Kepala Badan Bahasa dan Perbukuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Dadang Sunendar mengatakan pemerintah Indonesia serius mengutamakan persoalan pendidikan diatas persoalan-persoalan lainnya,

"Hardiknas merupakan sebuah momentum bagi kita untuk mengingat bahwa bangsa ini serius mengutamakan persoalan pendidikan diatas persoalan persoalan lainnya.Pemerintah serius terhadap pendidikan, karena semua variabel yang kita ketahui untuk memajukan sebuah bangsa berawal dari pendidikan yang baik," ujar Dadang pada acara semarak Hardiknas di Pekanbaru, Riau, Minggu (28/4).

Dadang menambahkan tema yang diusung pada Hardiknas yakni “Menguatkan pendidikan dan memajukan kebudayaan”, tema itu selaras dengan cita-cita bangsa kita yang ingin mencerdaskan bangsa.

Baca juga: Rektor Yos Johan Targetkan Undip Masuk 500 Universitas Dunia

Dadang menjelaskan semarak Hardiknas terselenggara berkat kerja sama tiga unit pelayanan teknis Kemendikbud di Provinsi Riau, yaitu LPMP, Balai Bahasa, dan Balai PAUD dan Dikmas. Selain itu juga turut membantu dalam penyelenggaraan ini pemerintah Provinsi Riau dan masyarakat Riau.

Wakil Gubernur Provinsi Riau Edy Nasution mengatakan masa depan bangsa ditentukan oleh pendidikan. Oleh karena itu guru mempunyai peranan yang sangat penting dalam dunia pendidikan.

“Saya merasakan betul bagaimana peran seorang guru kepada anak didiknya adalah sesuatu yang tidak bisa dapat diukur oleh apapun. Betapa sulitnya seorang guru dengan sangat sabar menghadapi perilaku anak didiknya yang mempunyai sifat dan sikap berbeda beda dan berjumlah puluhan,” kata Edy.

Edy juga tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada guru yang telah membimbingnya hingga dia bisa menjadi seperti ini sekarang

Pekan Hardiknas di Kota Pekanbaru diisi dengan berbagai pagelaran budaya dan seni, pemutaran film pendidikan, seminar, perlombaan olah raga, marching band, permainan tradisional, serta jalan sehat. 

Sumber dan Gambar: Antaranews.com