Hai Greaters, kali ini kita akan membahas materi tentang cara memahami ide pokok dan kesimpulan paragraf. Untuk lebih lengkapnya, simak baik-baik penjelasan berikut ini :

Pengertian Ide Pokok 

Ide pokok merupakan inti dari bahasan yang dibaca, maksudnya sesuatu yang ingin diulas dalam suatu paragraf. Ide pokok sering disebut juga sebagai :

  • Gagasan utama.
  • Pokok pikiran.
  • Pikiran utama.
  • Gagasan pokok.

Fungsi Ide Pokok

Fungsi dari ide pokok adalah memberikan penjabaran dari inti/dasar suatu bacaan atau paragraf, sehingga pembaca bisa dengan mudah memahami paragraf tersebut.

Ciri-Ciri Ide Pokok

Sumber : Contohtugas.com

Ciri-ciri dari ide pokok atau gagasan utama meliputi :

  • Mempunyai kalimat pendukung, kalimat pengembang atau penjelasan
  • Terdapat hal yang mendukungnya berupa penjelasan atau alasan yang menguatkan.
  • Inti/dasar dari suatu paragraf atau pusat pembahasan.
  • Materi ide pokok dan kesimpulan paragraf sangat penting untuk dipahami dan dipelajari.

Selain harus mengerti ide pokok dalam suatu paragraf, kalian juga harus bisa membuat kesimpulan dalam suatu paragraf. Untuk lebih lengkapnya, simak penjelasannya di bawah ini.

Pengertian Kesimpulan 

Kesimpulan merupakan suatu pernyataan yang dibuat dari ide pokok/gagasan utama dan kata kunci dari kalimat penjelas dengan kalimat sendiri.  Kesimpulan didapat dari serangkaian fakta yang terjadi. Sehingga, kesimpulan bisa berwujud kalimat yang bersifat pendapat yang memberikan fakta-fakta yang ada. Kesimpulan adalah hal yang paling penting dalam sebuah wacana. Inti dari sebuah pelajaran yang ingin diberikan melewati penjabaran - penjabaran fakta akan menunjukkan pada kesimpulan bersifat umum. Terkadang, kesimpulan berperan sebagai gagasan utama dalam sebuah paragraf atau sebuah jawaban atas pembuktian suatu karya ilmiah.

Cara Menentukan Kesimpulan

1. Scanning wacana

Sumber : Pixabay

Tak usah membaca keseluruhan dari isi wacana yang ada. Carilah kata kunci atau ide pokok dalam setiap paragraf.

2. Metode merangkai kesimpulan

Berbagai macam cara bisa dipakai dalam menyimpulkan yaitu:

1. Teknik Generalisasi

Kesimpulan didapat melewati proses penarikan pernyataan secara umum dari beberapa kalimat fakta sebelumnya. Ciri khas dari teknik ini memakai kata "dengan demikian". Seperti contoh berikut :

Teks

Hasil belajar siswa kelas XI SMA Karang Taruna kurang mencukupi kriteria kelulusan minimum (KKM). Maka dari itu banyak siswa yang ikut program remedial untuk memenuhi nilainya. Diketahui bahwa selama ini guru memberi tugas diskusi pada siswa tanpa arahan serta pengawasan dari guru. Bukan hanya itu, interaksi yang berlaku selama dalam pembelajaran hanya terjadi dengan satu arah. 

Kesimpulan : Kesimpulan dari paragraf diatas adalah “Dengan demikian, peran guru sangat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa, walaupun kini pembelajaran berbasis pada siswa yang aktif tetapi tetap memerlukan bimbingan dan arahan dari guru”. 

2. Teknik analogi

Sumber : Kemah-injil.org

Analogi artinya perbandingan antara dua hal yang berbeda tetapi diperlihatkan kesamaan pada sisi tertentu. Lihatlah contoh berikut:

Teks

Hidup ini ibarat sebuah perjalanan yang mempunyai tujuan. Saat memutuskan hendak pergi ke suatu tempat maka, untuk mencapainya kita harus bergerak. Akan ada orang lain yang mempunyai tujuan yang sama untuk menuju tempat tersebut. Namun, pada akhirnya masing-masing akan tiba pada waktu yang berbeda-beda. Hal ini dipengaruhi oleh bayak hal seperti, pemilihan angkutan yang akan mempengaruhi waktu kita untuk tiba pada tujuan tersebut. Angkutan umum biasanya lebih lama dibandingkan dengan mengendarai angkutan pribadi. Bukan hanya itu, perbedaan jarak antara rumah dengan tujuan kita pun akan berpengaruh, rute perjalanan dan lainnya. Semua itu tergantung pada pilihan yang kita putuskan untuk ambil.

Kesimpulan : Kesimpulan dari teks di atas adalah, “Hidup ibarat perjalanan, mempunyai tujuan. Cepat atau lambat kita dalam meraih tujuan ialah bergantung pada bagaimana kita memilih jalan untuk menempuhnya”. 

Nah Greaters, itulah materi tentang memahami ide pokok dan kesimpulan paragraf. Namun, jika kamu masih belum memahami secara jelas pembahasan tersebut dan membutuhkan pembimbing yang mampu menjelaskan materi lainnya, GreatPrivat bisa membantumu mewujudkannya. Layanan les privat berbasis aplikasi ini menyediakan pilihan tutor berkualitas dan berpengalaman di berbagai mata pelajaran dengan proses belajar yang menyenangkan. Yuk, pilih tutor les privat sesuai kebutuhanmu di GreatPrivat yang ada di aplikasi GreatEdu. Lebih pintar dengan GreatPrivat!

Sumber gambar utama : Goodnewsfromindonesia.id
Penulis : Prokonten

Baca juga Menemukan Perbedaan antara Diskusi dan Debat