Halo Greaters, kamu pasti pernah mendapatkan ucapan selamat dari seseorang, baik itu karena kamu menjadi pemenang lomba, mendapatkan nilai bagus, atau menjadi juara kelas. Hal yang akan didapatkan jika kamu atau mungkin orang lain mengalami pencapaian tersebut yaitu ucapan selamat. Di dalam bahasa Inggris, untuk memberi dan merespon ucapan selamat kepada orang-orang terdekat bisa dengan menggunakan expression of congratulation. Untuk mengetahui lebih jelasnya mengenai expression of congratulation, penjelasan berikut ini bisa menjadi pelajaran.

Expression of Congratulation 

Expression of congratulation adalah ucapan atau ungkapan kepada seseorang yang sedang mendapatkan atau mengalami sesuatu berkaitan dengan kebanggan dan kebahagiaan. Dalam hal ini tidak terbatas pada mendapatkan jabatan, atau barang baru saja, namun juga termasuk saat seseorang sedang merayakan sesuatu. Berikut ini adalah jenis ekspresi yang biasa digunakan untuk memberikan selamat kepada orang lain baik dalam keadaan formal atau informal:

  • Happy birthday!
  • Congatulation! (informal)
  • Congratulation on your ……….. (diisi dengan khal yang sesuai)
  • You have done a fantastic job! (informal)
  • Well done, congratulation on you (informal)
  • I would be the first to congratulate you on your...(formal)
  • I'd like to congratulate you on your...(formal)
  • Please accept my warmest congratulation on your... (formal)

Tanggapan atau Respon Expression of Congratulation

Ketika kamu mendapatkan ucapan selamat dari orang lain dan kamu ingin meresponnya, kamu bisa menggunakan ekspresi berikut ini:

  • Thank you very much
  • Thanks, I hope you'd be the next
  • It’s very kind of you to say so.
  • Oh, it's not special actually
  • Thank you very much for saying it.

Setelah mempelajari berbagai hal mengenai expression of congratulation dan juga responnya, berikutnya adalah mengenai cara pengaplikasiannya ke dalam sebuah percakapan. Berikut ini contohnya:

Dialog 1

Anita : Happy birthday, Lani. May Allah always bless you in every condition. Selamat ulang tahun Lani. Semoga Allah selalu memberkahimu dalam segala keadaan.

Lani : Thank you very much, Anita.

Anita : Do you get many gift today? Apakah kamu mendapatkan banyak hadiah hari ini?

Lani : Not really. You are the earliest me who congratulates me. Tidak juga. Kamu yang pertama kali memberikan selamat kepadaku.

Anita : Oh really? This is a little gift for you. I hope you like it. Benarkah? Ini ada hadiah untukmu. Semoga kamu suka.

Lani : Thank you very much. You are really my best friend. Terimakasih banyak. Kamu memang sahabat terbaikku.

Dialog 2

Andini : Hello Dina, how are you? Hai Dina, apa kabar.

Dina : I am fine, thanks. And how about you. Saya baik-baik saja. Terimakasih dan bagaimana denganmu?

Andini : I am fine too, thank you. oh ya,, I hear that you have married with Aidan, is it right? Saya juga baik-baik saja, terimakasih. Oh ya,,, aku dengar kamu telah menikah dengan Aldo, apakah itu benar?

Dina : Of course yes. Tentu saja iya

Andini : wow! I congratulate on your wedding! Wow, selamat atas pernikahanmu

Dini : thank you so much Andini. Terimakasih banyak Andini)

Nah Greaters, penjelasan tadi bisa kamu pahami dan praktikkan ketika akan berlatih bicara dalam bahasa Inggris. Namun, untuk melatih pengetahuanmu tentang pembahasan ini silakan kunjungi fitur Exercise yang di aplikasi GreatEdu. Temukan ratusan latihan soal yang bisa kamu kerjakan langsung melalui smartphone

Sumber gambar utama: Shutterstock

Baca juga Mengenal Istilah Expression of Complimenting dan Cara Penggunaannya, Bahasa Inggris Kelas 12