Kamu merasa pusing karena mau presentasi Greaters? Bingung bagaimana caranya agar presentasi berjalan lancar dan sukses. Mengingat setiap orang tentu ingin menampilkan yang terbaik dalam hal apapun. Tidak terkecuali, presentasi yang juga menyangkut orang lain. Kita berusaha membuat orang lain menghargai dan tertarik dengan apa yang ditampilkan. Jadi, bagaimana kiat-kiat agar bisa sukses dalam presentasi? Berikut penjelasannya.

1. Kuasai Materi


Sumber : obs.linescdn.net

Ketika akan melakukan presentasi, sangat wajib bagi kamu untuk menguasai materi yang akan disampaikan. Pengetahuan kamu jangan hanya sebatas pada kertas atau slide presentasi saja, tapi juga harus luas. Nantinya, ketika materi presentasi kamu dipertanyakan, kamu dapat menjawabnya dengan baik. Materi pun bukan dihafal, tetapi dipahami. Kamu harus paham dan mengerti materi sehingga pikiran bisa terbuka dan berkembang. Berbeda dengan konsep menghafal yang justru membuat kamu terpaku dan kaku.

Greaters, ketika materi sudah dikuasai, kamu menjadi yakin dengan apa yang disampaikan. Harapan kamu juga nantinya materi ini dapat bermanfaat dan baik untuk dipublikasikan kepada orang lain. Sebelum presentasi jangan lupa untuk menyiapkan slide presentasi yang keren dan tidak monoton. Namun, menarik. Bisa membuat audiens tertarik dan betah melihatnya karena slide presentasi merupakan penunjang ketika hendak presentasi serta menjadi nilai tambah.

2. Good Looking

Ketika akan presentasi, selain menyiapkan pengetahuan, kamu juga harus memerhatikan penampilan karena saat presentasi kamu akan menjadi sorotan dan dilihat orang lain. Tidak mungkin penampilan kita terlihat acak-acakan, bukan? Maka pakailah pakaian yang bersih dan rapi. Selain itu, kita juga harus terlihat segar dan wangi. Ketika kamu akan presentasi esoknya, jangan begadang pada malam harinya Greaters. Hal ini akan memengaruhi kesegaran diri pada saat presentasi nanti. Jangan sampai wajah terlihat lelah, letih dan lesu.

3. Percaya Diri


Sumber : cdn.futuready.com

Jika pengetahuan akan materi yang kamu presentasikan sudah siap, penampilan juga pasti akan terasa mudah. Rasa percaya diri akan otomatis muncul karena persiapan yang baik. Merasakan panik dan takut ketika akan berbicara di depan orang merupakan hal yang wajar. Untuk mengatasi hal ini, sebisa mungkin kamu merasa percaya diri dan santai. Biarkan mengalir seperti seharusnya. Dengan begini kamu tidak akan terbata-bata saat berbicara menyampaikan bahan presentasi. Tunjukkanlah sikap wibawa ketika berbicara agar semua pendengar dapat tertarik dengan presentasi yang kamu sampaikan.

Nah, Greaters, itulah tiga tips agar presentasimu bisa sukses. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat Greaters!

Sumber gambar utama : Printqoe.com
Penulis : Three Rahmadona

Baca juga Beda Puisi dengan Prosa