Greaters, libur lebaran sudah selesai, bagi Greaters yang sudah bekerja, kondisi malas untuk kembali bekerja setelah libur panjang pasti bukan hal asing. Faktanya, perasaan yang satu ini normal dan banyak sekali yang merasakannya juga lho. Hal ini terjadi karena badan dan pikiran kamu yang masih kental dengan suasan liburan. Kondisi ini dikenal sebagai post holiday syndrome, sebuah perasaan tidak nyaman karena kesulitan beradaptasi dengan pekerjaan atau rutinitas setelah berlibur.

Perasaan ini sih biasanya berlangsung selama seminggu pertama setelah kembali bekerja. Ciri-cirinya yang paling terlihat adalah rasa malas, masih sulit fokus, gampang mengantuk, dan malas untuk berkegiatan. Makanya, kamu perlu banget nih sedikit usaha biar ‘mesin’nya panas kembali setelah libur panjang. Berikut ini beberapa cara yang bisa kamu coba.

1. Datang lebih pagi

Setel alarm di handphone kamu sepagi mungkin biar bisa memulai beraktivitas lebih awal. Semakin siang, biasanya akan semakin malas, apalagi keluar rumah, lihat jalanan di google maps aja pasti sudah merah semua karena macet dan panasnya ibukota. Tiba di kantor pagi hari akan membuat kamu lebih semangat untuk mengatur jadwal kerja yang tadinya kendur jadi lebih kencang.

2. Berikan waktu untuk beradaptasi

Kalau kamu merasa sulit untuk mengembalikan mood bekerja karena masih lelah setelah liburan, sebaiknya kamu jadwalkan untuk pulang lebih awal, 1-2 hari sebelum hari kerja. Selain kamu bisa beristirahat lebih banyak, kamu juga bisa lebih fokus karena stamina yang terkumpul lebih banyak.

3. Cek email pekerjaan lebih awal

Nah, dengan melakukan ini, yang tadinya kamu masih kurang semangat, pasti akan terpacu sendiri karena banyaknya email yang menunggu untuk dibalas. Tumpukan email yang ditinggalkan ini akan memberikan kamu joblist lama dan baru yang harus segera diselesaikan, kamu juga jadi bisa mengatur ritme pekerjaan pelan-pelan dan menyelesaikan tugas dan menyusunnya sesuai dengan prioritas tanpa harus terburu-buru.

4. Santai saja dulu

Manjakan diri selama awal-awal masuk kerja pasti akan lebih banyak kamu lakukan. Mulai dari bersantai seharian, menikmati makanan yang dibawa setiap rekan setelah pulang kampung karena hal ini saat yang tepat buat kamu berbagi cerita tentang serunya liburan.

5. Rapikan dan hias meja dengan souvenir liburan

Tidak ada salahnya bagi kamu merapikan kembali meja kerja, meskipun dalam keadaan rapi. Hias meja kerja dengan foto-foto liburan kemarin, atau taruh barang-barang lucu yang sempat kamu beli kemarin selama liburan, meja kerja yang rapi dan menyenangkan bisa membantu kamu untuk bisa lebih berkonsentrasi dalam bekerja.

6. Berbagi cerita

Sampai di kantor, jangan langsung bekerja dulu, kamu bisa kok berbagi cerita dengan rekan kerja soal liburan kamu. Selama liburan ini, kamu jalan-jalan kemana saja, momen seru apa yang terjadi bersama keluarga, dengan berbagi cerita seperti ini, akan membuat kamu semangat bekerja untuk bisa mengulang momen tersebut di tahun depan, atau merencanakan sesuatu yang jauh lebih baik.

Bekerja dan berlibur, memang aktivitas yang saling mendukung satu sama lain nih Greaters. Bekerja memberikan kamu uang untuk bisa berlibur, dan berlibur memberikan kamu semangat untuk bisa kembali melakukan pekerjaan dengan baik. Semangat bekerjanya ya hari ini! Supaya bisa tetap liburan dengan pengalaman yang baru dan menyenangkan.

Baca juga Tertarik untuk Melanjutkan Pendidikan ke Jenjang yang Lebih Tinggi? LPDP Kembali Membuka Program Beasiswa

Sumber : Finansialku
Penulis : Rio Fajar Adiputra