Greaters, tahukah kamu jika teori psikologi perkembangan oleh Jean Piaget, selama ini telah menjadi rujukan utama kurikulum di semua tingkat Pendidikan. Mulai dari taman kanak-kanak sampai jenjang yang lebih tinggi lagi. Penjelasan kali kita akan membahas tentang konsep calistung yaitu kepanjangan dari membaca, menulis dan berhitung. Untuk lebih jelas, mari kita bahas apa itu calistung lebih dalam.

Ca, singkatan dari membaca adalah kegiatan mengucapkan huruf demi huruf yang disambung dan membentuk sebuah kata. Lis, asal kata menulis adalah gerakan tangan yang membentuk sebuah huruf atau angka. Tung, singkatan dari menghitung merupakan kegiatan mencari jumlah dengan melakukan penjumlahan, pengurangan, dan penambahan.


Sumber : Shutterstock

Membaca merupakan kegiatan yang ditujukan untuk melatih bahasa karena menggunakan ucapan sedangkan menulis merupakan kegiatan untuk melatih motorik halus karena  menggunakan tangan. Hal ini membuktikan bahwa kegiatan membaca dan menulis seolah menjadi dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Sedangkan menghitung adalah tambahan untuk melengkapi proses membaca dan menulis.

Secara umum pembelajaran calistung dilarang untuk diajarkan pada anak usia dini seperti usia di bawah 7 tahun. Akan  tetapi, hal ini tidak sejalan dengan prioritas sekolah dengan alasan sekolah dasar menuntut setiap anak yang akan memasuki jenjang itu harus sudah bisa membaca, menulis dan berhitung . Pada akhirnya, permasalahan ini dibebankan pendidik pra sekolah atau TK untuk mengajarkan anak-anak calistung.

Piaget beranggapan bahwa pada usia di bawah 7 tahun, seorang anak belum mencapai tahap perkembangan operasional konkret, di mana tahap ini adalah tahap anak-anak sudah bisa berfikir secara terstruktur. Walaupun sebenarnya rata-rata anak usia di bawah 7 tahun masih dalam tahap praoperasional. Hal ini membuat mereka masih belum bisa berfikir secara nyata dan terstruktur. Jadi karena membaca, menulis dan berhitung merupakan kegiatan yang secara nyata serta terstruktur, hal ini jelas tidak cocok jika diajarkan pada anak usia di bawah 7 tahun.

Topik pelajaran bukanlah persoalan yang akan menghambat seseorang memperoleh ilmu. Syaratnya adalah dengan mengubah cara belajar yang disesuaikan dengan gaya belajar dan usia belajar, sehingga akan terasa menyenangkan dan membangkitkan rasa ingin tahu yang tinggi, lalu pada akhirnya meningkatkan minat untuk terus belajar.

Belajar membaca, menulis dan berhitung merupakan hal dasar yang biasa diajarkan pada anak-anak, persoalannya hanya pada bagaimana seorang guru membangun atau membuat cara untuk mempelajarinya sehingga anak-anak menganggap bahwa kegiatan tersebut menyenangkan layaknya permainan dan membuat anak tidak merasa bosan.

Lalu, bagaimana dengan konsep yang salah?


Sumber : Shutterstock

Tidak seharusnya kita saling merasa mana yang salah dan mana yang benar. Tugas kita sebagai seorang pendidik adalah mencari solusi bagaimana mengajarkan membaca, menulis dan berhitung pada anak usia dini dengan tidak membebankan pikirannya sama sekali. Menciptakan metode sederhana akan lebih memudahkan anak dalam memahami sesuatu yang diajarkan seperti memasang poster-poster huruf-huruf dengan warna yang menarik di dinding ruang kelas. Hal ini akan membuat rasa penasaran atau keingin tahuan anak.

Metode sederhana ini secara tidak langsung akan membuat anak melihat, mengingat dan mulai membacanya setiap hari. Setiap satu sampai dua minggu sekali guru bisa menggantinya dengan gambar-gambar yang menggunakan kata-kata baru sebagai proses melatih kemampuan anak hingga bisa mengingat, mengetahui, dan memahami apa yang mereka pelajari.

Lewat kegiatan sederhana yang terus menerus diulang-ulang setiap hari, semakin lama anak-anak akan mengalami kemanjuan yang sangat pesat. Tanpa kita sadari anak-anak akan bisa membaca dan menulis dengan sendirinya tanpa membebani fikiran mereka.

Oleh karena itu, sebagai orang tua, lebih baik mencari solusi bagaimana cara mengajarkan calistung kepada anak daripada kita menyalahkan metode belajar calistung.

Sumber gambar utama: 

Baca juga Sudah Siap Lulus Ujian ini Tips dan Triknya