Greaters, tahukah kamu apa itu infused water? Kali ini kita akan membahas tentang infused water dan manfaatnya bagi tubuh. Bagi kamu yang suka hidup sehat dengan mengonsumsi asupan tepat, bisa mencoba infused water. Apa sih infused water itu? Infused water adalah air rendaman dari buah, sayur atau rimpang yang direndam dan dibiarkan selama 6 hingga 8 jam. Proses perendaman ini menyebabkan nutrisi dalam bahan-bahan seperti buah, sayur atau rimpang terekstraksi dan larut dalam air. Proses ini membuat air rendamannya mengandung berbagai nutrisi sesuai dengan bahan yang direndam. Mengingat infused water bersifat cairan, tentunya sangat mudah diserap oleh tubuh sehingga banyak sekali manfaat yang diperoleh tubuh kita jika mengonsumsi infused water secara rutin.


Sumber : Tribunnews

Nah, berikut manfaat yang ada pada infused water ketika kamu mengonsumsinya.

  1. Membantu proses penurunan berat badan
  2. Mengurangi dan mencegah penuaan pada kulit
  3. Menjadi detoks atau membuang racun di dalam tubuh
  4. Sebagai pengganti air putih pada proses hidrasi tubuh
  5. Menjadi alternatif ketika mengonsumsi berbagai vitamin
  6. Melancarkan sistem pencernaan pada tubuh

Bagi kamu yang mulai tertarik untuk mencoba infused water, tapi masih bingung bagaimana membuatnya, kamu bisa mengikuti cara berikut beserta buah-buah atau sayur-sayuran yang bisa digunakan untuk membuatnya.

  1. Pilih bahan yang akan dijadikan infused water, bisa buah, sayur, rimpang dan masih banyak lainnya
  2. Kupas bahan jika perlu dikupas, namun kebanyakan bahan tidak perlu dikupas kecuali jika kulitnya kotor dan tidak bisa dicuci
  3. Iris tipis bahan. Semakin lebar permukaan yang terbuka semakin baik karena akan mengoptimalkan proses difusi.
  4. Taruh dalam gelas atau tempat sejenisnya sebanyak sepertiga wadah.
  5. Rendam dengan air hingga penuh.

Untuk bahan yang digunakan ada beberapa kombinasi nikmat dan kaya manfaat yang bisa Greaters coba, di antaranya :

1. Strawberry dan Lemon

Sumber : mind-over-butter.com

Strawberry kaya akan vitamin C dan merupakan antioksidan yang sangat baik. Mengandung iodin dan folat yang merupakan faktor krusian dalam kekebalan tubuh. Sedangkan lemon adalah detoxifier yang efektif untuk mengeluarkan racun dalam tubuh. Dapat membantu membersihkan hati dan membantu mengurangi tekanan darah.

2. Blackberry dan Anggur

Sumber : Kumparan

Blackberry dapat mencegah kanker dengan membersihkan radikal bebas dan membuat kulit lembab serta menyehatkan. Anggur juga bermanfaat sebagai anti aging, membantu menurunkan kolesterol, hingga sangat baik untuk kesehatan tulang.

3. Semangka dan Daun Mint

Sumber : nakita.grid.ig

Kandungan buah semangka yang kaya akan vitamin A dan C ini tentu sangat baik untuk tubuh. Selain itu, semangka juga memiliki antioksidan yang sangat baik dan menjadi anti inflamasi hingga melancarkan pencernaan.

4. Raspberry dan Apel

Sumber : Kumparan

Buah Raspberry kaya akan vitamin C yang berguna untuk antioksidan dan mencegah tanda-tanda penuaan. Tidak hanya itu, buah ini juga berperan membersihkan radikal bebas di dalam tubuh sehingga dapat digunakan sebagai anti kanker. Ditambah bagi Greaters yang tengah menjalani diet, buah ini sangat cocok dikonsumsi sebagai infused water karena mengandung keton. Selain itu, Apel merupakan sumber kebutuhan vitamin C sehari-hari. Apel juga berperan sebagai anti karsinogen dan mampu mengontrol kolesterol.

Nah, bagaimana Greaters? Tertarik untuk mencoba mengkonsumsi infused water karena manfaatnya untuk tubuh yang pastinya patut dicoba.

Sumber gambar utama : Fimela

Baca juga Terapkan 4 Langkah Ini dalam Mendidik Anak di Era Digital