Greaters, kehidupan modern pada abad 21 didukung oleh teknologi yang semakin canggih. Perkembangan teknologi yang semakin pesat membantu proses globalisasi merambah ke seluruh dunia. Selain itu, perkembangan ilmu pengetahuan dan transportasi juga mempermudah proses globalisasi berlangsung. Globalisasi adalah proses hubungan manusia dari berbagai belahan dunia baik dari segi ekonomi, budaya dan sosial yang membuat manusia saling terbuka dan bergantung satu sama lainnya tanpa ada lagi batas waktu dan jarak.

Menurut Anthony Giddens, globalisasi adalah suatu hubungan sosial yang mendunia dengan menghubungkan satu sama lain sehingga dampak kejadian dari tempat yang berbeda bisa saling berimbas. Proses globalisasi secara tidak langsung sangat mempengaruhi kehidupan manusia dari berbagai aspek yakni perilaku sosial, dinamika politik, cara berpakaian hingga gaya hidup masyarakat. Globalisasi terjadi karena sifat manusia yang ingin selalu uptodate, lebih maju, lebih bebas dan ingin berhubungan dengan manusia-manusia lain di tempat-tempat yang berbeda.

Proses globalisasi yang terjadi membuat para ahli mengemukakan pendapatnya mengenai teori globalisasi. Menurut Cochrane dan Pain, terdapat tiga teori yang kaitannya dengan globalisasi, yaitu: 

Para Globalis 

Percaya bahwa globalisasi adalah sebuah konsekuensi nyata terhadap bagaimana orang dan lembaga di seluruh dunia dapat berjalan. Mereka percaya bahwa kebudayaan lokal suatu negara akan hilang diterpa kebudayaan dan ekonomi global yang homogen. Meskipun demikian, para globalis tidak sependapat mengenai konsekuensi terhadap proses tersebut. Para globalis optimistis menganggap bahwa globalisasi akan menghasilkan masyarakat yang toleran dan bertanggung jawab.

Sedangkan para globalis pesimis berpendapat bahwa globalisasi hanya sebuah fenomena negatif karena menganggap hal tersebut merupakan bentuk penjajahan barat (terutama Amerika Serikat) yang memaksa budaya dan konsumsi yang homogen kepada kalangan luas. Akibatnya beberapa dari mereka mulai membentuk kelompok untuk menentang globalisasi (antiglobalisasi). 

Para Tradisionalis 

Para tradisionalis tidak sependapat bahwa globalisasi tengah terjadi. Mereka berpendapat bahwa fenomena ini adalah sebuah mitos semata dan hanya sebatas dampak yang terjadi sejak zaman dahulu akibat adanya kapitalisme. Mereka merujuk bahwa kapitalisme telah menjadi sebuah fenomena internasional selama ratusan tahun sehingga paying terjadi saat ini hanyalah tahap lanjutan, atau evolusi, dari produksi dan perdagangan kapital.

Baca juga Mengenal Istilah Expression of Asking For and Giving Opinion, Bahasa Inggris Kelas 12

Para Transformasionalis

Para transformasionalis berada di antara para globalis dan tradisionalis tanpa memihak siapapun karena beranggapan bahwa ada pendapat yang diterima dan ada yang terlalu dilebih-lebihkan. Mereka tidak sependapat dengan para globalis mengenai pengaruh globalisasi yang telah dilebih-lebihkan. Namun, mereka juga berpendapat bahwa tidak sepatutnya kita menyangkal keberadaan konsep globalisasi. 

Ciri-Ciri Globalisasi

Globalisasi mempunyai beberapa ciri yakni, perubahan dalam konsep jarak ruang dan waktu, adanya saling ketergantungan dalam bidang ekonomi dan perdagangan serta adanya peningkatan interkasi kultural. Dari ciri-ciri tersebut globalisasi secara tidak langsung sangat mempengaruhi kehidupan sosial sehingga mengalami perbahan yang nampak. Perubahan sosial yang terjadi di era globalisasi, menekankan perubahan yang terjadi pada aspek kultural atau budaya serta aspek struktural (struktur masyarakat), dan dampaknya terhadap kehidupan sosial. 

Perubahan sosial yang kini sangat nampak adalah perubahan pada aspek kultural. Para generasi masa kini dengan mudahnya menerima kebudayaan luar, contoh kecilnya ialah masa kini para generasi-Z mulai terpengaruh budaya negeri gingseng Korea Selatan baik dari bahasa, pakaian bahkan gaya hidup sehingga sedikit demi sedikit para remaja meninggalkan budaya tradisional negeri sediri.

Bagaimana penjelasan tentang pembahasan ini Greaters? Jika kamu sudah paham, silakan untuk mencoba latihan soal terkait pembahasan ini melalui fitur Exercise yang ada di GreatPedia. Yuk, buka aplikasi GreatEdu di smartphone-mu sekarang.


Baca juga Mengenal Bangun-Bangun Kongruen di Kehidupan Sehari-hari, Matematika Kelas 12