Hai Greaters, kali ini kita akan membahas materi mengenai gerak dan gaya. Untuk lebih lengkapnya, simak baik-baik penjelasan berikut ini.

Pengertian Gerak

Gerak merupakan posisi suatu benda terhadap titik acuan. Titik acuan diartikan sebagai titik awal atau titik tempat pengamatan. Gerak itu bersifat relatif, kira-kira kenapa ya? Gerak dikatakan relatif karena gerak suatu benda tergantung pada titik acuannya. Bahkan benda yang bergerak bisa dikatakan tidak bergerak. Contohnya meja di bumi dikatakan tidak pernah bergerak oleh manusia. Tetapi jika matahari yang melihat, meja tersebut disebut bergerak bersama bumi mengelilingi matahari.

Jenis-Jenis Gerak

1. Berdasarkan lintasan

Berdasarkan lintasannya gerak dibagi menjadi tiga yaitu :

  • Garis lurus
    Garis lurus adalah gerak yang lintasannya berbentuk garis lurus.

  • Garis parabola

    Sumber : Wikihow.com
    Garis parabola adalah gerak yang lintasannya berbentuk seperti parabola.

  • Garis melingkar
    Garis melingkar adalah gerak yang lintasannya seperti suatu lingkaran.

2. Berdasarkan percepatan

Berdasarkan percepatannya gerak dibagi menjadi dua yaitu :

  • Gerak beraturan
    Gerak beraturan adalah gerak yang memiliki percepatan sama dengan nol (a=0) atau bisa disebut dengan gerak yang kecepatannya konstan.
  • Gerak berubah beraturan
    Gerak berubah beraturan adalah gerak yang memiliki percepatan konstan (a=konstan) atau bisa disebut dengan gerak yang kecepatannya berubah secara teratur.

Pengertian Gaya

Disadari atau tidak gerak dan gaya adalah kegiatan yang setiap hari kita lakukan. Ketika adanya sebuah gaya, maka suatu benda akan bergerak. Gaya merupakan suatu tarikan atau dorongan kerana adanya interaksi suatu artikel atau benda dengan partikel atau benda lainnya. Tarikan dan dorongan yang terjadi bisa menyebabkan suatu benda bergerak. Gaya menjadi suatu besaran vektor, sehingga pada operasi penambahan dan pengurangan gaya terjadi seperti sebagaimana penambahan dan pengurangan pada vektor.

Besar kecilnya suatu gaya dapat diukur dengan menggunakan alat seperti neraca pegas atau dinamometer. Sedangkan untuk satuan gaya dinyatakan dengan satuan newton. Besaran gaya yang diperlukan untuk menarik suatu benda ditunjukkan oleh jarum pada skala dinamometer.

Jenis-Jenis Gaya

Berikut adalah jenis-jenis dari gaya :

1. Gaya magnet

Sumber : En.wikipedia.org

Gaya magnet merupakan gaya yang dihasilkan oleh magnet. Magnet ini memiliki kekuatan untuk menarik, paku, jarum dan benda-benda lain yang terbuat dari besi dan baja. Magnet ini pertama kali ditemukan di kota magnesia.

2. Gaya normal

Gaya normal merupakan gaya yang memiliki arah sejajar terhadap sumbu suatu beban.

3. Gaya otot

Gaya otot merupakan kekuatan yang dihasilkan oleh otot manusia. Gaya otot ini sering dilakukan pada saat manusia mengangkat suatu beban dan berolahraga. Apabila kamu sering melakukan olahraga maka otot yang kamu miliki akan semakin besar dan juga kuat.

4. Gaya listrik 

Gaya listrik merupakan kekuatan yang dimiliki oleh benda-benda yang memiliki muatan listrik yang digunakan untuk menarik suatu benda di sekitarnya.

5. Gaya pegas

Gaya pegas merupakan kekuatan yang disebabkan oleh pegas atau karet yang diregangkan. Contohnya pada saat bermain ketapel, karet mampu mendorong batu (umpan) dengan cepat dan jauh.

6. Gaya gravitasi bumi

Gaya gravitasi bumi merupakan kekuatan yang dimiliki oleh bumi untuk menarik benda lain ke bawah. Contohnya melempar benda ke atas, kemudian benda tersebut akan turun kembali.

7. Gaya gesek

Sumber : Youtube.com

Gaya gesek merupakan kekuatan yang dimiliki akibat adanya dua benda yang saling bergesekkan.

Nah Greaters, itulah penjelasan materi mengenai gerak dan gayaNah Greaters, itulah beberapa cara mencari gagasan utama paragraf. Namun, jika kamu masih belum memahami secara jelas pembahasan tersebut dan membutuhkan pembimbing yang mampu menjelaskan materi lainnya, GreatPrivat bisa membantumu mewujudkannya. Layanan les privat berbasis aplikasi ini menyediakan pilihan tutor berkualitas dan berpengalaman di berbagai mata pelajaran dengan proses belajar yang menyenangkan. Yuk, pilih tutor les privat sesuai kebutuhanmu di GreatPrivat yang ada di aplikasi GreatEdu. Lebih pintar dengan GreatPrivat!

Sumber gambar utama : Thejakartapost.com
Penulis : Prokonten

Baca juga Belajar Materi Texts dalam Bahasa Inggris