Hai Greaters, tahukah kamu jika Bahasa Arab itu saat ini menjadi salah satu Bahasa Internasional? Nah untuk lebih jelasnya, mari kita bahas lebih dalam. Bahasa Arab merupakan salah satu bahasa asing yang banyak penuturnya di dunia, terutama untuk wilayah Negara bagian Timur Tengah. Meningkatnya penutur Bahasa Arab, pada tahun 1973 Bahasa Arab resmi menjadi salah satu bahasa internasional.

Saat ini, Bahasa Arab tidak hanya masyhur di kalangan pesantren saja, namun dalam kehidupan sehari-hari telah banyak orang yang menggunakan Bahasa Arab. Bahkan tidak hanya orang muslim saja, orang-orang nonmuslim pun juga sudah banyak yang mempelajari bahasa tersebut. Bahasa Arab digunakan mulai dari kehidupan sehari-hari hingga urusan yang cukup besar seperti politik, sosial, budaya, dan lain-lain.


Sumber : Shutterstock

Di Indonesia sendiri telah banyak pesantren maupun sekolah yang menerapkan Bahasa Arab dalam kehidupan sehari-hari. Meski Bahasa Arab merupakan salah satu bahasa yang sulit, namun mereka tetap semangat dalam mempelajarinya. Hal ini dapat dibuktikan juga melalui pembelajaran Bahasa Arab saat ini, telah banyak universitas di Indonesia yang membuka jurusan bahasa maupun sastra arab baik di kalangan universitas islam maupun umum.

Lembaga-lembaga di Indonesia tersebut juga telah banyak melakukan kerjasama dengan negara-negara yang penuturnya asli bahasa Arab seperti Sudan, Arab Saudi, dan negara-negara lainnya. Ada beberapa alasan yang mendorong kita untuk belajar bahasa Arab terutama bagi kita yang muslim, di antaranya :

  1. Bahasa Arab adalah bahasa Al-Quran, kita sebagai umat muslim wajib untuk memahami isi Al-Qur'an karena bagi umat islam Al-Qur'an adalah pedoman hidup bagi manusia di dunia, namun bagaimana kita dapat memahami Al-Qur’an apabila kita tidak mengetahui artinya.
  2. Bahasa Arab adalah bahasa yang digunakan oleh nabi Muhammad SAW dalam menyampaikan hadist-hadistnya, melainkan kitab-kitab fikih yang disampaikan juga menggunakan Bahasa Arab. jadi memahami Bahasa Arab adalah p[intu gerbang untuk memahaminya.
  3. Bahasa Arab telah diakui oleh berbagai negara di dunia sebagai bahasa internasional yang dapat digunakan dalam berbagai urusan yang melibatkan antarnegara.
  4. Bahasa Arab menjadi salah satu sumber ilmu pengetahuan yang dapat meningkatkan daya pikir manusia. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya ilmuan-ilmuan muslim pada zaman dahulu yang memiliki banyak karya.
  5. Bahasa Arab memiliki aturan bahasa yang sangat kompleks. Setiap unsur di dalamnya dijelaskan dengan jelas dan gamblang.

Nah Greaters, uraian di atas merupakan sedikit dari banyaknya alasan mengapa kita sebaiknya belajar bahasa Arab. Selain itu, dengan kemampuan bahasa Arab yang kita miliki tentu juga akan membantu kita dalam menambah teman atau relasi dengan orang lain. Dengan relasi yang luas itulah akan menambah ilmu kita dan memperluas wawasan kita. Oleh karena itu, marilah kita senantiasa belajar yang salah satunya dengan belajar bahasa asing yang satu ini apalagi bahasa yang telah menjadi bahasa internasional di dunia.

Sumber gambar utama: Shutterstock

Baca juga Mengenal 3 Tipe Proses Belajar Seseorang dengan Ciri-Cirinya