Hai Greaters, kali ini kita akan membahas mengenai pengertian makhluk hidup. Nah tahukah Kamu ketika bumi pertama kali diciptakan terdapat makhluk hidup pionir yang tumbuh sebagai pertanda adanya kehidupan di Bumi. Kemudian lambat laun kehidupan di Bumi semakin kompleks dan berlangsung terus menerus hingga saat ini. Penasaran tentang bagaimana ciri makhluk hidup yang menempati bumi. Yuk simak artikel berikut ini.

Pengertian Makhluk Hidup

Makhluk hidup berasal dari sel yang membentuk jaringan, jaringan berkumpul menjadi organ dan organ bekerja Bersama saling berkaitan menjadi sistem organ. Dalam Bahasa Yunani Makhluk hidup atau organisme dikenal dengan organon yaitu kumpulan molekul-molekul yang saling mempengaruhi satu sama lain sehingga dapat berfungsi secara stabil dan hidup.

Makhluk hidup di alam sangat dipengaruhi dengan adanya faktor eksternal. Mereka akan merespon keadaan yang ada di luar tubuhnya, secara biokimia makhluk hidup akan tumbuh dan menghasilkan energi. Berikut ini beberapa pengertian makhluk hidup menurut beberapa ahli:

Kimball

Makhluk hidup adalah sesuatu yang memiliki lima ciri, yaitu dapat berevolusi, responsif, dapat bereproduksi, dapat melakukan metabolisme dan bersifat rumit.

Dwidjoseputro

Makhluk hidup adalah sesuatu yang dapat melakukan metabolisme, dapat melakukan gerak, dapat tumbuh, dapat bereproduksi dan responsif.

Helena Curtis

Makhluk hidup adalah sesuatu yang bisa memanfaatkan energi dari lingkungannya dan mengubahnya dari satu bentuk energi ke bentuk energi yang lain, dapat beradaptasi dengan lingkungannya, bisa merespon bila ada rangsangan, bersifat homeostasis, kompleks dan terorganisir dengan baik, dapat bereproduksi atau berkembang biak serta dapat tumbuh dan berkembang.

Sifat dan Ciri-Ciri Makhluk Hidup

Makhluk hidup tentu memiliki ciri-cirinya, di dunia ini terdapat benda hidup dan tak hidup. Nah yang membedakan keduanya ada jika Makhluk hidup dapat bernafas, bergerak, bereproduksi, makan dan minum serta masih banyak ciri lainnya. Yuk kita ulas satu per satu ciri dan sifat makhluk hidup.

Bergerak

Makhluk hidup memiliki kemampuan bergerak yang membantu mereka untuk bertahan hidup. Mereka berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Alat gerak mereka dibantu oleh Gerakan otot. Masing-masing makhluk hidup memiliki perbedaan sistem alat gerak, dari yang terkecil yaitu bakteri misalnya Amoeba yang memiliki kaki semu (Pseudopodia) yang digunakan untuk bergerak, Hewan memiliki otot dan tulang yang bekerja saling berkesinambungan dan menghasilkan sebuah gerakan.

Peka Terhadap Rangsangan

Setiap makhluk hidup yang diciptakan memiliki respon berbeda terhadap berbagai kondisi yang ada di sekitarnya. Berbagai rangsangan yang dapat mereka rasakan seperti panas, cahaya, dingin, bau, sentuhan, gravitasi, rasa dan lain-lain. Misalnya fenomena fotoautotrof pada tumbuhan. Tumbuhan memberikan rangsangan gerak tumbuh yang menuju cahaya matahari, hal ini yang dapat dikatakan bahwa mereka cukup peka terhadap rangsangan karena matahari juga merupakan sumber utama untuk melakukan proses fotosintesis.

Bernapas

Bernapas adalah proses pengambilan oksigen di udara kemudian masuk kedalam tubuh dan dikeluarkan kembali dalam bentuk Karbon dioksida (CO2). Oksigen dibutuhkan makhluk hidup untuk menghasilkan energi bagi tubuh mereka yang diubah secara proses kimiawi.

Berkembang Biak

Proses perkembang biakan merupakan upaya makhluk hidup untuk melestarikan keturunan mereka agar tetap eksis di alam. Dalam proses perkembang biakan ini akan dihasilkan makhluk hidup baru, biasanya melibatkan pasangan atau lawan jenis. Namun tidak semua makhluk hidup dalam proses perkembang biak membutuhkan pasangan beberapa dari mereka bisa berkembang biak sendiri. Proses reproduksi yang tidak melibatkan pasangan atau tidak ada pertemuan sel gamet jantan dan sel ovum adalah proses aseksual. Sedangkan proses reproduksi yang melibatkan adanya pembuahan dari sel kelamin disebut seksual.

Baca juga Isolasi Geografi Melalui Mekanisme Evolusi dan Hukum Hardy - Weinberg, Biologi Kelas 12

Tumbuh

Pertumbuhan adalah terjadinya penambahan ukuran dan volume makhluk hidup. Proses perubahan makhluk hidup dari kecil menjadi besar, dan bersifat irreversible atau tidak dapat kembali ke bentuk semula. Misalnya yang terjadi pada manusia, ketika dilahirkan manusia berukuran kecil mungkin berat badannya sekitar 2-3 kilogram. Kemudian manusia akan tumbuh hingga menjadi manusia dewasa.

Membutuhkan Nutrisi

Setiap makhluk hidup tentu membutuhkan nutrisi bagi pertumbuhannya. Nutrisi yang dibutuhkan dapat berupa air, protein, karbohidrat dan lain-lain. Nutrisi yang dibutuhkan digunakan untuk menghasilkan energi.

Menghasilkan Ekskresi

Ekskresi merupakan hasil dari proses metabolisme dari makhluk hidup. Misalnya manusia banyak menghasilkan zat ekskresi yang berbeda misalnya urine dari proses metabolisme air dalam tubuh, dan karbon dioksida dan uap air dari zat sisa proses respirasi. Zat ekskresi ini dibuang dari tubuh karena sudah tidak lagi digunakan bahkan mereka dapat mengandung racun.

Nah, Greaters dari penjelasan di atas, setiap makhluk hidup yang sudah diklasifikasikan memiliki ciri yang berbeda-beda. Mulai dari tingkat terkecil dari makhluk hidup yaitu kingdom Protista hingga Kingdom Animalia memiliki ciri yang berbeda sebagai makhluk hidup.

Sampai di sini, apakah penjelasan tentang pembahasan ini sudah kamu pahami, Greaters? Jika sudah, lanjutkan dengan artikel lainnya yang ada di GreatPedia untuk menambah pengetahuanmu. Yuk, baca berbagai pilihan artikel di GreatPedia sekarang!

Sumber gambar utama : unsplash.com

Baca juga Klasifikasi Makhluk Hidup dengan Pohon Filogeni, Biologi Kelas 12