Bangsa Indonesia adalah bangsa yang mempunyai wilayah yang luas dan kaya akan sumber daya alam. Dengan jumlah penduduk yang besar, berarti bangsa Indonesia harus berupaya untuk mencukupi butuhan hidupnya. Kebutuhan hidup yang penting dan harus di adakan setiap hari ialah kebutuhan pasangan, sadang dan pangan.

Dizaman modern ini semua aktivitas manusia banyak didukung sarana dan prasarana atau alat-alat yang canggih, misalnya komputer. Banyak pelajaran di Indonesia yang menggunakan komputer untuk menyelesaikan tugas-tugas sekolah mereka.

Kebutuhan hidup yang lain juga masih banyak dan tentu juga harus terpenuhi, seperti kebutuhan kesehatan, pendidikan, dan lain-lain. Untuk memenuhi kebutuhan hidupnya bangsa Indonesia berupaya di berbagai bidang, antara lain di bidang pertanian, perkebunan, dan perikanan, pertambangan dan perdagangan, industri dan lain sebagainya.

Kelebihan dan kekurangan kebutuhan harus dapat saling menutupi. Bagi bangsa Indonesia yang lebih ternyata dibutuhkan oleh bangsa lain. Sebaliknya, kekurangan kita terdapat pada bangsa lain yang berlebihan. Dengan demikian, akan ada perasaan saling membutuhkan antara bangsa. Untuk mencukupi kebutuhan masing-masing bangsa, maka perlu adanya kegiatan ekonomi antara bangsa, yaitu kegiatan ekspor dan impor.


Baca Juga : Usaha dalam Bidang Ekonomi


Kekayaan Indonesia yang lebih dan dibutuhkan oleh negara lain biasanya di kirim ke negara tersebut. pengiriman barang-barang dari dalam negri ke luar negri di sebut ekspor. Ekspor merupakan kegiatan ekonomi juga, khususnya kegiatan ekonomi antarbangsa. Kegiatan mendatang devisa, karena negara yang mendapatkan kiriman barang membayar pada negaraa kita. Barang-barang dari Indonesia yang di ekspor ke luar negri, misalnya minyak bumi, gas alam, karet, kayu, rotan, ikan, rempah-rempah, kopi, dan lain-lain. Manfaat mengekspor barang keluar negeri :

  1. Mejalin kerjasama dengan negara lain.
  2. Menambah devisa negara
  3. Mengurangi kelebihan produk dalam negri
  4. Memberikan lapangan kerja
  5. Mengenal produk Indonesia kedunia internasional

Manfaat impor bagi Indonesia adalah :

  1. Memenuhi kebutuhan dalam negri
  2. Meningkatkan kesejateraan produk
  3. Mengenal produk dalam negri yang bisa memberikan manfaat bagi masyarakat Indonesia.

Manfaat kegiatan ekspor dan impor :

  1. Meningkatkan hubungan antar negara
  2. Kebutuhan setiap negara tercukupi
  3. Memperolah keuntungan
  4. Mendorong kemajuan ilmu pengetahuan dan tehnologi.

Referensi :

Tim bina Karya Guru. 2011. Ilmu pengetauan sosial. Jawa timur. Mas media. Hal. 117.


Penulis : Marfiana