Kepala Sekolah Singapore School Pantai Indah Kapuk (SIS-PIK) Jennifer Olmsted mengatakan pendidikan karakter tidak hanya diberikan secara akademis, namun juga dapat diberikan melalui kegiatan ekstrakurikuler, misalnya lewat pementasan drama.

"Tidak hanya melalui pelajaran, tetapi juga bisa didapat misalnya drama. Dengan pementasan drama, anak-anak belajar bagaimana tampil yang baik, percaya diri dan bekerja sama," ujar Jennifer di Jakarta, Senin.

Baca juga: UNTIDAR Gandeng Empat Sekolah Untuk Laksanakan UTBK

Selain itu, kata dia, mengenalkan budaya setempat menjadi hal yang penting dilakukan sekolah. Hal itu dikarenakan banyaknya budaya Indonesia dari Sabang hingga Merauke, dan satu sama lain berbeda.

Sebelumnya, SIS PIK menggelar drama musikal The Millennial Jack Tarub yang diikuti siswa dari tingkat TK hingga SMA. Hasil penjualan tiket pertunjukan kemudian disumbangkan untuk membangun fasilitas pendidikan di daerah Kabupaten Ende, Kabupaten Belu, dan Kabupaten Timor Tengah Selatan di Kupang, Nusa Tenggara Timur.

"Selain dapat membantu melestarikan cerita rakyat, diharapkan keikutsertaan siswa dalam pertunjukan ini juga dapat menanamkan rasa kepedulian sosial sejak dini,” ujar Jennifer.

Penulis naskah dan sutradara drama musikal The Millennial Jack Tarub, Ita Sembiring, mengatakan berkesenian sambil beramal adalah perpaduan menarik untuk membangkitkan gairah kepedulian akan kemanusiaan.

"Kita dapat berbuat banyak bagi sesama, tidak hanya dengan meminta pada orang lain, tetapi juga ikut mempersembahkan apa yang kita miliki," jelas Ita. 

Sumber: Antaranews.com

Gambar: Antaranews.com