Pendidikan merupakan hal terpenting bagi kemajuan bangsa karena salah satu faktor yang membuat negara maju itu bisa dinilai dari segi kualitas pendidikannya. Pendidikan yang maju juga didukung oleh kesadaran masyarakatnya, dalam hal ini peran pemuda dan pemudi yang mengenyam bangku pendidikan dan juga sebagai agen perubahan negara.

Untuk memajukan pendidikan bangsa, suatu negara bisa belajar dari negara-negara yang sudah memiliki sistem pendidikan maju. Nah, sebagai contoh, berikut 2 negara maju yang memiliki sistem pendidikan terbaik.

Finlandia


Sumber : Tribunnews

Greaters, pasti sering kan mendengar negara yang sering dikagumi dalam hal pendidikan nomor satu di dunia. Nah, Finlandia merupakan negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia. Dari segi biaya, pemerintah berperan penting dalam hal ini. Finlandia menerapkan banyak sekali waktu istirahat untuk muridnya, misalnya di setiap sesi itu 45 menit dan 15 menitnya untuk istirahat. Mengingat banyaknya manfaat tidur siang, murid di Finladia itu diwajibkan tidur siang oleh sekolahnya loh Greaters.

Dari segi guru, Finlandia menetapkan syarat gelar master terlebih dulu baru bisa menjadi guru. Tidak heran dengan gaya belajar produktif dan guru  berpengalaman akan menghasilkan murid yang berkualitas. Guru di sana juga hanya mengajar 5-4 jam perminggunya dan 2 jam untuk pengembangan profesi murid. Kurikulum di Finlandia dibuat sefleksibel mungkin da mengikuti kurikulum perkuliahan. Untuk anak SMP dan SMA boleh memilih mata pelajaran sesuai dengan minat serta kemampuan mereka sehingga lebih efektif, konsen, dan terasah.

Di Finlandia juga tidak terdapat sistem ranking 1, 2, dan 3 karena mereka menganggap setiap orang mempunyai potensi untuk bergerak maju. Mereka bisa berkompetisi secara baik dan bebas, dibimbing sebaik mungkin untuk saling mendukung serta bekerjasama sebagai bentuk kontribusi memajukan negara. Berkat sistem pendidikan terbaik, Finlandia mampu melahirkan nama-nama seperti Mika Hakkinen dan Kimi Räikkönen yang merupakan pembalap berprestasi Formula One.

Jepang


Sumber : Blog Airpaz

Kemajuan teknologi yang begitu pesat di Jepang, tidak luput dari dukungan pendidikan yang bagus. Jepang juga dikenal dengan negara yang bersih dan beretika. Negara ini juga mengedepankan pendidikan etika dan moral sebelum belajar ke materi yang lainya. Sejak kecil masyarakatnya diajarkan tata cara bersikap yang menghasilkan negara ini sangat tertib, disiplin, dan bersih.

Setiap sekolah di Jepang tidak memiliki petugas kebersihan, melainkan harus muridnya sendiri yang membersihkan sekolah dan kelas mereka. Keunikan di Jepang ialah murid harus belajar kaligrafi dan puisi. Sudah dipastikan Jepang merupakan negara yang masih memegang terus tradisi meskipun sudah modern. Hal ini mengapa puisi dan kaligrafi merupakan karya sastra yang bisa membuatmu cinta terhadap tanah kelahiran.

Nah Greaters, untuk menjadi negara yang maju, bukan hanya tugas pemerintah saja. Namun tugas kita semua sebagai satu kesatuan bangsa dan negara. Kamu bisa belajar sedikit hal-hal baik yang ada di negara maju dan menerapkannya sedikit demi sedikit.

Sumber :

1. Tanpa Nama. Pengertian Negara Maju dan Megara Berkembang. Artikel siana. 6-Mei-2019. http://www.artikelsiana.com/2014/08/pengertian-negara-maju-dan-negara.html
2. Wu, Suci. 10 Negara dengan Sistem Pendidikan Terbaik di Dunia. IDN Times. 6-Mei-2019. https://www.idntimes.com/life/education/suci-wu-1/negara-dengan-sistem-pendidikan-terbaik-di-dunia-c1c2
3. Jessica, Jelita. Mengintip sistem pendidikan di negara maju. Youth Manual. 6-Mei-2019.https://www.youthmanual.com/post/fun/you-have-to-see-this/mengintip-sistem-pendidikan-di-tiga-negara-maju-indonesia-bisa-tiru-nggak-ya
4. Sumber gambar utama : Diaryapipah


Penulis : Indri Stamou