Halo Greaters, kamu pasti memiliki harapan atau keinginan yang ingin dicapai di masa depan. Selain itu, keinginan di masa lampau pastinya ingin diwujudkan saat ini. Nah, apakah kamu tahu cara mengungkapkan itu semua dalam menggunakan bahasa Inggris? Pada kesempatan ini kita akan membahas ekspresi menginginkan sebuah harapan yang diungkapkan dalam bahasa Inggris. Ungkapan ini disebut dengan expressing hopes. Untuk lebih memahami tentang expressing hopes, berikut ini akan dijelaskan pembahasannya serta contoh penggunaanya.

Expressing Hopes

Expressing hopes merupakan sebuah ekspresi yang digunakan untuk menyatakan sebuah harapan atau suatu harapan yang kemungkinan bisa terjadi dan terwujud di masa mendatang serta harapan di masa lampau yang dapat terwujud. Untuk membentuk kalimatnya, kalian bisa menggunakan rumus berikut ini:

Hope + Object/No Object

Maknanya adalah penggunaan kata hope itu bisa sebagai transitive atau dalam penggunaannya selalu diikuti dengan direct object atau intransive atau dalam penggunaannya selalu tidak diikuti direct object.

Kata hope sendiri bisa berbentuk kata kerja pertama atau bare infinitive, kata kerja bentuk kedua atau past tense, kata kerja ketiga atau past participle, dan kalimat yang menyertainya (setelah kata hope) bisa berbentuk berbagai macam tense menyesuaikan dengan pengertian kalimat tersebut. Sebagai transitive verb, hope dapat diikuti to infinitive (to+verb 1) atau that-clause (noun clause (kata benda yang berbentuk klausa)) sebagai object langsungnya.

Penggunaan kata kerja hope bersama dengan infinitive dimaksudkan untuk menyatakan sebuah harapan dan niat untuk melakukan sesuatu dalam mewujudkannya di masa depan. Harapan tersebut mungkin dapat terwujud atau dapat dilakukan. Sementara itu, penggunaan hope + that-clause ketika ada subject baru (bukan subject utama) yang ingin disebutkan (subject baru tersebut berada di dalam that-clause). Connector (kata penghubung) “that” pada that-clause tersebut dapat dihilangkan, sehingga hanya menyisakan subject dan predicate-nya. That-clause tersebut sering menggunakan bentuk present verb form (simple present tense) meskipun ada time reference atau keterangan waktu di masa depan meliputi next week, tomorrow, next month, dan lain sebagainya.

Contoh Kalimat dari Expressing Hopes

Contoh penggunaan kata Hope + Object.

I hope that my mother gives me much money, saya harap ibu saya memberikan banyak uang.

Penggunaan klausa my mother gives me much money adalah contoh dari kalimat yang berbentuk simple present tense di mana kejadian ini diharapakan dapat terjadi di masa sekarang atau yang akan datang.

Aidan hoped that yesterday his shoes returned, Aidan berharap sepatunya kembali kemarin.

Penggunaan klausa “yesterday her shoes returned” merupakan contoh kalimat yang berbentuk the simple past tense di mana kejadian ini diharapakan terjadi pada masa lampau.

Contoh penggunaan kata Hope + To Infinitive

I hope to get a job as soon as possible, saya berharap untuk mendapatkan pekerjaan sesegera mungkin

Contoh percakapan yang menggunakan kata hope

Farah : Hi Annisa, how are you? Long time no see, my old firend, Hai Annisa, apa kabar? Lama tak jumpa, teman lamaku.

Annisa : I get a little problem with my stomach, Saya punya sedikit masalah dengan perut.

Farah : Oh, i see. Have you seen the doctor? Oh ya, apakah kamu sudah memeriksakannya ke dokter?

Annisa : Yes, and it is getting better, Ya, dan ini sudah lebih baik.

Farah : Oh Great, I Hope you will get better soon. Bagus, saya harap kamu segera sembuh.

Annisa : I hope so. Thanks. Saya harap juga demikian. Terimakasih

Nah Greaters, itu tadi penjelasan mengenai expressing hopes. Jangan lupa untuk mengasah pengetahuan tentang penjelasan di atas melalui latihan soal yang ada di fitur Exercise. Kunjungi aplikasi GreatEdu untuk mengerjakan latihan-latihan soal tentang pembahasan ini Greaters!

Sumber gambar utama: Shutterstock

Baca juga Pahami Kesenjangan Sosial dalam Masyarakat, Sosiologi Kelas 12