Greaters, pernahkah kalian mengakses Google cendekia atau Google scholar? Dalam menulis tulisan ilmiah, tentunya kita menggunakan sumber referensi sebagai acuannya. Untuk mendapatkan sumber referensi yang terpercaya, kamu bisa memanfaatkan Google cendekia. Google cendekia (bahasa Inggris : Google Scholar) layanan yang disediakan oleh Google dengan maksud memudahkan user untuk melakukan pencarian terhadap materi-materi pelajaran, jurnal ilmiah, buku, dan lainnya yang berupa teks dalam berbagai format publikasi. Keberadaan Google cendekia ini sangat berguna bagi palajar, mahasiswa, peneliti atau akademisi lainnya dalam mencari bahan bacaan dan referensi. Google Scholar dapat diakses dengan url www.scholar.google.com.

Perbedaan Google Scholar dengan Google yang paling utama terletak pada filter pencariannya. Google adalah mesin pencari yang akan menampilkan semua hal di internet yang berkaitan dengan kata kunci yang diinput oleh user. Sedangkan Google Scholar hanya akan menampilkan hal yang berhubungan dengan materi ilmiah. Google cendekia tidak akan menampilkan hasil pencarian seperti video, blog pribadi, iklan dan masih banyak lainnya.


Sumber : Google

Google cendekia diluncurkan pada tahun 2004. Bermula dari diskusi antara Alex Verstak dan Anurag Acharya, kemudian dikembangkan dengan pembangunan web indeks utama Google. Pada tahun 2006, ditambahkan fitur pada Google cendekia. Fitur-fitur tersebut adalah import kutipan dan manajemen kepustakaan. Tentu tidak sampai disitu saja, google terus mengembangkan google cendekia hingga yang terbaru yang dapat kita akses melalui scholar.google.com dan masih akan terus dikembangkan lagi mengikuti perkembangan zaman.

Ketika membuka halaman Google Scholar, akan ada catch phrase yang ditampilkan di halaman utamanya yaitu "Berdiri di bahu raksaksa"(dalam bahasa Indonesia). Frasa itu merupakan terjemahan harfiah dari kalimat "Nanos Gigantum Humeris Insidentes". Kalimat itu ditulis oleh Bernard of Chartes di abad 12. Issac Newton menggunakan kalimat itu dalam suratnya kepada Robert Hooke dalam bahasa Inggris. Kalimat lengkap di surat tersebut adalah “If I have seen further, it is by standing on the shoulders of giants”. Makna dari kalimat tersebut adalah kita sebenarnya hanyalah orang kecil yang bisa mengetahui banyak hal karena pendahulu kita yang merupakan orang-orang besar dan hebat. Google cendekia menggunakan kalimat itu karena sesuai dengan nilai fungsionalnya yaitu menyediakan sumber literasi dari penelitian yang sudah ada untuk penelitian selanjutnya.

Google cendekia mempunyai kelebihan di antaranya: memberikan cara mudah untuk mencari sumber literatur akademis secara luas, membantu mengidentifikasi penelitian yang relevan dari seluruh penelitian akademis, dan membantu penyusunan artikel seperti yang dilakukan peneliti. Keberadaan google cendekia sangat membantu peneliti dan akademisi untuk mendapatkan sumber literasi yang mendukung penelitian. Penelitian yang terbaru dan paling relevan dari kata kunci yang dimasukkan akan ditampilkan di halaman pertama. Selain itu banyak fitur yang dapat dimanfaatkan user saat mengakses Google cendekia. 

Berikut merupakan tips ketika mencari literatur dari google cendekia:

  1. Manfaatkan fitur perpustakaan pribadi.
    Artikel hasil pencarian di Google cendekia dapat kita simpan di perpustakaan pribadi. Caranya dengan klik tombol bintang dibawah hasil pencarian. Fitur ini membantu pengguna untuk menage literature yang ingin dipelajari.
  2. Menggunakan Alert
    Fitur ini berguna untuk memberikan notifikasi ketika ada hasil pencarian baru terkait kata kunci yang dimasukkan. Fitur seperti ini tentu membantu pengguna yang sedang mengikuti tren sebuah penelitian.
  3. Mencari Artikel terkait
    Ini adalah fitur untuk menemukan artikel yang terkait dengan judul artikel yang terkait dengan artikel yang kita baca.|
  4. Mengutip tulisan dengan cepat
    Google cendekia dapat membantu kita untuk membuat daftar pustaka. Cara menggunakan fitur ini adalah dengan klik icon tanda kutip yang ada di bawah berada di bawah artikel.

Nah Greaters, pastinya banyak sekali manfaat dan keunggulan Google cendekia yang bisa kita manfaatkan. Buat kamu yang mau menulis tulisan ilmiah, bagus banget untuk menggunakan Google cendekia. Selamat belajar dan mencoba.

Baca juga Belajar Materi Gerak Melingkar Beraturan di Bidang Fisika