanjutnya adalah dengan mengonstruksi permasalahan yang akan dibahas dalam sebuah ceramah. Hal ini dapat dilakukan dengan cara mengembangkan kerangka ceramah menjadi naskah ceramah yang utuh dan lengkap. Maksud dari ceramah harus dijelaskan dengan jelas. Lalu buatlah ceramah dengan bahasa yang logis dan mudah dimengerti.

Nah Greaters, kamu bisa menerapkan langkah-langkah membuat sebuah topik atau bahan yang akan digunakan dalam sebuah ceramah guna mendapatkan ketertarikan dan manfaat dari pembahasan tersebut. Semoga bermanfaat!

Baca juga Yuk, Mengenal dan Belajar Drama, Bahasa Indonesia Kelas IX