Bagi Greaters yang sudah berkeluarga dan menjadi seorang ibu merupakan hal sangat membahagiakan. Memiliki buah hati yang menjadi harapan dan semangat baru di dalam kehidupan. Ketika seorang anak lahir, orang pertama yang mendidiknya tentu orang tua, terutama ibu. Sosok ibu menjadi sangat penting sekali dalam proses pertumbuhan dan perkembangan anak.

Seorang anak cenderung lebih dekat dengan ibunya sendiri yang telah mengandung dan melahirkannya dengan penuh perjuangan. Oleh krena itu, sosok seorang ibu akan tampil sebagai pendidik dan mengajarkan anak tentang banyak hal. Sudah sepatutnya ibu meluangkan lebih banyak waktu untuk anaknya sehingga lahirlah kalimat “ibu adalah guru pertama dan utama”. Sebagai seorang ibu sekaligus guru pertama untuk anak, ada beberapa hal yang harus diketahui. Berikut penjelasannya!

1. Ibu Harus Cerdas


Sumber : Sahabat Ibu Pintar

Sebagai seorang ibu, kita harus bisa memberikan banyak pengetahuan untuk anak. Biasanya, pada usia kanak-kanak, rasa ingin tahu anak sangatlah besar, dan ia akan banyak sekali bertanya. Ibu yang cerdas, mampu menjelaskan dengan bijak dan sabar. Jangan cepat marah! Karena ibu cerdas tahu, anak yang aktif dan banyak bertanya, termasuk ke dalam anak yang pintar.

Ibu cerdas pun tahu apakah anaknya tumbuh dan berkembang dengan baik atau ada hambatan. Ibu juga harus bisa menjadi sekolah pertama untuk anak. Mengajarkan anak berbagai pengetahuan dasar seperti membaca dan menulis. Lebih hebat lagi bila ibu memiliki pengetahuan yang lebih. Misalnya, ketika anak bermain di bawah pohon besar ketika siang hari, ibu tidak lagi melarang anak dengan mengatakan, “Jangan bermain di bawah pohon itu! Sekarang sedang tengah hari, ada hantu di sana yang dapat menyebabkanmu sakit.”

Akan tetapi, ibu bisa melarang anak dengan mengatakan hal yang lebih rasional, seperti “Jangan bermain di bawah pohon. Cahaya matahari sedang terik siang ini, menyebabkan proses fotosintesis pada pohon itu terjadi sangat cepat, sehingga udara di bawah pohon akan terasa sangat sejuk. Ketika tubuhmu yang sudah panas karena terkena sinar matahari, berlindung di bawah pohon yang sejuk, akan terjadi perubahan suhu yang cepat di dalam tubuhmu, dari panas ke dingin, sehingga dapat menyebabkan kamu demam.”

2. Ibu Rule Model Utama


Sumber : IDN Times

Seorang ibu merupakan sosok idola pertama bagi anaknya. Anak akan banyak sekali meniru ibunya. Apa yang dilakukan ibu dan seperti apa ibunya. Oleh karena itu, ibu sebagai orang pertama yang menjadi panutan oleh anaknya harus dapat memberikan contoh yang baik. Mulai dari penampilan ibu, terlebih lagi sikap ibu. Ibu harus berhati-hati ketika bersikap di depan anaknya. Jangan sampai melakukan perbuatan buruk yang akhirnya ditiru oleh anak.

Jika ibu menginginkan anak untuk bersikap baik, alangkah lebih baiknya ia menerapkan sikap baik itu terlebih dahulu. Jika tidak, maka anak akan menyerang dengan mengatakan, “Ibu saja tidak seperti itu. Mengapa aku harus mengikuti?” Tentu kita tidak ingin jika anak kita seperti ini. Misalnya, ibu melarang anak untuk makan sambil berdiri, tetapi ibu sendiri secara tidak sadar telah makan sambil berdiri di depan anak. Mana mungkin anak akan mau mengikuti ajaran ibu kalau seperti itu, kan

3. Bahasa Ibu


Sumber : Hello Sehat

Bahasa pertama yang dikuasai oleh anak adalah bahasa dari ibunya. Sangat penting sekali pengaruh lisan di dalam kehidupan sehari-hari. Sebagai seorang ibu, kita harus membiasakan diri dan anak untuk berbahasa yang baik serta sopan. Jangan sampai anak mendengar kata-kata yang tidak mengenakkan keluar dari mulut ibunya karena ucapan dapat memengaruhi orang lain.

Nah, Greaters, itulah tiga hal yang harus kita ketahui sebagai seorang ibu sekaligus guru pertama untuk anak. Semoga Greaters dapat mendidik anak menjadi anak yang cerdas dan berakhlak baik.

Sumber gambar utama : Babyologist
Penulis : Three Rahmadona

Baca juga 5 Cara Mengetahui Ketertarikan Minat dan Bakat Anak