Menempuh pendidikan lanjutan di perguruan tinggi saat ini menjadi hal yang penting, dalam meningkatkan kualitas generasi muda Indonesia. Akan tetapi, sebagai mahasiswa, aktivitas belajar kini tidak lagi terbatas pada proses belajar mengajar di ruang kelas. Bahkan, sekedar di lingkungan kampus tempat mahasiswa menuntut ilmu karena perkembangan dunia pendidikan membuat kampus-kampus di luar negeri banyak yang membuka kesempatan mahasiswa di seluruh dunia untuk bertukar wawasan lewat program pertukaran pelajar.

Salah satu program pertukaran pelajar yang bisa menjadi referensi bagi pelajar adalah ASEAN Students Exchange Scholarship dari Fakultas Seni Komunikasi Universitas Chulalongkorn Thailand. Salah satu perguruan tinggi yang ternama di Thailand ini menawarkan fasilitas beasiswa selama 1 semester kepada mahasiswa ASEAN, termasuk Indonesia.

Sebagaimana dilaporkan oleh Kompas.com, beasiswa ini memberikan kesempatan kepada setiap peserta untuk dapat menjalani program ini tanpa meninggalkan bangku kuliah yang sedang mereka jalani. Ini merupakan kesempatan emas bagi setiap mahasiswa asal Indonesia untuk mendapatkan pengalaman belajar yang baru dan lebih menarik. Hal ini tentu memberikan kesempatan yang luas pula bagi penerima beasiswa untuk membuka wawasan lebih luas.

Ada beberapa ketentuan oleh pihak kampus bagi penerima beasiswa, tetapi kesempatan juga terbuka lebar karena ada 2 gelombang penerimaan yang dibuka oleh Chulalongkorn University untuk tahun akademik 2019/2020 ini. Gelombang pertama untuk masa belajar dari Agustus hingga Desember 2019, dan pendaftarannya sudah dibuka sejak 10 Mei 2019 lalu. Sedangkan untuk penerimaan beasiswa gelombang kedua berlaku untuk masa belajar dari Januari hingga Mei 2020.

Bagi mahasiswa yang tertarik untuk mengikuti program ini, ada beberapa persyaratan yang perlu dipenuhi sebagai penilaian pihak kampus, diantaranya adalah :

  1. Peserta harus mahasiswa sarjana di universitas yang terakreditasi di negara ASEAN
  2. Peserta merupakan warga negara dari negara anggota ASEAN
  3. Program ini tertutup bagi mahasiswa yang saat ini sedang menempuh pendidikan di Thailand
  4. Peserta wajib mengisi dokumen aplikasi
  5. Melampirkan surat pernyataan tujuan bersama dengan formulir aplikasi
  6. Transkrip resmi dengan GPAX terbaru
  7. Satu buah foto berukuran 1 inci dengan potret wajah tanpa topi, kacamata hitam dan tanpa penyuntingan komputer
  8. Peserta juga harus melampirkan dua surat rekomendasi dari dosen atau penasihat
  9. Aplikasi juga wajib melampirkan surat keterangan universitas
  10. Untuk persyaratan bahasa :
    Skor TOEFL minimal 90 (IBT) atau lebih
    Atau skor IELTS minmal 6 atau lebih
    Masa berlaku harus kurang dari 2 tahun sejak tanggal aplikasi

Setelah persyaratan diajukan, maka seluruh aplikasi yang masuk pada tiap gelombang akan melalui tahapan seleksi. Proses pertama, aplikasi pendaftar akan dinilai berdasarkan laporan skor TOEFL atau IELTS. Tahap kedua adalah seleksi transkrip beserta surat rekomendasi. Setelah dua proses tersebut, langkah selanjutnya adalah wawancara calon penerima beasiswa yang akan dilakukan secara online.

Nah Greaters, untuk keterangan lengkap mengenai beasiswa ASEAN Students Exchange Scholarship dan formulir pendaftaran, kamu dapat mengaksesnya melalui link http://www.inter.commarts.chula.ac.th/page/asean-scholarship/

Baca juga Beri Anak Ponsel Tidak Salah, tetapi Pahami Aturan Dasarnya