1. Istana Al-Hambra

Istana terkenal yang dibangun pada tahun 2842 M (abad ke-14 M) ini berlokasi di Granada. Hingga kini bangunanya masih utuh terawatt dan menjadi salah satu destinasi wisata di Spanyol yang terkenal di kalangan turis mancanegara.  Ketika masuk ke dalam istana peninggalan islam ini bagaikam masuk ke dalam masjid. Arsitektunya bergaya kuno dan kaya dengan keagungan ornament Islam. Hampir di seluruh dindingnya dipenuhi tulisan kaligrafi arab sehingga terlihat dari jauh seperti desain batik.


2. Masjid Cordova

Peninggalan arsitektur Islam lainya di Spanyol adalah Masjid Cordoba (Crodova), yang sekarang telah berubah menjadi Katedral Mezquita. Letajnya di Kota Cordova, sekitar 166 km di sebelah tenggara Madrid, ibukota Spanyol. Namun meskipun telah berubah menjadi gereja, pada tanggal 15 Desember 1994 Masjid Cordova ini ditetapkan oleh UNESCO sebagai salah satu tempat bersejarah sepeninggalan Islam. Sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya, bangunan ini pertama kali didirikan oleh Abdurahman I pada tahun 787 M. Adapun penyelesaianya ditangani oleh penggantinya.


3. Kota Sevilla

Sevilla atau acap kali disebut juga Seville adalah salah satu kota penting pada zaman pemerintahan khalifah Bani Umayyah di Andalusia (Spanyol). Kini Seville dikenal sebagai salah satu kota yang paling indah di deretan Spanyol. Salah satu yang menarik sebagaimana kota-kota penting Islam lainya, Seville juga memiliki sebuah masjid besar yang kala itudifungsikan sebagai pusat kegiatan. Nah, pada masa sekarang bila kita berkunjung ke Seville bisa mendatangi Masjid Agung Seville tempoe doloe yang kini telah berubah wajah dan fungsi menjadi Katedral Girlanda.


Baca Juga : Beberapa Kerajaan Islam di Indonesia


4. Medina Azahara

Medina Azahara ! sebuah nama yang sangat indah bukan? Dulunya Medina Azahara ini sebagai komplek ibukota kekhalifahan Ummayah di tanah Andalusia, yang terletak 13 km sebelah barat Kota Cordoba. Konon lokasi ini dipilih karena keindahan panoramanya.


5. Mezquita Bab Al Mardum

Di Kota Toledo ada sebuah masjid bagus dan terkenal, yaitu Masjid Cristo de La Luz atau al Mardum. Masjid ini dibangun pada tahun 999 M. ukuran masjid ini mungil saja, tapi sangat menawan arsitekturnya. Masjid ini dihiasi  dengan ukiran batu yang menggambarkan nuansa Arabia. Ukiranya juga terdapat di bagian dalam ruangan yang diwakili oleh ukiran lengkung di bagian langit-langit. Bangunan masjid inilah merupakan jejak Islam paling kentara di Toledo.


6. Alcazaba De Malaga

Di Kota Malaga juga ada sebuah warisan dari masa kekuasaan Islam yang masih kita lihat. Warisan Islam yang dimaksudkan adalah Benteng Alcazaba, yakni sebuah benteng peninggalan bangsa Moor yang menguasa Portugal te,po doloe. Alcazaba berasal dari Bahasa Arab al qasbah yang berati benteng.

 

Referensi :

Soebachman, Adiba.A. 2014. Jejak-jejak Islam dari Langit Eropa hingga Langit Nusantara. Yogyakarta: Syura Media Utama


Penulis : Indri Yani