Greaters, perubahaan sosial telah membawa banyak dampak dalam sendi-sendi kehidupan di masyarakat. Perubahan sosial adalah suatu yang lazim dan tidak bisa terhindarkan dalam kehidupan bermasyarakat. Perubahan sosial akan memberikan beberapa dampak, baik itu positif maupun negatif. Jika perubahan sosial disikapi dengan matang oleh masyarakat, maka perubahan sosial akan membawa kemajuan yang berarti bagi masyarakat tersebut.

Contoh-contoh yang terjadi pada perubahan sosial seperti adanya penemuan-peneuan baru, mobilitas penduduk, konflik di antara masyarakat, terjadinya revolusi dalam kehidupan masyarakat merupakan suatu kemajuan yang diperoleh masyarakat. Dengan adanya penemuan baru, masyarakat akan hidup lebih mudah berkat adanya penemuan-pebemuan tersebut. Contohnya, penemuan kendaraan dan berbagai alat transportasi yang tergolong penemuan baru pada masanya. 

Adanya kendaraan, manusia menjadi mudah untuk bepergian dan melakukan mobilitas dari satu tempat ke tempat lainya sehingga terjadilah mobilitas penduduk. Perubahan juga hadir karena daya pikir manusia yang semakin kritis dalam menilai sesuatu dan ini karena semakin lama manusia semakin berfikir, maka manusia akan semakin kritis dan menginginkan perubahan demi kemajuan umat manusia. Maka munculah revolusi yang tak jarang membuat konflik bahkan sampai menimbulkan perang dengan skala yang besar hingga mengubah sendi kehidupan masyarakat.

Masyarakat yang demokratis adalah salah satu bentuk dari revolusi dalam perjalanan masyarakat. Proses tersebut terjadi karena pemikiran para manusia yang menginginkan perubahan dari sistem pemerintahan yang otoriter tanpa memikirkan kehidupan masyarakatnya menuju masyarakat yang demikratis di mana kesetaran dan saling menghargai satu sama lain.

Abraham Lincoln berpendapat bahwa demokrasi merupakan sistem yang diselenggarakan dari rakyat untuk rakyat. Artinya dalam sebuah proses politik pemimpinya dipilih oleh rakyat dan aspirasi dalam menyuarakan pendapat melalaui lembaga yang anggotanya berasal dari rakyat.

Untuk menjawab bagaimana membentuk masyarakat demokrasi kita terlebih dahalu melihat sejenak sejarah bangsa Indonesia. Semenjak kemerdekaan 17 agustus 1945, Undang Undang Dasar 1945 memberikan penggambaran bahwa Indonesia adalah Negara yang berazazkan demokrasi. mekanisme kepemimpinannya Presiden sebagai kepala negara harus bertanggung jawab kepada MPR dimana MPR adalah sebuah badan tertinggi yang dipilih langsung dari Rakyat. Sehingga secara hirarki rakyatlah yang menjadi pemegang kepemimpinan negara melalui mekanisme perwakilan yang dipilih dalam pemilu dimana dalam pemilihanya dilakukan secara serentak di seluruhh Indonesia bersifat rahasia dan tidak boleh diwakilkan.

Cara Mewujudkan Perkembangan Budaya Demokrasi

Perkembangan budaya demokrasi di Indonesia dapat terjalin dan diwujudkan dalam bentuk sebagai berikut:

  1. Penyelesaian masalah dalam masyarakat melalui cara musyawarah mufakat atau secara damai melalui lembaga yang ditunjuk untuk melakukannya.
  2. Menjamin terjadinya perubahan atau terbuka terhadap berbagai perubahan yang terjadi sesuai perkembangan zaman namun tetap berdasarkan ideologi Negara.
  3. Menyelenggarakan pergantian pimpinan atau kekuasaan pemerintah secara teratur demi menghindari terjadinya pemerintah yang otoriter dan oligarki.
  4. Masyrakat yang tertib berdasar hukum yang berlaku dan menekan adanya kekerasan seminimal mungkin.
  5. Mengakui adanya keanekaragaman dan menjamin yang ada pada masyarakatnya.
  6. Menjamin tegaknya keadilan sesuai dengan hak-hak asasi manusia yang berlaku di masyarakat.

Dengan demikian Greaters, agar tercipta masyarakat yang demikratis dalam menyikapi perubahan sosial dan demi menuju kemajuan yang positif, maka diperlukan seluruh elemen masyarakat untuk menjaga dan merawat adat-istidat, norma yang berlaku di masyarakat. Tetap terbuka dengan semua budaya dan teknologi dari luar agar kita mampu bersaing dengan Negara tetangga dan memoderenisasi bangsa demi tercapainya cita-cita bangsa.

Sumber gambar utama: Shutterstock

Baca juga Mengenal Istilah Expressing Hopes dan Cara Penggunaannya, Bahasa Inggris Kelas 12