Hai Greaters, pada artikel sebelumnya kita sudah membahas mengenai cara untuk mengungkapkan suatu harapan yang kemungkinan bisa terwujud di masa lampau, sekarang, atau pun di masa yang akan datang. Sedangkan pada kesempatan kali ini, kita akan bahas mengenai bagaimana caranya untuk menyatakan sebuah harapan yang kemungkinan tidak bisa terwujud baik di masa lampau, sekarang, ataupun di masa yang akan datang.

Kalian pasti punya kan harapan seperti itu Greaters. Untuk mengetahui bagaimana cara mengungkapkannya dalam bahasa Inggris, kita simak penjelasan berikut ini.

Expressing Wishes

Expressing wishes adalah sebuah ungkapan yang digunakan untuk menyatakan sebuah harapan atau keinginan yang tidak mengkin terjadi (keinginan yang tidak sesuai atau berlawanan dengan kenyataan yang ada) pada masa lampau, masa sekarang, ataupun di masa yang akan datang. Wish digunakan untuk mengungkapkan sebuah pengandaian atau apa yang di inginkan dalam kalimat bahasa Inggris, meskipun terlihat sebagai bentuk verb atau kata kerja yang sederhana, namun wish memiliki aturan dalam menggunakannya,

Wish termasuk dalam subjunctive yang merupakan kata kerja digunakan untuk menyatakan sebuah pengharapan atau pengandaian akan suatu hal yang ternyata sangat berbeda dengan kenyataan.

Present Wish

Present wish digunakan untuk menyatakan sebuah harapan yang tidak mungkin terwujud pada masa sekarang. Kita bisa menggunakan rumus berikut ini untuk membentuk kalimatnya.

Subject + wish + subject (another / same) + past simple / past continuous

Contoh kalimat

I wish my mother came to my birthday party. Saya berharap ibuku datang ke pesta ulang tahunku.

Dalam pernyataan tersebut tersirat makna pada kenyataanya, ibuku tidak datang di pesta ulang tahunku.

Past Wish

Past wish digunakan untuk menyatakan suatu keinginan yang tidak mungkin terjadi pada waktu lampau. Kita bisa menggunakan rumus berikut ini

Subject + wish + subject (another / same) + past perfect (had + past participle of the verb

Contoh kalimat

I wish I had met my mother before she passed a way. Saya berharap dapat berjumpa dengan ibu saya sebelum beliau meninggal dunia.

Pada kenyataannya, saya tidak bertemu dengan ibu saya sebelum beliau meninggal dunia.

Future Wish

Future wish digunakan untuk menyatakan keinginan untuk melakukan suatu hal yang berbeda. Untuk membentuk kalimatnya, kita bisa menggunakan rumus berikut ini

Subject + wish+ subject (another / same) + would + verb stem (infinitive without « to »)

Contoh kalimat

My parents wishes that I would come home. Orang tuaku berharap aku akan pulang

Pada kenyataannya, aku tidak pulang.

Contoh Percakapan Expressing Wishes

naufal : It makes me so sad, because my friend Andika got the accident. (Ini membuatku sangat sedih, karena temanku Andika kecelakaan)

Rara : Wish he got better soon. (Berharap dia akan segera sembuh)

Naufal : He is being hospitalized. (Dia sedang dirawat di rumah sakit)

Nah itu dia penjelasan mengenai expressing wishes  dalam bahasa Inggris Greaters. Jangan lupa untuk mengunjungi fitur Exercise di aplikasi GreatEdu untuk mengerjakan latihan soal mengenai pembahasan ini. Semoga bermanfaat Greaters!

Sumber gambar utama: Shutterstock

Baca juga Memahami Perubahan Sosial Demi Masyarakat yang Demokratis, Sosiologi Kelas 12