Hai Greaters, ternyata dalam kehidupan kita sehari-hari magnet mempunyai peran yang dapat memudahkan kita untuk melakukan aktivitas lho. Penasaran apa saja kira-kira? Nah, sebelum itu kita bahas dulu apa yang dimaksud dengan magnet. Magnet atau magnit adalah suatu objek yang mempunyai suatu medan magnet yang dapat menarik benda lain. Beberapa benda bahkan tertarik lebih kuat dari yang lain yaitu bahan logam. Namun tidak semua logam mempunyai daya tarik yang sama terhadap magnet. Lalu, dalam ilmu fisika magnet juga sudah banyak diterapkan di kehidupan kita. Berikut contoh-contoh yang bisa ditemukan di antaranya:


Pengeras Suara

Pengeras suara atau loudspeaker merupakan kombinasi magnet permanen dan elektromagnetik. Mengubah energi listrik atau sinyal ke energi mekanik yang bisasa disebut suara. Elektromagnetik terdiri dari Kumparan yang disebut dengan voice coil untuk membangkitkan medan magnet dan berinteraksi dengan magnet permanen sehingga menggerakan cone speaker maju serta mundur sehingga menghasilkan suara yang bisa didengar.

Pintu Kulkas

Hal yang satu ini pastinya sangat sering kita jumpai khususnya di rumah. Di mana, sebuah magnet yang panjang diletakkan di dalam karet sepanjang pintu lemari es. Lemari es terbuat dari baja atau bahan lain yang dapat ditarik magnet, jadi magnet akan membuat pintu lemari es menutup dengan rapat ketika menutupnya. Pintu lemari es yang tertutup rapat dapat menjaga suhu di dalam tetap dingin sehingga makanan dan minuman di dalamnya tetap segar.

Dinamo Sepeda

Di dalam dinamo sepeda terdapat sebuah magnet yang dapat berputar dan sebuah kumparan tetap. Bila roda sepeda berputar, kepala dinamo akan ikut berputar, akibat perputaran kepala dinamo yang dihubungkan dengan magnet menyebabkan induksi elektromagnetik sehingga menghasilkan energi listrik.

Kartu Debit atau Kartu Kredit

Setiap orang pasti memiliki rekening di bank yang dilengkapi kartu debit sebagai alat pembayaran. Ternyata, kartu debit ini menggunakan bantuan magnet hingga dapat digunakan. Semua kartu ini memiliki jalur bermagnet pada sisi-sisinya. Jalur ini mengandung informasi yang dibutuhkan untuk menghubungi institusi keuangan pribadi dan menghubungkan dengan rekening bank.

Kompas

Kompas adalah alat penunjuk arah mata angin yang biasa digunakan oleh banyak orang khususnya pada daerah hutan dan pegunungan. Kompas dapat bekerja mengarahkan mata angin dengan bantuan kompas Di dalam kompas terdapat magnet berbentuk jarum yang selalu menunjukkan arah utara dan selatan. Sehingga dapat digunakan untuk menunjukkan arah mata angin.

Ujung obeng

Beberapa obeng juga menggunakan bantuan magnet. Di mana ujung obeng dibuat bermagnet agar sekrup yang akan dipasangkan menempel pada ujung obeng sehingga mudah pada proses penggunaannya seperti melepas dan memasangnya.


Nah, dari beberapa contoh penerapan medan magnet di atas, kira-kira yang mana nih yang kalian baru ketahui? Sebenarnya, masih ada banyak manfaat magnet untuk hidup kita yang sering kita pakai contohnya bel listrik, telepon listrik, atau sepeda listrik ada juga permainan yang menggunakan magnet contohnya bola magnet, balok magnet atau catur magnet. Bagaimana Greaters, semoga pembahasan kali ini menjawab penasaran kalian tentang magnet. Semoga membantu!

Baca juga Meneladani kehidupan para Rasul Allah, Pendidikan Agama Islam