Hai Greaters! Kali ini kita akan membahas mengenai salah satu materi dalam mata pelajaran ekonomi yaitu, badan usaha. Jika kalian pernah menjumpai perusahaan terkenal seperti PT. Pertamina, atau perusahaan lainnya, kemudian pedagang-pedagang yang memiliki toko, maka semua yang kalian lihat itu merupakan wujud dari suatu badan usaha. Lalu, bagaimana definisi dari badan usaha dan apa saja jenisnya? Berikut ini merupakan ulasan selengkapnya.

Pengertian Badan Usaha

Badan usaha merupakan suatu organisasi yang memiliki tujuan untuk memperoleh keuntungan atau laba dan memberikan layanan kepada masyarakat. Adapun pengertian lain mengenai badan usaha adalah kesatuan teknis, yuridis, dan ekonomis yang memiliki tujuan untuk mencari keuntungan atau laba.

Syarat Badan Usaha

Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi apabila ingin mendirikan suatu badan usaha, seperti :

  • Adanya produk dan juga jasa yang akan dijual atau diperdagangkan.

  • Adanya cara pemasaran suatu produk dan jasa yang  diperdagangkan.

  • Adanya penentuan tentang harga pokok dan harga jual pada suatu produk dan jasa.

  • Membutuhkan tenaga kerja.

  • Adanya organisasi internal.

  • Memilih jenis dari badan usaha itu sendiri.

Faktor Badan Usaha

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi dalam memilih jenis badan usaha. Berikut adalah faktor-faktornya :

  • Memiliki tipe usaha seperti industri, perdagangan, perkebunan dan sebagainya.

  • Jangkauan pemasaran yang ingin dicapai begitu luas.

  • Adanya Modal yang digunakan untuk membuka usaha.

  • Adanya sistem pengawasan yang sudah dikehendaki.

  • Siap menghadapi segala resiko yang nantinya terjadi.

  • Adanya jangka waktu izin operasional yang diberikan pemerintah.

  • Adanya keuntungan yang direncanakan.

Jenis-Jenis Badan Usaha

1. BUMN (Badan Usaha Milik Negara)

Badan usaha milik negara ini adalah badan usaha yang seluruh atau sebagian modalnya dimiliki oleh pemerintah. Status pegawai yang bekerja di BUMN adalah pegawai negeri. BUMN ini dibagi menjadi 3 macam yaitu: 

a. Perjan

Sumber : Wartanasional.com

BUMN yang satu ini berorientasi pada pelayanan masyarakat. Semua modal yang ada di Perjan dimiliki oleh pemerintah. Sayangnya saat ini tidak ada lagi perusahaan BUMN yang memakai model Perjan. Penyebabnya adalah terlalu sering mengalami kerugian dan biaya yang digunakan untuk memelihara Perjan cukup besar. Contoh Perjan seperti PJKA yang sekarang berganti menjadi PT. KAI.

b. Perum

Perum merupakan Perjan yang sudah dirubah. Sama halnya dengan Perjan pegawai yang bekerja di Perum status pegawainya disebut dengan pegawai negeri. Sama halnya dengaan Perjan, perum juga masih mengalami kerugian. Karena sering mengalami kerugian pada akhirnya pemerintah menjual sebagian modalnya kepada publik dan statusnya kemudian berubah menjadi Persero.

c. Persero

Berbeda dengan kedua BUMN sebelumnya, Persero ini bertujuan untuk mendapatkan keuntungan dan memberikan pelayanan kepada masyarakat sehingga Persero tidak  mengalami kerugian. Pimpinan dari Persero disebut dengan Direksi, sedangkan pegawai yang bekerja disebut dengan pegawai swasta. Sedangkan, biaya untuk mendirikan Persero berasal dari kekayaan negara tetapi tidak mendapatkan fasilitas dari negara. Contohnya PT. BNI, PT. BRI, PT Jasa raharja dan sebagainya.

2. BUMS (Badan Usaha Milik Swasta)

BUMS adalah badan usaha yang dimodali oleh individu atau kelompok swasta. Macam-macam BUMS adalah sebagai berikut.

a. Firma (Fa)

Sumber : Klikpajak.id

Firma adalah badan usaha yang didirikan oleh dua orang atau lebih dan anggotanya memiliki tanggung jawab terhadap perusahaan. Sebelum mendirikan firma ini harus membuat perjanjian akta notaris.

b. CV (Commanditaire Vennootschap) atau Persekutuan Komanditer

CV adalah badan usaha yang juga didirikan oleh 2 orang atau lebih. Dimana sebagian dari anggotanya merupakan sekutu aktif dan sebagian sekutu pasif.

c. PT (Perseroan Terbatas)

Sumber : Ptsuparmatbk.com

PT adalah badan usaha yang modalnya berisi atas saham-saham dan bertanggung jawab kepada perusahaan. Pemiliknya hanya sebesar saham yang dimilikinya.

Dari informasi yang telah dijelaskan diatas maka dapat disimpulkan jika badan usaha merupakan suatu organisasi yang memang memiliki tujuan untuk mencari keuntungan atau laba. Nah Greaters, semoga setelah membaca informasi ini kamu bisa semakin paham ya dengan badan usaha beserta jenis-jenisnya, ya!

Sumber gambar utama : Tokokebab.com
Penulis : Prokonten

Baca juga Corak Kehidupan Masyarakat Praaksara dan Tipologi Hasil Budaya Praaksara